8 Manfaat Hobi yang Jarang Disadari (No. 6 Terbaik)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

manfaat-hobi-doktersehat

DokterSehat.Com – Semua orang pasti memiliki satu atau bahkan beberapa aktivitas yang digemari, yang selanjutnya dikenal dengan istilah hobi. Mulai dari olahraga, memasak, membaca buku, menonton film, fotografi, hingga mengoleksi barang-barang tertentu, semuanya dilakukan secara rutin guna mendapatkan kesenangan pribadi. Nah, tanpa disadari, hobi juga punya sejumlah manfaat, lho. Apa saja manfaat hobi?

Apa Itu Hobi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi hobi adalah “kesenangan istimewa yang dilakukan pada waktu senggang”. Anda setidaknya memiliki satu jenis aktivitas yang sangat disenangi dan rutin dilakukan, bukan? Sebut saja seperti bermain bola, musik, menulis, mengoleksi action figure, dan lainnya.

Menyalurkan hobi kerap kita lakukan di kala sedang memiliki waktu senggang, misalnya saat akhir pekan ketika rehat sejenak dari aktivitas pekerjaan atau sekolah. Namun, ada juga beberapa orang yang tetap meluangkan sedikit waktunya di sela-sela kesibukan untuk melakukan kegiatan yang ia gemari. Tak ada salahnya, asal tidak mengganggu kegiatan wajib.

Manfaat Hobi yang Jarang Disadari

Seperti yang sudah disebutkan, menyalurkan hobi baik di kala senggang sah-sah saja selama tidak mengganggu rutinitas wajib Anda. Lagipula, memiliki hobi itu sangat dianjurkan, kok. Pasalnya, hobi yang dimiliki faktanya memiliki sejumlah manfaat yang tak terduga.

Berikut ini adalah manfaat punya hobi yang perlu Anda ketahui.

1. Melatih Kreativitas

Hampir sebagian besar aktivitas yang tergolong sebagai hobi adalah aktivitas yang sarat akan kreativitas, misalnya seperti menulis, bermain musik, fotografi, atau membuat kerajinan tangan. Hal ini lantas menghasilkan manfaat hobi yaitu melatih kreativitas.

Pada awalnya, Anda mungkin hanya akan meniru aktivitas-aktivitas tersebut dari referensi yang digunakan. Namun, lama-kelamaan referensi tersebut tidak lagi memainkan peran penting karena Anda bisa melakukan sesuatu yang ‘baru’ yang sesuai dengan jati diri Anda.

Terlebih lagi jika referensi yang digunakan ada banyak, maka Anda bisa menggabungkan referensi-referensi tersebut hingga terbentuklah suatu karya versi Anda sendiri yang lebih kaya. Misalnya dalam menciptakan lagu atau mengolah masakan.

2. Menjaga Kesehatan

Percaya atau tidak, manfaat memiliki hobi juga bisa menjaga tubuh agar senantiasa sehat bebas penyakit, lho. Hal ini tak lepas dari perasaan bahagia yang dihasilkan kala kita melakukan hobi tersebut. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat, bukan?

Sebuah studi yang dirilis oleh Positively Present  pun telah membuktikan perihal manfaat hobi untuk kesehatan, yakni  efektif untuk menjaga tekanan darah agar jangan sampai mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi).

Manfaat hobi yang satu ini semakin jelas jika kebetulan hobi yang Anda miliki ternyata berupa aktivitas olahraga, seperti jogging, bermain sepakbola, sepeda, atau berenang. Semua tentunya juga tahu bahwa olahraga adalah aktivitas menyehatkan yang bisa menjaga kebugaran tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

3. Menghilangkan Stres

Rutinitas yang kita lakukan sehari-hari, entah itu di kantor atau sekolah, acap kali menguras tenaga dan pikiran yang berujung pada rasa stres nan mengganggu. Jika sudah begitu, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan guna mengusir stres sebelum berkembang menjadi depresi.

Salah satu cara menghilangkan stres adalah dengan melakukan aktivitas yang Anda gemari. Manakala rasa stres muncul, cobalah untuk sejenak meluangkan waktu melupakan pemicu stres tersebut. Mainkanlah gitar kesayangan, atau tonton lagi film-film koleksi. Cara ini dinilai cukup efektif untuk meredakan stres dan menjernihkan kembali pikiran Anda.

4. Menghilangkan Kejenuhan

Selain stres, rutinitas yang Anda lakukan sehari-hari juga bisa menyebabkan rasa jenuh. Nah, manfaat punya hobi adalah untuk mengatasi kejenuhan tersebut sehingga Anda punya semacam ‘pelampiasan’ guna membuat hidup juga lebih berwarna, alih-alih terkesan monoton.

5. Menambah Wawasan

Khusus untuk Anda yang memiliki hobi membaca atau travelling, baik itu ke luar kota maupun luar negeri, ada manfaat hobi satu ini yang bisa didapatkan, yakni bertambahnya wawasan.

Buku adalah jendela dunia, sedangkan bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya mengenalkan Anda pada ‘dunia’ baru yang belum pernah diketahui sebelumnya.

6. Memperluas Relasi Sosial

Memiliki hobi seperti travelling juga akan mempertemukan Anda dengan orang-orang baru yang belum pernah dikenal sebelumnya. Hal ini tentu saja bagus untuk memperluas  relasi sosial, yang mana hal ini secara tidak langsung memengaruhi perkembangan karir Anda ke depannya.

Pun demikian jika Anda memiliki jenis hobi seperti mengoleksi barang-barang antik atau yang berkaitan dengan dunia otomotif. Saat ini sudah banyak sekali komunitas-komunitas yang mewadahi para pecinta hobi-hobi tersebut. Anda bisa saja ikut bergabung dalam komunitas tersebut.

Selain sebagai medium untuk bertukar informasi dan memperluas wawasan tentang hobi yang digeluti, keikutsertaan Anda dalam sebuah komunitas tertentu akan melebarkan relasi sosial yang nantinya bisa berimbas pada hal-hal lainnya yang bahkan tidak terkait dengan hobi tersebut, bisa saja informasi soal kesempatan bisnis dan sebagainya.

7. Melatih Kemampuan Multitasking

Tanpa kita sadari, memiliki lebih dari satu jenis hobi—misalnya memasak dan membaca—turut melatih kemampuan multitasking, suatu hal yang bagi sebagian orang sulit untuk dilakukan, bahkan mungkin termasuk Anda salah satunya.

Punya banyak hobi mampu melatih fokus kita terhadap pelbagai hal secara bersamaan. Saat Anda memasak sambil membaca novel kesayangan, secara tak sadar Anda sedang melakukan dua aktivitas secara bersamaan. Tentu hal ini bisa menjadikan Anda seorang multitasker di bidang-bidang lainnya.

8. Memiliki Banyak Kemampuan

Manfaat hobi yang tak kalah pentingnya yakni menjadikan Anda orang yang memiliki banyak kemampuan (skill). Hal ini tentu saja berdampak positif terhadap kehidupan, pun pengembangan karier. Orang-orang yang memiliki banyak skill tentu akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan menambah pekerjaan.

Jika sudah begitu, maka Anda tidak hanya bergantung pada pekerjaan utama, melainkan pekerjaan lainnya yang berasal dari hobi, seperti memasak atau bermain musik.

Jenis Hobi yang Bermanfaat

Berbicara tentang jenis hobi yang bermanfaat, tentu hal ini harus disesuaikan dengan passion Anda, berkaca pada makna hobi itu sendiri yang adalah sesuatu yang digemari. Jadi, selama Anda bahagia dengan apa yang digemari, maka hobi tersebut membawa manfaat bagi kesehatan baik fisik dan mental pribadi.

Namun, lebih bagus lagi jika hobi tersebut bisa memberikan manfaat yang lebih dari sekedar kesenangan pribadi, misalnya bisa mendatangkan pundi-pundi tambahan, atau menyehatkan tubuh. Maka dari itu, aktivitas seperti bermain musik, memasak, atau olahraga kiranya menjadi jenis hobi yang bermanfaat besar bagi Anda.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel