17 Manfaat Bangun Pagi (Memengaruhi Kondisi Fisik dan Mental)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

manfaat-bangun-pagi-doktersehat

DokterSehat.Com – Bagi beberapa orang, bangun pagi adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Padahal, membiasakan diri untuk bangun pagi secara rutin adalah sesuatu yang berguna bagi kesehatan tubuh secera keseluruhan. Lantas, apa saja manfaat bangun pagi yang bisa Anda dapatkan?

Manfaat Bangun Pagi bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Meski terlihat sederhana, manfaat dari bangun pagi ternyata bisa memberikan manfaat bagi kondisi fisik maupun mental. Salah satu manfaat yang mudah terlihat adalah memberi banyak waktu untuk menyiapkan segala sesuatu sebelum menjalankan aktivitas, hal inilah yang membuat Anda tidak melakukan suatu hal dengan terburu-buru.

Selain itu, kebiasaan bangun pagi juga membuat Anda mendapatkan udara yang lebih bersih dan sinar matahari yang baik kesehatan. Kondisi ini otomatis akan membuat tubuh lebih segar dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Berikut ini adalah manfaat bangun pagi lainnya yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Lebih berenergi sepanjang hari

Manfaat bangun pagi yang pertama adalah membuat Anda berenergi sepanjang hari. Hal ini bisa Anda dapatkan apabila dibarengi dengan olahraga pagi. Perlu Anda ketahui bahwa olahraga membuat tubuh melepaskan hormon endorfin, di mana hal ini bisa membuat suasana hati yang lebih baik sekaligus menjaga kebugaran tubuh. Kondisi inilah  yang memberikan energi tambahan saat melakukan pekerjaan.

2. Memberikan waktu untuk sarapan

Bangun lebih awal membuat Anda memiliki waktu sarapan yang baik. Jika Anda melewatkan sarapan, tubuh akan meresponnya dengan kelaparan berlebihan pada siang harinya. Ketika kelaparan mulai Anda alami, maka makan siang Anda berisiko dipenuhi oleh asupan-asupan yang tidak sehat.

3. Memiliki tubuh yang bugar

Manfaat bangun pagi berikutnya adalah membat seseorang lebih bersemangat untuk berolahraga dan menghirup udara segar. Jika kebiasaan bangun pagi ini rutin dilakukan maka efek positifnya adalah membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Menghirup udara segar di pagi hari dibarengi dengan olahraga dapat meningkatkan energi dan menjaga suasana hati lebih baik.

4. Menjadi lebih bahagia

Bagi Anda yang sedang dilanda kesedihan, salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mendapatkan manfaat bangun pagi. Manfaat dari bangun pagi ini dipercaya dapat membuat Anda lebih bahagia dan sehat dibandingkan mereka yang memiliki kebiasaan begadang.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manula cenderung lebih bahagia daripada anak-anak muda karena mereka memiliki kebiasaan bangun pagi. Sedangkan orang dewasa yang bermain atau bekerja hingga larut malam, memiliki suasana hati yang buruk.

5. Membuat kondisi mental lebih baik

Seseorang yang memiliki kebiasaan bangun pagi memiliki mental yang lebih optimis. Selain itu, manfaat bangun pagi juga membuat seseorang memiliki perasaan mudah puas. Sementara itu, mereka yang tidur pagi hari dan terbangun di malam hari cenderung memiliki suasana negatif seperti pesimis dan depresi.

6. Meningkatkan produktivitas

Pekerjaan akan terasa lebih mudah apabila dilakukan pada pagi hari. Diwaktu inilah produktivitas bekerja akan mengalami peningkatan. Kondisi ini membuat waktu malam atau istirahat Anda tidak terngganggu oleh pekerjaan, sehingga waktu bersama keluarga jauh lebih banyak.

7. Berpikiran positif

Seseorang yang bangun lebih pagi biasanya memiliki jam tidur yang lebih awal. Tidur dengan jumlah penuh dari apa yang diperlukan tubuh dan pikiran, akan membuat Anda selalu berpikir positif. Hal ini membuktikan bahwa berpikir positif memiliki kaitan erat dengan waktu istirahat.

8. Indeks prestasi yang lebih baik

Bagi Anda yang ingin memiliki nilai akademik yang bagus, sepertinya Anda harus mendapatkan manfaat bangun pagi. Sebuah penelitan mengungkapkan, para siswa yang memiliki kebiasaan bangun pagi cenderung memiliki nilai yang lebih baik.

Alasannya, manfaat dari bangun pagi membuat seseorang bisa belajar terlebih dahulu sebelum jam belajar dimulai. Selain itu, manfaat bangun pagi mencegah seseorang untuk bermain atau bekerja hingga larut malam, sehingga seseorang akan otomatis untuk tidur lebih awal.

9. Menyelesaikan masalah lebih baik

Banyak orang tidak menyadari bahwa manfaat bangun pagi bisa membuat Anda menyelesaikan suatu masalah lebih baik. Manfaat dari bangun pagi ini membuat pikiran lebih siap untuk mengerjakan sesuatu.

Hal ini membuat Anda lebih lebih terorganisir dan bersemangat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Jika Anda mendapatkan istirahat malam yang baik, maka kemampuan otak untuk menyelesaikan masalah akan lebih mudah.

10. Aktivitas harian yang terencana dengan baik

Bangun pagi membuat aktivitas yang akan Anda jalani selama seharian dapat terencana dengan baik. Sering kali manfaat bangun pagi ini tidak disadari namun memengaruhi sejumlah aktivitas harian Anda, seperti makan siang yang terlewatkan dan hal-hal sederhana lainnya.

11. Mendapatkan manfaat matahari pagi

Manfaat bangun pagi tidak akan maksimal apabila Anda melewatkan paparan sinar matahari. Produksi vitamin D di dalam tubuh akan meningkat apabila Anda mendapatkan rangsangan dari sinari matahari pagi.

Vitamin D sendiri dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan penyerapan fosfor dan kalsium di usus, sehingga dapat memperkuat gigi, tulang, serta otot. Selain itu, manfaat vitamin D lainnya mencegah penyakit seperti hipertensi, multiple sclerosis, osteoporosis, rakitis dan diabetes.

12. Terbebas dari rasa cemas

Salah satu cara mengatasi kecemasan adalah dengan mendapatkan manfaat dari bangun pagi. Bangun terlalu siang atau secara tiba-tiba akan membuat Anda lebih terburu-buru. Jika hal ini sering Anda lakukan, kondisi ini bisa mengganggu suasana hati, kreativitas, hingga membahayakan fungsi mental.

13. Waktu istirahat yang lebih baik

Ritme sirkadian tubuh dipengaruhi oleh bagaimana jadwal tidur Anda, kondisi ini terkait langsung dengan seberapa baik istirahat malam Anda. Ketika waktu tidur-bangun Anda konsisten, hal itu bisa meningkatkan efektivitas tahapan tidur alami yang dibutuhkan tubuh untuk menyembuhkan dan meningkatkan fungsi otak yang sehat.

Perlu Anda ketahui, siklus tidur terjadi berulang kali sepanjang malam dan berhubungan langsung dengan bagaimana otak memproses informasi dan menyimpan memori. Faktanya, banyak penelitian menunjukkan bahwa banyak dari penyelesaian masalah terjadi selama waktu ini, sehingga penting untuk memastikan waktu ini tidak terganggu.

14. Makan lebih sehat

Memulai hari dengan asupan yang sehat adalah sesuatu yang sangat baik. Manfaat bangun pagi akan membuat tubuh Anda untuk memenuhi asupan-asupan yang sehat.

Jika Anda terbangun di siang hari, maka pilihan makanan yang ingin Anda konsumsi adalah sesuatu yang berlemak, karbohidrat, dan tinggi gula. Bangun dengan waktu luang yang cukup memungkinkan Anda menikmati waktu yang lebih santai setiap pagi dan bisa memilih makanan yang lebih sehat.

15. Menciptakan ketenangan

Bangun pagi dapat memberi Anda waktu untuk benar-benar menikmati kondisi di sekitar. Dengan memberi diri Anda waktu untuk tidak melakukan apa-apa, hal ini memberi tubuh semacam ‘hadiah’ untuk melepas lelah dan menghilangkan semua rangsangan mental ketika menjalankan aktivitas sehari-hari.

Masa hening ini sangat bermanfaat bagi otak. Selain itu, duduk dalam diam juga meningkatkan oksigen ke otak karena Anda akan bernapas lebih dalam dan terkontrol. Dampak lanjutannya, hal ini membantu mengurangi migrain dan tekanan darah tinggi.

16. Membantu kulit terlihat sehat

Setelah tidur nyenyak di malam hari, kulit akan menunjukkan kondisi yang terbaik di pagi hari. Manfaat bangun pagi ini bisa Anda pergunakan untuk memberikan suplemen tambahan pada kulit. Jika Anda memiliki rutinitas tidur yang baik, hal itu memastikan kulit mendapatkan waktu yang tepat untuk peremajaan.

17. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat bangun pagi yang terakhir memiliki kaitan dengan beberapa manfaat yang sebelumnya. Mereka yang terbiasa dengan bangun pagi, biasanya memiliki kebiasaan tidur yang teratur.

Jika peredaran darah menjadi lancar dan tingkat oksigen dalam darah terjaga dengan baik, maka organ lainnya juga ikut menjadi sehat, salah satunya adalah jantung. Banyak gangguan pada jantung terjadi karena aliran darah dan oksigen yang sedikit dan terhambat.

Manfaat dari bangun pagi ini membuat Anda menghirup udara segar sehingga jantung akan bekerja secara maksimal.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel