11 Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Tubuh (No. 7 Paling Diinginkan)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

manfaat-olahraga-doktersehat

Doktersehat.com- Olahraga adalah gerakan oleh tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Manfaat olahraga membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya. Tidak hanya otot-otot yang terlatih, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar Yuk, ketahui lebih banyak khasiat olahraga!

Manfaat Olahraga bagi Tubuh

Menjadi aktif telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Bahkan dapat membantu Anda hidup lebih lama. Berikut adalah manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh dan otak Anda:

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Berhentilah dari ketergantungan obat dan kurangi risiko penyakit jantung dengan cara alami. Sebuah ulasan dari berbagai penelitian dan uji coba yang dilakukan oleh para peneliti pada tahun 2013 – mencakup 305 uji coba lebih dari 339.000 peserta – menemukan bahwa tidak ada perbedaan yang terdeteksi secara statistik antara mereka yang berolahraga dan mereka yang menggunakan obat dalam mencegah penyakit jantung koroner dan pradiabetes.

Bahkan, pada pasien yang sudah menderita stroke, rutin dengan aktivitas fisik lebih efektif daripada terapi dengan obat. Namun konsultasikanlah dengan dokter untuk membuat rencana latihan yang tepat untuk Anda.

2. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat olahraga secara teratur dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan. Dengan berolahraga, jumlah oksigen di dalam darah akan meningkat sehingga memperlancar aliran darah menuju otak.

3. Mengurangi stres

Manfaat olahraga dapat membantu mengatasi emosi dan mengurangi kegelisahan sehingga mengurangi stres. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Anxiety, Stress and Coping: An International Journal tahun 2008 mencatat bahwa olahraga bisa menjadi alat yang potensial untuk mengatasi gejala-gejala kecemasan.

Dalam penelitian tersebut partisipan yang rutin berolahraga memiliki indeks kecemasan yang lebih rendah dibanding orang yang tidak pernah olahraga. Nah, ini menunjukkan bahwa olahraga mungkin bisa mengatasi kecemasan dan stres secara efektif.

Secara teori, olahraga menyebabkan tubuh bereaksi termasuk otak. Sebagai responsnya maka otak akan melepaskan banyak hormon termasuk endorphin dan neurotransmitter yang bisa memengaruhi suasana hati.

4. Tidur lebih baik

Jika Anda tidak bisa tidur, berolahraga dapat membantu Anda tidur lebih baik, lho. Dengan memperkuat ritme sirkadian, manfaat olahraga membantu membuat Anda lebih segar di siang hari dan tidur nyenyak pada malam hari. Olahraga juga memperbaiki kualitas tidur.

Sementara efeknya mungkin tidak secara langsung – sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa olahraga bisa memakan waktu hingga empat bulan bagi mereka yang memulai latihan rutin untuk memiliki efek positif pada tidur – memulai rencana latihan adalah satu-satunya cara untuk memastikan Anda akan tidur nyenyak setiap malam.

5. Meningkatkan energi

Ketika merasa lelah, hal terakhir yang mungkin ingin Anda lakukan adalah melakukan latihan. Tetapi, menurut para ahli, itulah yang harus Anda lakukan. Mereka menemukan bahwa latihan dengan intensitas rendah, setara dengan jalan santai, dapat mengalami penurunan tingkat kelelahan dan peningkatan energi 20 persen.

Yang lebih menarik adalah bahwa tingkat kelelahan pada kelompok latihan intensitas rendah turun lebih banyak daripada kelompok intensitas yang lebih tinggi, kabar bagus bagi mereka yang mungkin melewatkan latihan karena mereka tidak punya waktu atau energi untuk sesi yang lebih intens.

Kedua kelompok tersebut melaporkan telah menglami peningkatan energi secara stabil selama rentang waktu enam minggu percobaan. Jadi, manfaat olahraga bagi tubuh cukup efektif untuk meningkatkan energi.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker di masa depan hingga mengurangi risiko kanker payudara, manfaat berolahraga teratur dapat membantu melindungi tubuh.

Meskipun para peneliti tidak sepenuhnya yakin bagaimana olahraga meningkatkan kekebalan tubuh, teori-teori dari bakteri yang dikeluarkan dari tubuh hingga pengurangan hormon yang dilepaskan stres yang mungkin meningkatkan risiko penyakit.

7. Panjang umur

Memiliki tubuh yang sehat untuk orang yang kita cintai dan menikmati momen spesial bersama sebanyak mungkin – itulah arti kehidupan sebenarnya dan semua orang inginkan. Menjaga tubuh tetap bahagia dan sehat untuk membantu Anda menjalani hidup yang lebih lama, lebih penuh adalah salah satu manfaat olahraga terbesar.

Oleh karena itu, ini adalah kabar bagus bahwa penelitian yang diterbitkan pada 2012, yang mempelajari lebih dari 650.000 orang, menemukan bahwa manfaat berolahraga sedang selama 150 menit (atau sekitar setengah jam lima hari seminggu) dapat meningkatkan masa hidup hingga 3,4 tahun.

Berolahraga hanya 10 menit sehari, atau 75 menit seminggu, dapat memberi tambahan umur 1,8 tahun. Temuan ini berlaku bahkan untuk orang-orang yang kelebihan berat badan atau obesitas; menambahkan latihan membantu mereka hidup lebih lama, sementara obesitas dan tidak aktif menurunkan rentang hidup hingga 7,2 tahun.

Manfaat menambahkan lebih banyak olahraga meningkat dan kemudian meningkat sekitar 300 menit latihan mingguan (atau satu jam lima hari seminggu) menambahkan 4,2 tahun tambahan kehidupan.

Jadi, saat berpikir terlalu sibuk, pikirkan dampak buruknya. Segeralah olahraga secara rutin demi mendapatkan tubuh yang sehat.

8. Meningkatkan kepercayaan diri

Ketika merasa tidak percaya diri atasilah dengan olahraga, karena manfaat olahraga bagi tubuh dapat membantu Anda merasa lebih baik, tidak peduli apapu jenis latihan yang Anda lakukan atau seberapa cocok Anda melakukannya.

Satu penelitian menemukan bahwa olahraga sederhana dapat meyakinkan diri bahwa Anda terlihat lebih baik.

Anda tahu begitu banyak tekanan terhadap penampilan di dalam lingkungan masyarakat. Sebagai solusinya Anda bisa mendapatkan salah satu manfaat olahraga yang membantu Anda merasa lebih baik dan bagaimana terlihat baik secara alami.

9. Meningkatkan kinerja

Bisakah menjadi lebih produktif dan lebih bahagia di tempat kerja dengan berolahraga?

Satu penelitian berpikir demikian. Ditemukan bahwa karyawan yang berolahraga sebelum bekerja atau selama jam makan siang mereka melaporkan merasa lebih sedikit stres, lebih bahagia, dan lebih produktif daripada hari-hari sebeelumnya yang melewatkan latihan.

Tidak hanya itu, fungsi olahraga bagi mereka juga tampil lebih baik pada hari-hari latihan. Cara yang sempurna berolahraga di sela kerja adalah dengan berjalan-jalan atau berjalan kaki.

10. Menurunkan kolesterol

Manfaat berolahraga membantu tubuh bergerak dan membakar kalori yang ada sehingga menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja. Hal tersebut juga membantu tubuh mengurangi penimbunan lemak pada tubuh.

Olahraga yang teratur juga dapat membakar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida serta meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik). Hal ini sangat membantu tubuh tetap fit dan mengurangi risiko darah tinggi, stroke, kegemukan, dan penyakit jantung.

Jenis olahraga yang dianjurkan untuk mengurangi kolesterol adalah jenis olahraga yang menggerakkan otot-otot pada paha, kaki, lengan, dan pinggul. Contohnya, senam aerobik, jalan kaki, joging, berenang, dan bersepeda.

Semua jenis olahraga sebenarnya baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi kolesterol asalkan dilakukan dengan disiplin dan teratur sehingga membantu otot-otot tubuh terlatih dan bekerja dengan baik.

Yang penting diingat, olahraga teratur juga harus dibarengi dengan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan yang baik, tidak merokok, dan cukup istirahat.

11. Membantu menurunkan berat badan

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa tidak aktif adalah faktor utama dalam penambahan berat badan dan obesitas.

Untuk memahami efek olahraga terhadap penurunan berat badan, penting untuk memahami hubungan antara olahraga dan pengeluaran energi.

Tubuh Anda menghabiskan energi dalam tiga cara: mencerna makanan, berolahraga dan mempertahankan fungsi tubuh seperti detak jantung dan pernapasan.

Saat menjalani diet, pengurangan asupan kalori akan menurunkan tingkat metabolisme tubuh, yang akan menunda penurunan berat badan. Sebaliknya, manfaat berolahraga teratur telah terbukti meningkatkan tingkat metabolisme, yang akan membakar lebih banyak kalori dan membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa menggabungkan latihan aerobik dengan latihan resistensi dapat memaksimalkan membuang lemak dan meningkatkan massa otot, yang sangat penting untuk menjaga berat badan turun.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel