9 Manfaat Buah Loofah (Awas ‘Gagal Fokus’)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

manfaat-buah-loofah-doktersehat

DokterSehat.Com – Pernah mendengar nama buah Loofah? Mungkin banyak dari Anda yang masih asing dengan buah satu ini. Namun jika melihat bentuk buah loofah dari Vietnam tersebut, niscaya kita akan langsung teringat pada payudara wanita lengkap dengan puting susunya. Nah, di balik bentuknya yang unik, buah loofah punya sejumlah manfaat, lho. Apa itu buah loofah? Apa manfaat buah loofah bagi kesehatan tubuh?

Apa Itu Buah Loofah?

Buah loofah adalah buah yang berasal dari negara tetangga, yakni Vietnam. Buah loofah yang memiliki nama latin Luffa aegyptiaca ini termasuk ke dalam jenis labu-labuan (cucurbitaceae). Bentuk buah berwarna merah muda ini lonjong, dan di ujungnya terdapat benjolan berwarna gelap menyerupai puting susu wanita. Buah loofah memiliki tekstur yang lunak dan rasanya cenderung pahit.

Alih-alih dimakan langsung, buah loofah umumnya dijadikan bahan tambahan pada sejumlah masakan, seperti sayur sup. Rasanya yang pahit mungkin menjadi alasan mengapa buah yang masih satu kerabat dengan oyong ini lebih sering dikonsumsi dalam bentuk masakan berkuah, kendati ada juga yang mengkonsumsinya secara langsung sebagai camilan.

Manfaat Buah Loofah bagi Kesehatan

Meskipun memiliki bentuk yang bisa membuat ‘gagal fokus’, buah loofah dari Vietnam faktanya memiliki sejumlah manfaat yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kandungan berbagai zat bergizi di dalam buah yang di Indonesia dikenal dengan nama ‘gambas’ ini dipercaya mampu menjaga kesehatan tubuh, pun mengatasi pelbagai masalah kesehatan yang menyerang tubuh.

Berikut ini adalah manfaat buah loofah yang penting untuk Anda ketahui.

1. Merawat Kesehatan Kulit

Kulit yang sehat adalah dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita. Salah satu cara alami dalam merawat kulit yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi buah loofah.

Ya, salah satu manfaat buah loofah yang paling utama adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Anda bisa mendapatkan khasiat buah loofah untuk kulit ini dengan cara mengonsumsinya dalam bentuk masakan, atau menjadikannya body scrub alami. Cara kedua bahkan tak hanya berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap sehat, tapi juga mencerahkan kulit sehingga Anda dapat tampil menawan.

2. Mengatasi Sembelit

Manfaat buah loofah juga mencakup pengobatan terhadap gangguan pencernaan berupa konstipasi atau kita biasa menyebutnya dengan sembelit.

Sembelit yang ditandai dengan sulitnya buang air besar (BAB) adalah salah satu masalah pencernaan yang umum dialami. Penyebab sembelit bisa karena berbagai faktor, namun kurangnya asupan serat menjadi pemicu utama seseorang mengalami sembelit.

Oleh karena itu, dibutuhkan asupan serat yang memadai guna mengatasi masalah sembelit ini. Dari sekian banyak sumber serat, buah loofah dari Vietnam adalah salah satunya. Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah ini menjadikannya makanan yang seharusnya masuk ke dalam menu sehat Anda guna mengatasi sembelit.

3. Mengatasi Bengkak

Bagi Anda yang mengalami pembengkakan di area sinus atau nasal, salah satu cara mengatasi bengkak tersebut adalah dengan mengonsumsi buah loofah.

Anda dapat mengonsumsi loofah secara langsung atau dijadikan masakan berkuah guna mendapatkan manfaat buah loofah yang satu ini. Konsumsi secara rutin sampai bengkak hilang.

4. Mengatasi Nyeri Sendi

Mengatasi nyeri sendi juga menjadi salah satu manfaat buah loofah yang tidak kalah penting, pun tidak boleh dilewatkan oleh Anda atau kerabat yang mungkin kini sedang mengalami masalah kesehatan yang satu ini.

Khasiat buah loofah untuk mengatasi nyeri sendi bahkan sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian. Kendati skalanya masih kecil dan terbatas, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan cara ini untuk menyembuhkan rasa nyeri pada persendian, bukan?

Cukup rebus buah loofah di dalam air, kemudian minum air rebusannya tersebut secara rutin sampai nyeri sendi dirasa sudah hilang.

5. Mengobati Batuk

Selain untuk mengatasi nyeri sendi, manfaat air rebusan buah loofah ternyata juga dipercaya ampuh untuk mengobati batuk-batuk, baik itu batuk kering maupun batuk berdahak.

Minumlah air rebusan buah loofah secara rutin 2 – 3 kali sehari sampai batuk benar-benar sembuh. Guna mempercepat proses penyembuhan, iringi juga dengan konsumsi obat batuk kimia dan hindari dulu konsumsi makanan atau minuman yang mengandung minyak, es, atau gula karena hanya akan memperparah kondisi batuk yang tengah diderita.

6. Meningkatkan Produksi ASI

Khusus untuk Anda para ibu menyusui, produksi ASI tentunya harus senantiasa berjalan lancar agar kebutuhan ASI bagi si kecil terpenuhi.

Salah satu cara meningkatkan produksi ASI adalah dengan mengonsumsi buah loofah. Kendati bukti ilmiah yang mendukung klaim manfaat buah loofah yang satu ini, tak ada salahnya jika Anda turut memasukkan buah ini ke dalam daftar menu sehat sehari-hari selama periode menyusui. Tentunya harus tetap diimbangi dengan asupan gizi lainnya, ya.

7. Memperlancar Haid

Masih seputar manfaat buah loofah untuk kaum Hawa, kali adalah untuk memperlancar siklus menstruasi.

Bagi Anda yang merasa siklus haidnya tidak lancar, sebelum mengonsumsi obat-obatan kimia, cobalah untuk terlebih dahulu memanfaatkan obat herbal seperti buah loofah dari Vietnam ini guna mengobati masalah kesehatan tersebut. Selain lebih aman, efek yang ditimbulkan juga tidak berbeda jauh ketimbang obat-obatan kimia.

8. Menghilangkan Kantung Mata

Kondisi sulit tidur atau insomnia pada perkembangannya berdampak pada munculnya kantung mata atau disebut sebbagi ‘mata panda’ pada bagian bawah dari kedua mata Anda. Hal ini tentu saja akan mengganggu penampilan, bukan?

Salah satu cara menghilangkan kantung mata hitam akibat kurang tidur adalah dengan mengonsumsi buah loofah. Caranya, Anda tinggal mengoleskan masker buah loofah yang sudah dihaluskan pada kantung mata. Lakukan metode ini secara rutin sampai kantung mata benar-benar hilang.

Selain itu, perbaiki waktu tidur Anda dengan melakukan sejumlah cara untuk menghilangkan insomnia, baik itu dari makanan yang dikonsumsi maupun gaya hidup.

9. Baik untuk Kesehatan Tulang

Popularitas buah loofah di Indonesia mungkin belum begitu besar. Padahal, buah ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang, lho.

Manfaat buah loofah untuk tulang tak lepas dari fakta bahwa buah ‘payudara’ ini mengandung vitamin K, yang mana vitamin K ini memang fungsinya berkaitan dengan kesehatan tulang dan gigi. Jadi, carilah buah ini dan konsumsi secara rutin jika ingin memiliki tulang dan gigi yang sehat.

Efek Samping Buah Loofah

Buah loofah memang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, hendaknya tidak mengonsumsi buah ini secara berlebihan. Pasalnya, buah loofah tak lepas dari yang namanya efek samping jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak.

Beberapa contoh efek samping dari makan buah loofah adalah:

  • Kepala pusing
  • Iritasi kulit
  • Hilang konsentrasi
  • Perdarahan

Oleh sebab itu, konsumsilah buah loofah ini dalam batas kewajaran, ya. Jika ragu, tanyakan pada dokter spesialis gizi guna mendapatkan dosis konsumsi yang tepat.

Itu dia informasi mengenai buah loofah beserta manfaat yang dimilikinya. Jadi, jangan hanya menertawakan bentuk uniknya, tapi konsumsi juga buahnya agar tubuh senantiasa sehat bebas penyakit. Semoga bermanfaat!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "9 Manfaat Buah Loofah (Awas ‘Gagal Fokus’)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel