8 Tips Menjaga Bau Badan agar Segar dan Wangi Setiap Saat

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

badan-selalu-wangi-doktersehat

DokterSehat.Com – Masalah bau badan sering sekali disepelekan oleh banyak orang. Mereka selalu menganggap asalkan sudah mandi bau badan akan membaik dengan sendirinya. Padahal setiap orang memiliki kondisi fisik yang berbeda-beda. Ada yang mudah sekali berkeringat sehingga bau badan kerap muncul setiap saat. Lantas apa yang bisa dilakukan agar tubuh tetap segar dan wangi setiap saat?

Penyebab tubuh menjadi bau

Ada beberapa alasan mengapa tubuh seseorang menjadi lebih bau daripada yang lain. Berikut beberapa alasan yang paling umum terjadi.

  • Kebiasaan mandi yang berbeda. Ada yang mandi sehari dua kali bahkan lebih dan ada yang hanya mandi satu kali saja. Mandi adalah salah satu cara menghilangkan bau meski tidak bertahan lama.
  • Pakaian yang dikenakan. Beberapa orang rutin mengganti pakaian yang dikenal sehari dua kali khususnya bagian pakaian dalam. Pakaian dalam paling banyak menyerap keringat dan terkena kotoran. Kemungkinan bagian itu menyebabkan bau akan besar.
  • Kondisi tubuh secara menyeluruh. Mereka yang mengalami obesitas biasanya cenderung memiliki aroma tubuh yang lebih intens dan bau dibandingkan dengan mereka yang tubuhnya lebih ideal.
  • Kebiasaan merokok dan minum alkohol. Mereka yang tidak mengonsumsi alkohol dan merokok bau badannya lebih terjaga.
  • Apa saja yang dimakan. Kalau apa yang dimakan hanya buah dan sayur dan jarang sesuatu yang berlemak dan berbau tidak sedap, keringat yang keluar juga tidak bau.
  • Kondisi kulit dan saluran ekskresi, ada beberapa orang yang sudah cenderung memiliki tubuh berbau tidak sedap saat berkeringat dibandingkan yang lain.

Tips menjaga bau badan agar tetap segar dan wangi

Kalau Anda cenderung memiliki bau badan yang sangat intens, ada baiknya untuk melakukan beberapa hal di bawah ini dengan baik. Kalau Anda bisa melakukannya, niscaya bau badan yang berlebihan bisa dicegah.

  1. Menggunakan pewangi dengan benar

Gunakan pewangi seperti parfum dengan benar. Beberapa orang biasanya menggunakan parfum dengan menyemprotkannya ke tubuh lalu menggunakan pakaian. Kalau melakukan hal ini kemungkinan parfum hilang akan cepat. Kecuali menggunakan parfum yang terkonsentrat dan tahan 8 jam lebih.

Beberapa ahli menyarankan untuk menggunakan parfum jenis roll on. Dengan menggunakan ini, parfum akan berada di bagian tubuh yang mudah berkeringat dan menghasilkan aroma tidak sedap. Kalau menyerang tepat sasaran, bau tidak sedap akan sulit muncul.

  1. Menggunakan pelembab dengan aroma tertentu

Gunakan pelembab di tangan atau kaki. Saat ini ada banyak sekali pelembab yang memiliki fungsi ganda. Selain menjaga kulit agar tidak kering dan rusak, pelembab juga bisa menghilangkan aroma tidak sedap. Gunakan pelembab kalau memang diperlukan seperti akan meeting atau bertemu banyak orang.

  1. Mandi dengan benar

Setiap hari kita mungkin mandi dan membersihkan diri. Namun, apakah mandi yang sedang kita lakukan sudah benar? Apakah kita sudah mandi dan membersihkan bagian yang tepat agar bau tubuh tidak muncul?

Bagian tubuh yang harus dibersihkan adalah di sekitar ketiak, kemaluan, belahan bokong, dan rambut. Kalau Anda hanya sekadar mandi asal tubuh menjadi basah, akan sangat sulit untuk menjaga tubuh dari bau yang tidak sedap.

  1. Menggunakan deodoran

Gunakan deodoran sesuai dengan kebutuhan. Deodoran akan menekan keringat berlebihan yang muncul dan menyebabkan aroma tidak sedap. Dari berbagai jenis deodoran, gunakan yang langsung diaplikasikan ke kulit, tidak yang dalam bentuk spray.

  1. Membuat rambut lebih wangi

Aroma tubuh yang tidak sedap tidak muncul dari kulit dan area di sekitar ketiak saja. Rambut yang tidak bersih juga bisa memunculkan aroma itu. Kalau Anda merasa memiliki masalah dengan aroma di rambut, sebisa mungkin untuk keramas secara rutin. Selanjutnya, bersihkan kulit kepala kalau Anda mudah sekali berkeringat.

Keramaslah dua hari sekali untuk menjaga aroma dari bagian kepala. Jangan keramas setiap hari karena bisa membuat rambut lembab dan jadi mudah terjadi infeksi. Selain itu Anda juga mudah pilek.

  1. Menjaga aroma dari mulut

Aroma mulut juga harus diperhatikan dengan baik. Kalau Anda tidak bisa menjaga kesehatan dari mulut dan terjadi infeksi, aroma tidak sedap akan muncul. Lakukan sikat gigi secara rutin. Selanjutnya gunakan dental floss dan juga penyikat lidah agar aroma tidak sedap bisa dihilangkan.

  1. Menggunakan tawas

Tawas adalah batuan yang memiliki kemampuan untuk menetralkan aroma tidak sedap dan mencegah aroma itu muncul. Mereka yang berkeringat secara berlebihan pun terbantu dengan adanya tawas. Batuan ini banyak tersedia di pasaran dalam bentuk sabun kecil dan ada yang dalam bentuk serbuk yang bisa ditabur di sekitar ketiak.

  1. Rutin mengganti pakaian dalam

Hal terakhir yang harus dilakukan kalau Anda ingin memiliki badan yang tidak terlalu bau adalah mengganti pakaian dalam dengan rutin. Beberapa orang mungkin tidak mudah berkeringat. Namun, ada yang hanya bekerja sambil duduk saja mudah berkeringat dan baunya tidak sedap.

Kalau Anda tipe yang mudah berkeringat, saat bekerja pastikan selalu membawa pakaian dalam tambahan. Kalau di siang hari seperti setelah makan Anda berkeringat dan aroma badan mulai tidak sedap, segera ganti pakaian dalam. Kalau Anda punya waktu agak lama bisa mandi di kantor agar tubuh lebih segar.

Inilah beberapa tips yang harus Anda lakukan kalau ingin mencegah tubuh menjadi muda sekali bau. Dengan melakukan beberapa tips di atas, bau badan akan tetap segar dan Anda tidak merasa terganggu. Kalau Anda hanya bekerja di rumah saja mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun, kalau harus bertemu banyak orang, bau badan akan jadi masalah yang besar.

 



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel