8 Manfaat Makan Pakai Tangan (No. 5 Jarang Disadari)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

manfaat-makan-pakai-tangan-doktersehat

DokterSehat.Com – Bagi masyarakat Indonesia, makan tanpa menggunakan bantuan sendok atau garpu pada beberapa kondisi adalah sesuatu umum terjadi. Bahkan dalam beberapa tradisi, makan pakai tangan memiliki kaitan dengan aktivitas ritual. Berikut adalah manfaat makan pakai tangan bagi kesehatan.

Manfaat Makan Pakai Tangan untuk Kesehatan

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat makan pakai tangan, perlu Anda ketahui bahwa aktivitas makan melibatkan semua indra tubuh yang membuat makan menjadi sesuatu yang menyenangkan, terutama makan tanpa bantuan sendok dan garpu.

Makan dengan menggunakan tangan dapat meningkatkan sensitivitas rabaan antara makanan dengan tubuh, pikiran dan jiwa, hingga kenikmatan makanan itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa manfaat makan pakai tangan yang berguna bagi kesehatan Anda, di antaranya:

1. Mencegah penyakit diabetes

Sebuah studi mengungkapkan, orang dengan diabetes tipe 2 cenderung menjadi pemakan cepat yang menggunakan alat makan. Makan dengan bantuan sendok dan garpu berkorelasi membuat makan lebih cepat–sebuah kebiasaan yang dikaitkan dengan ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh. Kondisi meningkatkan risiko terhadap perkembangan diabetes tipe 2.

2. Membuat makan lebih lambat

Makan dengan tangan membuat Anda makan lebih lambat, sehingga proses pencernaan makanan dapat bekerja lebih baik. Hal ini dikarenakan Anda menjadi lebih sadar akan proses mencerna makan dan merangsang semua indra yang ada di tubuh.

Selain itu, manfaat makan pakai tangan akan membuat sistem pencernaan bekerja dengan baik, karena ketika tangan menyentuh makanan, saraf di ujung jari terangsang dan  mengirim sinyal ke otak yang memerintahkan tubuh untuk melepaskan cairan pencernaan. Hal inilah yang memungkinkan makanan terasa lebih enak saat makan dengan tangan.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat makan pakai tangan berikutnya adalah kemampuannya meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Seperti halnya olahraga, manfaat makan pakai tangan kanan atau kiri adalah semacam latihan otot.

4. Meningkatkan rasa kenyang

Sebuah penelitian mengungkapkan, makan menggunakan tangan dapat meningkatkan rasa kenyang dibanding makan menggunakan sendok atau garpu. Selain itu, penelitian itu juga mengungkapkan, ketika Anda makan pakai tangan sambil membaca koran atau menonton TV, Anda cenderung tidak cepat lapar dan lebih memilih untuk mengonsumsi camilan.

5. Membangkitkan emosi dan gairah

Manfaat makan pakai tangan lainnya adalah meningkatkan gairah dan emosi. Hal ini berkaitan karena makan pakai tangan memiliki kaitan dengan mudra (posisi tangan) yang merupakan dasar untuk yoga dan meditasi. Menurut sebuah tradisi, jari-jari tangan mewakili lima elemen: api, udara, air, surga, dan bumi.

Kelima elemen ini dipercaya dapat memengaruhi makanan dengan membersihkannya dari getaran negatif. Oleh karena itulah, manfaat makan pakai tangan menjadi pengalaman indrawi yang bisa membangkitkan emosi dan gairah.

Selain itu, ujung-ujung saraf di ujung jari juga dapat merangsang pencernaan. Merasakan makanan Anda menjadi cara memberi sinyal pada perut bahwa Anda akan makan. Dengan begitu, Anda menjadi lebih sadar mengenai tekstur, aroma dan rasa.

Pada akhirnya, manfaat makan pakai tangan dapat membantu Anda untuk membangun hubungan dengan apa yang Anda makan dengan penuh kesadaran.

6. Lebih higienis

Meski hal ini banyak bertentangan dengan apa yang dipercayai masyarakat pada umumnya, manfaat makan pakai tangan ternyata lebih higienis dibanding makan menggunakan peralatan makanan.

Makan pakai tangan jauh lebih higienis daripada dengan alat makan karena peralatan makanan hanya dicuci satu kali, sementara Anda bisa mencuci tangan beberapa kali dalam sehari.

Ketika Anda makan dengan tangan, bakteri baik yang ada di tangan dipertahankan dan tubuh mendapatkan perlindungan dari bakteri berbahaya. Tentu saja, penting bagi Anda untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan untuk memastikan bahwa tangan tetap bersih dan higienis.

Pada akhirnya, seseorang yang terbiasa makan menggunakan tangan akan selalu mencuci tangan sebelum menikmati makanan. Kebiasaan ini secara langsung akan menjaga kehigienisan tangan dibanding peralatan makanan yang akan Anda gunakan, terutama jika Anda tidak mengetahui bagaimana peralatan makanan tersebut dicuci.

7. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Setelah Anda menyadari bahwa manfaat makan pakai tangan lebih higienis dibanding menggunakan sendok atau garpu, hal penting lainnya yang juga harus disadari adalah flora normal yang ditemukan di tangan tidaklah berbahaya bagi kesehatan.

Tubuh memiliki jenis bakteri tertentu yang melindungi Anda dari bakteri berbahaya di lingkungan. Bakteri baik ini berada di tempat-tempat seperti tangan, mulut, tenggorokan, usus, usus, dan seluruh sistem pencernaan.

Faktanya, bakteri tersebut justru melindungi tubuh dari banyak mikroba yang ada di lingkungan. Ketika Anda makan pakai tangan, flora di jari-jari akan ikut tertelan. Ini adalah sebuah kondisi yang bermanfaat untuk meningkatkan pencernaan sehat di usus.

Seperti disebutkan di atas, manfaat makan pakai tangan dapat melepaskan enzim pencernaan dan memicu jutaan ujung saraf di jari untuk menyampaikan pesan bahwa Anda akan makan dan suhu makanan, tekstur makanan, sehingga Anda dapat menyiapkan perut untuk melakukan proses pencernaan.

8. Menjadi sensor suhu

Jika Anda makan menggunakan bantuan sendok atau garpu, maka secara alam bawah sadar Anda akan langsung memasukan makanan ke dalam mulut tanpa merasakan suhu atau teksturnya.

Oleh karena itulah, manfaat makan pakai tangan adalah mencegah rasa terbakar pada mulut atau lidah. Ketika Anda makan dengan tangan, ujung saraf di jari akan merasakan suhu makanan terlebih dahulu, sehingga mencegah rasa terbakar pada rongga mulut.

Kondisi ini juga memicu pelepasan enzim pencernaan dan zat-zat yang tepat untuk membantu Anda mencicipi makanan dengan lebih baik.

Nah, itulah beberapa manfaat makan pakai tangan yang baik bagi kesehatan Anda. Selamat mencoba.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel