7 Buah Lezat yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

apel-doktersehat

DokterSehat.Com– Kebiasaan menerapkan gaya hidup yang kurang sehat seperti sering mengonsumsi makanan tinggi lemak bisa membuat masalah kolesterol tinggi datang. Masalahnya adalah, menurunkan kadar kolesterol darah tidaklah semudah meningkatkannya. Beruntung, pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis buah-buahan yang bisa kita konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Buah Penurun Kolesterol Tinggi yang Lezat dan Mudah Didapat

Mengingat kolesterol tinggi bisa menyebabkan dampak kesehatan yang lebih serius seperti aterosklerosis, tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke, kita memang harus menjaga gaya hidup tetap sehat demi mengendalikan kadar kolesterol tubuh.

Berikut adalah beberapa buah yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah

  1. Alpukat

Alpukat ternyata termasuk dalam buah-buahan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan yang tinggi layaknya vitamin K, vitamin C, vitamin B5, vitamin B6, vitamin E, serta lemak tak jenuh tunggal yang bisa menyehatkan jantung dan pembuluh darah.

Keberadaan lemak sehat di dalam buah ini juga terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

  1. Tomat

Tomat yang bisa dijadikan campuran sayuran atau dijadikan jus ini ternyata tinggi kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin K, dan vitamin C. Selain itu, kandungan potasium tomat juga sangat tinggi sehingga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah. Rutin mengonsumsinya bisa membantu jantung, kulit, dan mata menjadi lebih sehat.

  1. Apel

Salah satu buah yang paling tinggi manfaat kesehatannya bagi tubuh ini ternyata juga bisa membantu mengatasi masalah kolestetol tinggi. Hal ini disebabkan oeh adanya kandungan serat pektin dan antioksidan berjenis polifenol yang mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat sekaligus mencegah oksidasi yang bisa memicu peradangan pada jantung dan pembuluh darah. Hal ini tentu akan berperan besar dalam menurunkan risiko terkena aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah arteri, serangan jantung, dan stroke.

  1. Jeruk

Buah yang cocok untuk dimakan langsung atau dijadikan jus segar ini ternyata juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, lho. Baik itu jeruk biasa, jeruk lemon, jeruk purut, atau jeruk bali bisa memberikan manfaat kesehatan ini.

Jeruk ternyata memiliki kandungan hesperidin yang mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan serat larut pektin dan limonoid juga bisa membantu mencegah datangnya aterosklerosis sekaligus menurunkan kadar kolesterol LDL. Jeruk juga memiliki kandungan antioksidan flavonoid yang bisa mencegah stroke.

  1. Buah pepaya

Buah pepaya lebih dikenal sebagai buah yang cocok untuk program diet atau untuk mengatasi masalah sembelit. Hal ini disebabkan oleh kandungan seratnya yang sangat tinggi. Sebagai informasi, US Department of Agriculture (USDA) menyebut satu buah pepaya dengan ukuran 780 gram sudah menyediakan sekitar 14 gram serat. Kandungan ini tentu akan membantu memperlancar pencernaan.

Tak disangka, kandungan serat ini juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dengan efektif. Keberadaan kandungan lain seperti likopen dan enzim paraxonase juga bisa mendukung fungsi ini.

  1. Mangga

Buah manis yang ditunggu-tunggu musimnya oleh banyak orang ini ternyata juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, lho. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya. Kandungan ini bisa menyehatkan pembuluh darah sekaligus mencegah penumpukan plak. Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi juga bisa mencegah peningkatan kadar kolesterol.

  1. Semangka

Buah yang segar ini ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolesterol karena tinggi kandungan likopen, kandungan yang bisa menyehatkan jantung dan pembuluh darah.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel