7 Manfaat Duduk Tegak untuk Kesehatan

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

manfaat-duduk-tegak-doktersehat

DokterSehat.Com – Membiasakan posisi duduk tegak sudah dilakukan sejak kita di bangku sekolah. Selain demi terlihat rapi, posisi duduk tegak juga berkaitan dengan postur tubuh yang baik. Namun selain kedua alasan tersebut, ternyata masih terdapat beberapa manfaat duduk tegak lainnya yang tidak disangka-sangka, lho!

Manfaat Duduk Tegak

Sudahkah Anda memiliki postur tubuh yang benar? Tidak semua orang dituntut untuk duduk atau berdiri tegak setiap hari. Banyak dari kita yang mungkin baru menyadari bahwa postur tubuh kita salah setelah merasakan sakit pada beberapa bagian tubuh. Padahal, duduk tegak bukan lah hal yang sulit untuk dilakukan dan ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Berikut adalah 7 manfaat duduk tegak yang mungkin tidak Anda sadari!

1. Membantu bernapas lebih baik

Postur tubuh seseorang ternyata berpengaruh pada bagaimana seseorang bernapas.

Salah satu manfaat duduk tegak adalah dapat membantu Anda bernapas lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang membungkuk, otot dan tendon bagian depannya akan menjadi lebih pendek. Kondisi ini membuat seseorang akan lebih sulit untuk mengambil napas dalam-dalam.

Jika Anda duduk tegak dan memperbaiki postur tubuh, pernapasan dapat meningkat hingga 30%. Ketika Anda dalam keadaan gugup, cobalah untuk duduk tegak dan menarik napas lebih dalam, hal ini dapat membantu Anda merasa lebih tenang dan rileks.

2. Terhindar dari sakit punggung

Postur tubuh yang tidak baik dapat menyebabkan nyeri pada berbagai area tubuh seperti pundak, leher, pergelangan tangan, dan yang paling sering adalah punggung.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mendapatkan sakit punggung, tapi salah satu alasan paling umumnya adalah akibat terlalu sering membungkuk atau postur tubuh yang buruk. Membungkuk dapat menyebabkan lebih banyak tekanan pada tulang belakang serta otot-otot yang ada di sekitarnya.

Selain itu, membungkuk juga dapat menyebabkan tekanan saraf dan membuat aliran darah menjadi terbatas. Semua efek dari membungkuk ini kemudian menyebabkan rasa sakit pada punggung Anda.

Manfaat duduk tegak adalah agar tulang, ligamen, otot dan sendi dapat tetap lurus dan tekanan-tekanan serta ketegangan tersebut dapat dihilangkan dan tidak timbul rasa sakit pada punggung.

3. Meningkatkan konsentrasi

Apakah Anda merasa kesulitan untuk berkonsentrasi ketika sedang melakukan sebuah pekerjaan? Mungkin Anda harus mulai memperhatikan postur tubuh Anda saat hal ini terjadi.

Postur tubuh ternyata dapat memengaruhi konsentrasi seseorang. Ketika Anda mencoba untuk memperbaiki postur tubuh dengan duduk tegak, peredaran darah akan lebih lancar dan tubuh mengirimkan lebih banyak darah yang kaya oksigen menuju otak.

Maka dari itu, ketika merasa sulit untuk berkonsentrasi dan lemas atau mengantuk, cobalah untuk menegakkan tubuh Anda. Konsentrasi Anda dapat kembali dan Anda dapat lebih fokus bahkan tanpa harus mengambil secangkir kopi atau minuman berenergi.

4. Meningkatkan energi, optimisme, dan suasana hati

Selain dapat membantu meningkatkan konsentrasi, manfaat duduk tegak lainnya adalah dapat meningkatkan energi, optimisme, dan suasana hati seseorang.

Sebuah penelitian dilakukan oleh Dr. Erik Peper yang merupakan profesor kesehatan holistik dari San Francisco State University tentang bagaimana postur tubuh berpengaruh pada energi, suasana hati, dan tingkat depresi. Penelitian ini membagi siswa menjadi dua kelompok dan mengharuskan siswa untuk berjalan melewati lorong dengan cara berbeda.

Kelompok yang berjalan dengan melompat diketahui memiliki tingkat energi lebih tinggi dan tingkat depresi lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang berjalan dengan membungkuk. Sebuah penelitian juga dilakukan di Auckland University dan menunjukkan bahwa kondisi ini juga berlaku untuk posisi duduk kita.

5. Meningkatkan sistem pencernaan

Jika sebelumnya telah disinggung tentang manfaat duduk tegak terkait sistem pernapasan, selanjutnya adalah manfaat duduk tegak terkait dengan sistem pencernaan.

Menjaga postur tubuh dapat meningkatkan sistem pencernaan seseorang. Ketika membungkuk, organ pencernaan akan mengalami tekanan, hal ini membuat organ-organ tersebut bekerja dengan kurang maksimal.

Membenarkan postur tubuh akan membantu organ pencernaan bekerja lebih normal. Anda juga dapat terhindar dari berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, penyakit asam lambung, dan masalah pencernaan lainnya.

6. Meningkatkan kepercayaan diri

Manfaat duduk tegak selanjutnya adalah dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

Studi psikologi menunjukkan bahwa postur tubuh membungkuk membuat seseorang menjadi kurang percaya diri atau bahkan merasa kurang kompeten. Sebaliknya, duduk tegak dapat mengisyaratkan seseorang percaya diri dan duduk dengan pose yang disebut dengan pose kekuasaan.

Selain duduk tegak, berdiri tegak juga dapat membuat seseorang seperti memancarkan kepercayaan diri. Bahasa tubuh dapat mengirimkan sinyal pada diri kita sendiri dan orang lain tentang isi pikiran, sikap, dan emosi kita.

Maka dari itu, jika ingin terlihat percaya diri dan ingin mensugesti diri agar lebih percaya diri, cobalah untuk duduk tegak dan berdiri tegak ketika Anda berada dalam sebuah forum seperti rapat atau wawancara kerja.

7. Membuat Anda lebih bahagia

Siapa sangka bahwa posisi duduk atau postur tubuh dapat memengaruhi kebahagiaan seseorang?

Bagaimana hal ini dapat terjadi? Hal ini masih berkaitan dengan manfaat duduk tegak yang mampu meningkatkan energi, mampu menurunkan tingkat depresi, dan meningkatkan jumlah oksigen yang dikirim ke otak.

Kurangnya oksigen pada otak dapat menyebabkan stres yang menyebabkan produksi neurotransmitter serotonin yang memengaruhi suasana hati yang positif. Selain itu, studi lain juga menunjukkan bahwa duduk tegak dapat membantu menurunkan kadar hormon kortisol yang dikenal sebagai hormon stres.

Itu dia berbagai manfaat duduk tegak yang wajib untuk diketahui. Mari mulai perbaiki postur tubuh Anda mulai hari ini untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat!

 

Sumber:

  1. Five Reasons to Sit Up Straight (and Stand Up Straight Too!) – https://thriveglobal.com/stories/five-reasons-to-sit-up-straight-and-stand-up-straight-too/ diakses 17 Juni 2019
  2. The Science of Posture: Sitting up straight will make you happier, more confident and less risk-averse – https://buffer.com/resources/improve-posture-good-posture-science-happiness diakses 17 Juni 2019
  3. “Sit Up Straight!” Study Finds Unexpected Benefits Of Good Posture – https://www.lifehack.org/363832/sit-straight-study-finds-unexpected-benefits-good-posture diakses 17 Juni 2019
  4. Sit Up Straight! How Good Posture Benefits Your Health – https://www.livescience.com/54289-how-posture-affects-health.html diakses 17 Juni 2019


Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel