Mengapa Berkeringat Saat Sakit Bisa Bikin Nyaman Tubuh?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

keringat-doktersehat
Photo Source: Freepik

DokterSehat.Com– Ada sebuah hal yang dipercaya oleh banyak orang, yakni berkeringat saat sakit biasanya menandakan bahwa masalah kesehatan akan segera sembuh. Hal ini disebabkan oleh sensasi tubuh yang terasa jauh lebih nyaman dan enakan setelah mengalaminya. Sebenarnya, bagaimana bisa kita merasakan sensasi jauh lebih nyaman jika berkeringat saat sakit?

Penyebab rasa nyaman saat berkeringat

Selain dengan mengonsumsi makanan hangat layaknya sup hangat, kita biasanya diminta untuk tetap rajin beraktivitas atau melakukan olahraga ringan saat sakit agar bisa mengeluarkan keringat. Menurut pakar kesehatan, berkeringat saat sakit memang bisa membuat badan terasa jauh lebih enakan.

Pakar kesehatan Leeja Carter, PhD yang berasal dari Long Island University, Brooklyn, Amerika Serikat menyebut sensasi lebih nyaman ini disebabkan oleh keluarnya hormon endorphin dalam jumlah yang banyak saat berkeringat. Keberadaan hormon inilah yang membuat kita merasa jauh lebih enakan dan membuat suasana hati yang biasanya kurang baik saat sakit menjadi terasa jauh lebih positif.

Sementara itu, Michele Olson, PhD dari Huntingdon College, Alabama, Amerika Serikat menyebut berkeringat saat sakit juga bisa membuat tubuh menjadi lebih dingin. Suhu tubuh yang biasanya cenderung meningkat sebagai mekanisme alami tubuh dalam melawan infeksi dan penyebab penyakit lainnya akan menurun. Hal ini ternyata berimbas pada tubuh yang terasa jauh lebh enakan.

Berkeringat juga bisa membantu mencegah suhu tubuh saat demam terus meningkat. Karena alasan inilah Olson tetap menyarankan kita untuk melakukan olahraga dengan intensitas ringan saat sakit layaknya jalan kaki santai, melakukan yoga, atau sekadar melakukan peregangan demi membantu proses pemulihan tubuh berlangsung dengan lebih cepat.

Manfaat berkeringat bagi tubuh

Selain bisa membuat tubuh menjadi lebih nyaman saat sakit, pakar kesehatan menyebut berkeringat bisa memberikan banyak sekali manfaat kesehatan.

Berikut adalah berbagai manfaat kesehatan tersebut.

  1. Bisa membuat tubuh lebih dingin saat suhu terasa sangat panas

Saat suhu udara terasa sangat panas, kita akan merasa gerah dan mengeluarkan banyak keringat. Ternyata, hal ini adalah mekanisme alami tubuh untuk mencegah suhu internal ikut-ikutan naik. Dengan suhu tubuh yang tetap terjaga, maka berbagai organ dan sistem tubuh akan tetap berfungsi dengan normal.

Sebagai informasi, suhu tubuh yang naik dengan drastis bisa memicu heat stroke yang bisa membahayakan jantung dan berpotensi mematikan.

  1. Bisa memperlancar sirkulasi darah

Berkeringat akan membuat denyut jantung cenderung lebih cepat. Hal ini ternyata berimbas pada sirkulasi darah yang semakin meningkat. Berbagai nutrisi dan oksigen pun akan tersalurkan ke berbagai organ, jaringan, dan bagian tubuh dengan lebih baik. Hal ini tentu akan berimbas positif bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sebagai contoh, pembuluh darah di kulit akan mengalami peningkatan sirkulasi darah dan hal ini akan menyehatkan kesehatan kulit sehingga kita pun tidak akan mudah mengalami penuaan dini.

  1. Bisa membantu proses pembuangan racun

Keringat yang kita keluarkan ternyata bisa membantu proses pembuangan racun, lho. Berdasarkan sebuah penelitian, disebutkan bahwa keringat memiliki sejumlah kecil kandungan logam beracun. Logam-logam ini bisa berasal dari polusi udara atau berbagai hal lain yang bisa saja terserap oleh kulit saat kita melakukan aktivitas sehari-hari.

  1. Bisa membantu mengatasi asma

Penderita asma sangatlah disarankan untuk rutin berolahraga agar berkeringat lebih banyak. Hal ini ternyata bisa membantu saluran pernapasan berfungsi dengan lebih baik dan akhirnya membuat risiko terkena serangan asma ditekan.

Hanya saja, pastikan bahwa penderita asma berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter tentang olahraga yang aman untuk mereka lakukan.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel