15 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

cara-menghilangkan-komedo-secara-alami-doktersehat
Photo Source: sundaymore.com

DokterSehat.Com – Komedo adalah penumpukan kotoran pada pori-pori kulit. Umumnya, bagian yang paling sering menjadi sasaran empuk adalah hidung dan sekitar mata. Tak jarang seseorang mencari berbagai cara untuk menghilangkannya. Namun sebelum Anda menggunakan obat-obatan, terdapat cara menghilangkan komedo secara alami yang bisa dicoba.

Jenis-Jenis Komedo

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara menghilangkan komedo secara alami, ada baiknya kita pahami dulu jenis-jenis komedo. Ini akan membantu Anda untuk membersihkan komedo dengan lebih efektif.

Komedo terbagi menjadi dua jenis yaitu:

  • Komedo Hitam. Komedo hitam adalah jenis yang paling banyak dialami oleh banyak orang dimana pori-pori yang penuh dengan bakteri dan minyak ketika terkena udara berubah warna menjadi gelap.
  • Komedo Putih. komedo putih biasanya berupa tonjolan kecil yang berada di bagian bawah epitel kulit. Jenis komedo yang satu ini memang lebih sulit dihilangkan karena memerlukan sedikit luka untuk mengeluarkannya. Diperlukan bantuan ahli kecantikan profesional untuk menghilangkan komedo putih.

Penyebab Komedo

Penyebab munculnya komedo hitam dan komedo putih tentu saja berbeda. Komedo hitam disebabkan oleh debu dan kotoran yang menempel pada wajah yang berpori-pori besar. Jenis komedo yang satu ini juga bisa dibilang paling umum dialami oleh setiap orang.

Komedo putih disebabkan oleh kotoran dan keringat yang bercampur. Komedo jenis ini bukan saja dapat mengganggu penampilan, tapi juga dapat menyebabkan jerawat.

Perlu Anda ketahui, bukan tidak mungkin jika seseorang mengalami dua jenis komedo sekaligus dalam satu waktu. Ini tentunya kembali lagi pada ukuran pori-pori dan juga faktor penyebab komedo.

Lantas, apakah ada cara menghilangkan komedo atau cara membersihkan komedo yang efektif?

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

1. Masker putih telur

Putih telur adalah bahan alami yang sangat efektif untuk menghilangkan komedo di hidung. Caranya pun tentu sangatlah mudah karena Anda hanya perlu menyediakan putih telur dari satu buah telur untuk sekali pemakaian.

Jika Anda mau menerapkan cara menghilangkan komedo secara alami yang satu ini, jangan lupa menggunakan tisu. Begini caranya:

  • Kocok putih telur hingga berbusa.
  • Gunting tisu sesuai dengan kebutuhan.
  • Oleskan putih telur ke bagian wajah yang berkomedo (misalnya hidung).
  • Lapisi dengan tisu yang sudah digunting.
  • Oleskan lagi kocokan putih telur di bagian atas tisu.
  • Tunggu hingga benar-benar kering (sekitar 30 menit).
  • Cabut tisu yang ditempelkan di wajah dari arah bawah ke atas.
  • Bersihkan wajah menggunakan air biasa dan rasakan perbedaannya.

Anda bisa melakukan langkah di atas 2-3 kali setiap pemakaian.

2. Perasan lemon + gula pasir + madu

Cara menghilangkan komedo yang satu ini juga tak kalah mudah jika dibandingkan dengan cara membersihkan komedo menggunakan masker putih telur. Meski bahan yang dibutuhkan lebih banyak, bahan-bahannya mudah untuk didapatkan.

Begini cara menghilangkan komedo dengan perasaan lemon:

  • Siapkan perasan lemon, 1 sendok gula pasir, dan 1 sendok madu.
  • Campurkan semua bahan dalam satu wadah.
  • Oleskan campuran bahan tersebut ke permukaan wajah yang berkomedo.
  • Pijit perlahan dengan arah melingkar.
  • Diamkan 5-10 menit, lalu bersihkan wajah dengan kain basah.

Sangat disarankan untuk melakukan cara ini setiap 1-2 kali seminggu. Bukan hanya sebagai cara membersihkan komedo, cara ini juga mampu mengontrol minyak berlebih di wajah.

3. Scrub kopi + gula

Tidak hanya untuk diminum, ternyata campuran kopi dan gula yang nikmat juga mampu mengangkat komedo membandel yang ada di wajah. Tentunya bukan dengan cara diseduh, melainkan dijadikan scrub untuk mengangkat sel kulit mati.

Begini cara menghilangkan komedo menggunakan scrub kopi:

  • Siapkan 2 sendok bubuk kopi dan campurkan dengan sedikit air.
  • Tambahkan 1 sendok gula pasir.
  • Gosokkan scrub kopi tersebut pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan.
  • Lakukan gerakan menggosok salah satu titik wajah minimal 1 menit.

baca juga: penyebab komedo terus muncul meski sering dibersihkan

4. Uap garam

Cara alami menghilangkan komedo yang satu ini juga sangat mudah dan murah. Anda hanya perlu menyiapkan garam dan air. Kenapa garam efektif menghilangkan komedo?

Ternyata garam mengandung senyawa ion positif dan ion negatif yang membentuk senyawa netral. Kandungan inilah yang nyatanya mampu menghilangkan komedo hitam di wajah. Inilah cara menghilangkan komedo hitam menggunakan uap garam:

  • Didihkan 1 – 1,5 liter air dan pindahkan ke sebuah wadah.
  • Larutkan 3 sendok makan garam.
  • Posisikan wajah berada tepat di atas wadah tersebut hingga terkena uap panas.
  • Lakukan sekitar 5 – 10 menit.

Perlu diperhatikan, cara alami menghilangkan komedo dengan uap garam ini bisa membuat Anda sesak napas, jadi disarankan untuk mengambil napas dan beristirahat sejenak jika sudah merasa pengap.

5. Pasta gigi

Cara berikutnya adalah menggunakan pasta gigi atau yang sering disebut juga dengan odol. Pasta gigi termasuk bahan efektif pembersih komedo karena mengandung mineral dan fluoride.

Kedua kandungan ini dipercaya mampu mengangkat komedo dan menghaluskan wajah. Sayangnya, bahan yang terakhir ini tidak benar-benar alami karena mengandung bahan kimia. Salah satu cara untuk menyiasatinya, Anda bisa memilih pasta gigi herbal.

Begini cara membersihkan komedo pakai pasta gigi:

  • Oleskan pasta gigi secukupnya pada area yang berkomedo.
  • Diamkan 20-30 menit.
  • Bilas dengan air bersih.

6. Es batu (jeruk nipis)

Es batu yang digunakan bukanlah es batu biasa seperti yang digunakan untuk minum. Es batu yang dimaksud adalah air jeruk nipis yang telah direbus hingga mendidih dan kemudian dimasukkan kedalam lemari es.

Sebelum Anda menggunakan es batu dari air jeruk nipis, pastikan Anda sudah mencuci bersih wajah dengan menggunakan produk pembersih wajah. Jika sudah, Anda bisa langsung mengaplikasikan es batu ini untuk wajah.

Caranya pun sangatlah mudah. Cukup tekan-tekan wajah menggunakan es batu secara perlahan, khususnya pada bagian wajah yang ditumbuhi jerawat. Cara ini akan membuat jerawat mengering serta rasa nyeri pada wajah akibat jerawat akan hilang.

  1. Masker tanah liat

Masker tanah liat dapat menjadi cara menghilangkan komedo secara alami yang bisa Anda coba. Masker tanah liat sering kali dianggap sebagai produk yang cocok untuk kulit berminyak. Hal itu berdasarkan pada manfaatnya yang dapat menyingkirkan kotoran, minyak, dan elemen lain dari pori-pori Anda.

  1. Oatmeal dan yoghurt

Oatmeal dan yogurt dapat digunakan sebagai cara menghilangkan komedo secara alami. Caranya. campurkan dua sendok makan oatmeal, tiga sendok makan yoghurt tanpa rasa, beberapa tetes air perasan lemon, dan sedikit minyak zaitun.

Aduk semua bahan tersebut hingga rata. Kemudian oleskan campuran tersebut ke kulit wajah dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air hangat. Oatmeal dan kandungan asam laktat pada yoghurt dipercaya ampuh menghilangkan komedo secara alami.

  1. Minyak kelapa + kunyit

Kunyit dapat digunakan sebagai cara alami menghilangkan komedo karena kunyit mengandung sifat anti-radang, antijamur dan antibakteri. Jangan gunakan kunyit terlalu banyak karena bisa menyebabkan kulit berwarna kekuningan.

Oleh karena itu, sebaiknya ambil satu sendok makan kunyit bubuk asli dan campurkan dengan satu sendok makan air atau minyak kelapa untuk membentuk pasta. Setelahnya oleskan pasta ke wajah yang berkomedo dan diamkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

  1. Baking soda

Campurkan sedikit baking soda dan air hingga menjadi pasta. Kemudian, oleskan campuran ini ke kulit wajah. Diamkan beberapa menit, setelah itu bilas wajah hingga bersih.

Baking soda bertindak sebagai exfoliant (agen pengelupas) yang mampu menyingkirkan kulit mati penyumbat pori-pori wajah. Namun, jangan terapkan cara ini setiap hari karena dapat membuat kulit wajah menjadi kering.

  1. Pala dan susu

Cara  selanjutnya adalah dengan mengoleskan campuran satu sendok makan susu dengan butiran-butiran kecil biji pala ke permukaan wajah. Kemudian, gosok-gosok wajah dengan lembut untuk mengangkat kulit mati dan kotoran. Gunakan air hangat untuk membersihkan wajah.

  1. Tea tree oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil dipercaya dapat menghilangkan komedo. Caranya, oleskan langsung ke daerah yang terdapat komedo. Tea tree oil bekerja dengan cara  membunuh bakteri dan kotoran penyebab komedo menumpuk.

Beberapa produk perawatan seperti sabun dan krim yang beredar di pasaran ada yang mengandung tea tree oil. Selain itu tea tree oil juga tersedia sebagai minyak esensial.

  1. Madu dan kayu manis

Campurkan satu sendok makan madu dengan setengah sendok teh kayu manis hingga rata. Oleskan campuran tersebut ke kulit sambil memberikan pijatan pada wajah selama beberapa menit. Kemudian bilas wajah dengan air hangat.

Madu memiliki sifat antibakteri alami yang membantu membunuh bakteri kulit penyebab komedo dan bahkan jerawat. Madu yang dicampur dengan kayu manis dapat menarik keluar komedo yang menyumbat pori.

  1. Lidah buaya

Cara ini umumnya digunakan untuk perawatan rambut. Nyatanya, gel lidah buaya mengandung vitamin E dan asam folat yang juga bermanfaat untuk kulit. Kedua zat tersebut bisa melembapkan sekaligus menghilangkan komedo di wajah.

Guna membersihkan komedo, oleskan gel lidah buaya ke wajah. Diamkan zat tersebut selama kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu, basuhlah dengan menggunakan air hangat.

  1. Lemon dan garam

Cara menghilangkan komedo yang terakhir adalah menggunakan campuran lemon dan garam. Aduk air perasan jeruk lemon dengan satu sendok garam, satu sendok teh yoghurt tanpa rasa, dan sedikit madu hingga rata.

Oleskan campuran tersebut ke permukaan wajah dan diamkan selama 2-3 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat. Lemon dan tekstur garam yang kasar dipercaya mampu membantu menghilangkan kotoran yang terpendam dalam pori-pori wajah.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan komedo secara alami yang bisa Anda coba. Selamat mencoba.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel