5 Penyakit Ini Bisa Menyerang Orang Kurus!

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

efek-kurus-terlalu-cepat-doktersehat

DokterSehat.Com– Banyak orang yang mendambakan tubuh yang kurus. Hal ini disebabkan oleh anggapan bahwa memiliki tubuh yang kurus akan membuat penampilan menjadi lebih menarik. Padahal, pakar kesehatan menyebut tubuh yang kurus belum tentu baik bagi kesehatan. Memang, banyak orang yang lebih percaya diri dengan kondisi ini, namun memiliki tubuh yang kurus juga bisa bisa meningkatkan risiko terkena beberapa jenis makanan kesehatan, lho.

Ada orang yang memang memiliki “bakat” kurus

Ada sebagian orang yang meski sudah mengonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup banyak atau memiliki hobi ngemil yang ternyata tidak mudah mengalami kenaikan berat badan. Biasanya, mereka memiliki sistem metabolisme yang tinggi sehingga membuat tubuh tidak mudah gemuk. Selain itu, bisa jadi mereka cenderung aktif sehingga proses pembakaran kalori di dalam tubuh berlangsung dengan jauh lebih baik.

Masalahnya adalah ada sebagian orang yang memiliki obsesi untuk memiliki tubuh kurus sehingga akhirnya menerapkan diet ketat atau bahkan melewatkan waktu makan. Meskipun bisa membuat berat badan menurun, menerapkan pola makan yang tidak sehat akan membuat tubuh kekurangan nutrisi atau gangguan kesehatan.

Beberapa penyakit yang bisa muncul pada orang-orang dengan tubuh kurus

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis penyakit yang bisa menyerang orang-orang dengan tubuh yang kurus.

Berikut adalah penyakit-penyakit tersebut.

  1. Penyakit jantung

Sebenarnya, mereka yang mengalami masalah berat badan berlebih atau obesitas memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit jantung yang mematikan, namun bukan berarti mereka yang bertubuh kurus tidak berisiko terkena penyakit ini. Jika kita menerapkan gaya hidup yang tidak sehat, maka risiko terkena penyakit yang sama akan meningkat meski berat badan kita tergolong ideal.

Sebagai contoh, jika kita hobi mengonsumsi makanan tinggi garam, maka tekanan darah akan meningkat, jika kita hobi mengonsumsi makanan berlemak, risiko terkena kolesterol tinggi juga akan meningkat. Kedua masalah kesehatan ini bisa menyebabkan datangnya penyakit jantung.

Jika kita juga sering mengalami stres, hobi merokok, sering begadang, dan kurang gerak, risiko untuk terkena penyakit jantung yang mematikan juga semakin meningkat. Karena alasan inilah meski kita memiliki berat badan ideal atau tubuh yang kurus, sebaiknya tetap menerapkan gaya hidup sehat demi mencegah datangnya masalah kesehatan.

  1. Diabetes

Sebagaimana penyakit jantung, diabetes juga cenderung dianggap sebagai penyakit orang gemuk. Padahal, dalam realitanya diabetes bisa menyerang siapa saja, termasuk orang-orang dengan tubuh kurus. Sebagai informasi, sebagian besar penderita penyakit ini di Benua Asia ternyata adalah yang memiliki berat badan ideal, lho.

Biasanya, diabetes yang menyerang orang dengan tubuh kurus disebabkan oleh gangguan produksi insulin. Jika sampai hal ini terjadi, kadar gula darah akan terus tinggi karena tidak ada insulin yang memetabolismenya. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan diabetes.

  1. Gangguan hati

Pakar kesehatan menyebut orang-orang dengan berat badan yang terlalu kurus ternyata lebih rentan terkena gangguan hati. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang kekurangan beberapa jenis nutrisi tertentu yang sangat penting bagi kinerja dan kondisi hati.

  1. Pikun

Berdasarkan sebuah penelitian, jika kita memiliki indeks massa tubuh yang sangat rendah, yakni kurang dari 20 kg per meter persegi, akan memiliki risiko lebih besar untuk terkena demensia di usia 40 hingga 50 tahun. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan orang dengan tubuh kurus memiliki kadar vitamin D dan E yang sangat rendah.

  1. Gangguan kesuburan

Sebuah penelitian di Denmark membuktikan bahwa pria dengan indeks massa tubuh sangat rendah lebih rentan mengalami disfungsi ereksi dan gangguan kesuburan lainnya sehingga lebih sulit untuk memiliki keturunan.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel