10 Tips Menjadi Tua dengan Sehat dan Jarang Penyakitan

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

menua-dengan-sehat-doktersehat

DokterSehat.Com – Menjadi tua adalah hal yang wajar. Siapa saja akan menjadi tua dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu. Tubuh akan mengalami penurunan fungsi perlahan-lahan seperti otot yang tidak lagi kuat dan tenaga tubuh secara menyeluruh akan anjlok. Namun, kita bisa menua dengan normal dan tetap sehat tanpa harus sering mengalami sakit.

Tips menjadi tua dengan sehat

Menjadi tua adalah hal yang wajar dan pasti dialami oleh semua orang. Namun, menjadi tua dengan sehat belum tentu bisa dilakukan oleh banyak orang. Karenanya kita harus tahu bagaimana cara menua dengan sehat dan menikmati pertambahan usia tanpa harus sering berteman dengan rumah sakit.

  1. Tetap melakukan olahraga

Salah satu aktivitas fisik yang sering sekali kita tinggalkan adalah olahraga. Apalagi saat sudah bekerja dengan keras dan tubuh kelelahan. Olahraga lebih jarang dilakukan lagi sehingga daya tahan tubuh mengalami penurunan. Akhirnya kita malah sering mengalami sakit dan gangguan tubuh lainnya.

Meski sudah tua sekali pun Anda tetap disarankan untuk melakukan olahraga sebanyak 150 menit setiap minggu. Jenis olahraga yang bisa Anda lakukan ada banyak mulai dari aerobik untuk kesehatan jantung hingga angkat beban untuk kesehatan otot dan juga tulang.

  1. Memperhatikan makanan yang masuk ke tubuh

Apa yang kita makan akan menentukan kondisi kesehatan tubuh yang kita miliki. Kalau Anda selama masih muda makan apa saja tanpa memperhatikan kandungan nutrisinya bisa saja tubuh mengalami obesitas atau malah kekurangan nutrisi. Oleh karena itu perhatikan apa saja makanan yang masuk agar gizinya cukup.

Kalau Anda makan sembarangan dan mengalami obesitas, kemungkinan besar akan mudah mengalami penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi hingga diabetes. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk melakukan diet yang seimbang dan memasak sendiri makanan yang disantap setiap harinya.

  1. Menjaga kesehatan mental

Jaga kesehatan mental dengan rutin memeriksakan diri ke dokter. Kalau Anda merasa sedang ada masalah dengan pikiran dan menyebabkan tubuh jadi sakit atau tidak produktif, jangan diam saja. Pikiran yang sehat akan menentukan fisik yang Anda miliki agar lebih sehat dan tidak mudah sakit.

  1. Sebisa mungkin untuk menghindari stres berlebihan

Stres bisa terjadi karena banyak hal mulai dari masalah yang terjadi di rumah hingga masalah pekerjaan di kantor. Seseorang yang mengalami stres akan cenderung menghasilkan kortisol yang memicu inflamasi di tubuh. Kalau inflamasi terus terjadi, kemungkinan besar menyebabkan masalah pada pola tidur hingga daya tahan tubuh yang anjlok.

Lakukan pelesir kalau memang butuh hiburan. Selain itu kalau kondisi tertekan sering terjadi, coba tenangkan diri dengan baik. Lakukan meditasi selama beberapa menit agar tubuh lebih mudah dikendalikan.

  1. Batasi atau setop merokok dan minum alkohol

Rokok dan alkohol adalah dua kombinasi yang paling sering menyebabkan masalah pada tubuh. Kalau Anda sering merokok, racun akan masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan banyak sekali masalah mulai dari masalah paru-paru, gangguan pada sistem reproduksi, gangguan kemampuan seks, hingga memicu kanker.

Alkohol pun juga demikian, kalau Anda sering sekali menggunakan alkohol, tubuh akan mudah mengalami obesitas. Hal ini akan meningkatkan gula darah dan memicu penyakit diabetes untuk muncul. Jauhi keduanya dan Anda akan lebih sehat.

  1. Tidur yang cukup

Tidurlah yang cukup setiap harinya. Kita disarankan untuk tidur sebanyak 7-9 jam setiap harinya. Dengan waktu tidur yang cukup banyak, tubuh akan mudah mengistirahatkan pikiran dan fisik. Anda akan memiliki daya tahan tubuh yang baik dan jarang sekali sakit.

  1. Menjalin hubungan yang baik

Disadari atau tidak, hubungan yang baik antara diri sendiri dengan pasangan serta orang lain akan memberikan sumbangsih pada kesehatan. Kalau orang yang ada di sekitar Anda cenderung baik dan tidak menyebabkan masalah, gangguan pada pikiran atau mood tidak akan terjadi. Dampaknya, Anda menjadi jauh lebih sehat.

  1. Minum air yang cukup

Selalu penuhi kebutuhan air setiap harinya. Kalau Anda bisa memenuhi kebutuhan air yang dimiliki oleh seseorang, kemungkinan besar fungsi organ di tubuh akan berjalan dengan baik. Kulit dan fungsi pencernaan berjalan dengan lancar dan kita juga tidak akan mengalami dehidrasi Minum sebanyak 6-8 gelas air setiap harinya.

  1. Menjaga kesehatan kulit dan mulut

Kulit adalah organ pertama dari tubuh yang dihinggapi dan dijadikan jalan infeksi oleh penyakit. Kalua kulit sering mengalami gangguan atau cenderung tidak sehat, kemungkinan besar, kita akan sulit menjaga kesehatan. Apalagi kalau sudah sampai muncul kanker.

Selanjutnya, mulut juga merupakan tempat masuknya bakteri dan juga patogen berbahaya lainnya. Begitu patogen masuk ke dalam mulut dan menginfeksi, kita akan mengalami gangguan yang cukup besar. Jadi, cek kesehatan mulut juga secara rutin.

  1. Cek kesehatan secara rutin

Poin terakhir ini sering sekali tidak kita lakukan lantaran menganggap tubuh sedang sehat dan tidak mengalami masalah. Padahal kita tidak tahu kondisi terkini dari tubuh. Biasa saja kita terlihat biasa saja, tapi di dalam sedang ada masalah dan tandanya tidak langsung muncul.

Menghindari penyakit-penyakit berbahaya yang justru menyebabkan masalah di kemudian hari, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan minimal setahun sekali. Dengan melakukan ini Anda akan selalu waspada dan menjaga kondisi tubuh hingga tua.

Inilah beberapa ulasan tentang cara menua dengan sehat dan tubuh tidak mudah penyakitan. Kalau kita melakukan beberapa tips di atas, masa tua akan berjalan dengan lancar. Bahkan, perubahan usia tidak akan berpengaruh besar pada aktivitas. Nah, dari beberapa tips di atas, adakah yang pernah Anda lakukan sebelumnya?

 



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel