Calnic Plus – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

harga-calnic-plus-doktersehat

DokterSehat.Com – Calnic Plus obat apa? Calnic Plus adalah suplemen vitamin dan mineral yang mengandung kalsium dan vitamin D. Suplemen ini baik digunakan oleh anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui, dan orang yang ingin mencukupi asupan kalsium dan vitamin D.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat Calnic Plus termasuk informasi tentang bentuk sediaan, kandungan, manfaat, indikasi, kontraindikasi, dosis, efek samping, dan harga Calnic Plus.

Rangkuman Informasi Obat Calnic Plus

NamaCalnic Plus
Golongan ObatSuplemen mineral dan vitamin
Bentuk SediaanSirup kering (suspensi) dan tablet
KandunganKalsium dan vitamin D
ManfaatMemenuhi kecukupan asupan kalsium dan vitamin D
Indikasi PenggunaanIbu hamil, ibu menyusui, anak-anak, dan lainnya
KontraindikasiPenderita hiperkalsemia
Cara pakaiDiminum setelah makan
Dosis1/2-1 kaplet sehari (kaplet), 1-1,5 sendok takar per hari (sirup kering)
Efek sampingGangguan pencernaan ringan
HargaRp60.000/strip (kaplet) dan Rp80.000/botol (suspensi)

Bentuk Sediaan Calnic Plus

Suplemen Calnic Plus yang dijual secara bebas di apotek atau toko obat berizin memiliki dua bentuk sediaan oral. Kedua bentuk sediaan oral tersebut, yaitu kaplet dan sirup kering atau suspensi.

Calnic Plus kaplet dikemas dalam strip atau satuan yang lebih besar lagi, yaitu dos. Setiap satu dos Calnic Plus berisi 3 strip dengan masing-masing strip berisi 10 kaplet. Jadi, dalam satu dos terdapat 30 kaplet Calnic Plus yang bisa mencukupi kebutuhan 1 bulan.

Calnic Plus syrup kering atau Calnic Plus suspensi dikemas dalam satuan botol. Setiap satu botol Calnic Plus memiliki berat bersih sebsar 100 mL. Pada bentuk sediaan suspensi, Anda perlu menambahkan air hangat ke dalam botol tersebut.

Baik dalam bentuk kaplet maupun sirup kering, Calnic Plus harus disimpan di tempat yang sesuai. Simpanlah Calnic Plus di tempat yang kering dan terhindar dari paparan sinar matahari. Selain itu, simpan juga Calnic Plus di tempat tidak mudah dijangkau anak-anak.

Kandungan Calnic Plus

Berbeda dengan produk Calnic yang hanya mengandung kalsium, Calnic Plus memiliki kandungan tambahan. Calnic Plus mengandung kalsium dan vitamin D. Setiap satu kaplet Calnic Plus mengandung 400 mg kalsium dan 200 IU vitamin D.

Pada bentuk sediaan suspensi, Calnic Plus syrup mengandung 200 mg kalsium dan 200 IU vitamin D untuk setiap 5 mL sirup. Jumlah kandungan kalsium Calnic Plus dalam bentuk kaplet memang lebih banyak daripada dalam bentuk suspensi, sedangkan vitamin D sama.

Jadi, jika Anda membutuhkan asupan kalsium yang lebih banyak, maka Calnic Plus dalam bentuk kaplet lebih cocok dipilih. Orang dewasa biasanya akan memilih bentuk kaplet, sedangkan Calnic Plus syrup cocok untuk diberikan anak-anak secara jumlah kalsium dan bentuk sediaannya.

Manfaat Calnic Plus

Manfaat Calnic Plus adalah untuk memenuhi kecukupan asupan kalsium dan vitamin D, sehingga bisa terhindar dari masalah kesehatan akibat kekurangan kalsium atau vitamin D.

Pemberian Calnic Plus baik untuk mendukung tumbuh kembang tulang dan gigi terutama pada janin di dalam kandungan dan anak-anak.

Tidak hanya bermanfaat bagi tulang dan gigi, kandungan Calnic Plus juga memiliki dampak positif terhadap otot, saraf, jantung, dan pembuluh darah. Manfaat menggunakan Calnic Plus juga bisa mencegah osteoporosis dini dan meredakan gejala menopause.

Indikasi Calnic Plus

Calnic Plus biasanya digunakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui guna mencukupi kebutuhan asupan kalsium dan vitamin D untuk janin dan bayinya agar tidak mengalami masalah atau kelainan bagian tubuh terutama tulang dan gigi.

Ibu hamil dan ibu menyusui yang mendapatkan cukup kalsium dan vitamin D cenderung memiliki anak dengan tulang dan gigi yang sehat dan normal. Selain itu, Calnic Plus juga cocok diberikan kepada anak-anak agar tulang dan giginya bisa berkembang dan bertumbuh secara optimal.

Wanita yang akan memasuki fase menopause atau para lansia juga boleh menggunakan suplemen Calnic Plus. Suplemen ini juga cocok digunakan oleh orang-orang yang didiagnosis mengalami defisiensi kalsium atau vitamin D.

Kontraindikasi Calnic Plus

Pemakaian Calnic Plus sebaiknya tidak dilakukan pada penderita hiperkalsemia. Penderita hiperkalsemia (kelebihan kalsium) pada tahap ringan pun dianjurkan untuk menghindari Calnic Plus, terlebih pasien yang berada di tahap sedang atau berat.

Jika penderita hiperkalsemia menggunakan Calnic Plus, maka kadar kalsium di dalam tubuhnya semakin berlebih. Tentu saja, itu membuat kondisi hiperkalsemia orang tersebut semakin berat dan berisiko memiliki komplikasi yang fatal.

Peringatan Penggunaan Obat Calnic Plus

Calnic Plus sebaiknya tidak secara hatihati pada orang-orang yang didianogis terkena penyakit Diabetes Mellitus. Orang-orang yang sedang program diet rendah natrium juga perlu memakai Calnic Plus secara hati-hati.

Sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter apabila menderita penyakit Diabetes Mellitus atau sedang menjalani program diet rendah natrium. Hal ini bertujuan agar dokter bisa merekomendasikan Anda suplemen kalsium dan vitamin D yang lebih sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Dosis Calnic Plus

Meskipun Calnic Plus adalah suplemen, tetapi pemakaiannya tetap harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter atau tertera pada kemasan. Ini dikarenakan dosis tersebut disesuaikan dengan kebutuhan kalsium dan vitamin D sesuai usia.

Dosis Calnic Plus syrup kering untuk anak 6 bulan hingga 2 tahun adalah 1 sendok takar per hari, sedangkan untuk anak 2-8 tahun 1,5 sendok takar per hari. Pada bentuk sediaan kaplet, dosis Calnic Plus adalah 1 kaplet sehari bagi dewasa, sedangkan bagi anak-anak di atas usia 8 tahun adalah 1/2 (setengah) kaplet per hari.

Gunakalah Calnic Plus kaplet ataupun sirup kering setelah makan. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya iritasi lambung yang dapat mengakibatkan beberapa ketidaknyamanan pada saluran cerna.

Efek Samping Calnic Plus

Pada umumnya, penggunaan Calnic Plus yang sesuai aturan pakai dan dosis tidak menimbulkan efek samping. Akan tetapi, Calnic Plus bisa memiliki efek samping gangguan pencernaan ringan bila dikonsumsi sebelum makan.

Harga Calnic Plus

Harga Calnic Plus tidak sama pada kedua bentuk sediaan. Calnic Plus kaplet dibanderol dengan harga sekitar Rp60.000 per strip (10 kaplet), sedangkan harga Calnic Plus syrup sekitar Rp80.000/botol. Anda bisa saja membeli dengan harga lebih mahal atau lebih murah dengan selisih harga yang tidak terlalu jauh.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Calnic Plus – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel