10 Kreasi Minuman Sirup untuk Buka Puasa, Segar Seketika!

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

kreasi-sirup-doktersehat

DokterSehat.Com – Hidangan dingin, segar, dan manis merupakan hidangan yang diburu oleh kebanyakan orang untuk melepas dahaga setelah berpuasa. Minuman sirup adalah hidangan pembuka yang memenuhi kriteria tersebut. Yuk, intip aneka kreasi minuman sirup yang cocok untuk dinikmati saat buka puasa!

Aneka Kreasi Minuman Sirup yang Sangat Menyegarkan

Jenis minuman sirup tidak hanya berupa es sirup sederhana yang terbuat dari air dingin dan sirup. Ada beberapa kreasi sirup yang mudah dibuat dan menjadi lebih menarik untuk dihidangkan dan dinikmati.

Beberapa kreasi minuman sirup ini bisa memberikan inspirasi hidangan pembuka puasa untuk Anda dan keluarga:

1. Es Markisa

Es Markisa adalah jenis minuman sirup yang jarang diketahui oleh banyak orang padahal kreasi sirup yang satu ini patut dicoba. Rasanya cukup menyegarkan apalagi di tambah dengan adanya buah markisa asli yang semakin menambah kesegarannya.

Minuman ini berbahan buah markisa asli, sirup markisa, sari jeruk manis, air, dan es batu secukupnya. Anda juga bisa menambahkan 2 buah potongan jeruk nipis sebagai hiasan.

Cara membuatnya kreasi minuman es markisa cukup mudah. Campurkan semua bahan dl dama wadah lalu aduk dan masukkan es batu. Berikan hiasan irisan jeruk nipis pada bibir gelas agar tampilan lebih menarik. Mudah bukan?

2. Curacao Lime

Kreasi minuman sirup selanjutnya yang mudah dibuat untuk buka puasa adalah Curacao Lime. Sekilas, penampilannya memang menggoda dan ternyata rasanya pun juga memuaskan dahaga Anda setelah seharian menahan haus.

Curacao Lime berbahan air, sirup blue curacao, sirup jeruk nipis, dan irisan jeruk nipis. Cara membuatnya cukup tuang sirup blue curacao ke dalam gelas saki lalu masukkan sirup dan irisan jeruk nipis. Aduk rata dan tuang es batu. Rasa haus pun langsung hilang seketika!

Baca Juga: 11 Menu Buka Puasa untuk Diet (Enak & Ampuh)

3. Orange Drink

Buka puasa pakai sirup jeruk itu biasa tetapi kalau sirup jeruk dikreasikan menjadi Orange Drink maka akan lebih menarik. Bahan yang perlu disiapkan adalah sirup jeruk, susu kental manis, sirup markisa, air, dan es batu.

Proses pembuatan Orange drink ini sederhana lho. Masukkan sirup jeruk, susu kental manis, dan sirup markisa lalu aduk rata. Langkah terakhir masukkan es batu. Sajikan dan nikmati saat adzan Maghrib terdengar. Rasakan bedanya!

4. Es Sari Kelapa

Kreasi minuman sirup yang juga bisa Anda hidangkan untuk buka puasa adalah es sari kelapa. Jenis minuman sirup ini mudah dibuat dan tidak memerlukan banyak bahan. Bahan yang dibutuhkan adalah sari kelapa, sirup, air, dan es batu.

Anda bisa membeli sari kelapa yang dijual di pasar swalayan. Masukkan sari kelapa di dalam gelas saji lalu tuangkan sedikit sirup coco pandan dan aduk. Tambahkan es batu agar rasanya lebih dingin dan menyegarkan.

5. Es Timun Suri

Es timun suri kerap kali dihidangkan di bulan Ramadan. Perpaduan antara sirup coco pandan dan timun suri akan menghasilkan kreasi sirup yang tidak hanya segar dan enak teatpi juga sehat.

Bahan yang diperlukan untuk membuat es ketimun suri adalah timun suri, sirup, air, dan es batu. Pilihlah timun suri yang sudah matang agar rasanya manis dan teksturnya lembut saat dikunyah. Masukkan sirup dan es batu sesuai selera.

6. Es Selasih

Pernah mendengar es selasih? Ya, sesuai namanya, kreasi minuman sirup ini menggunakan biji selasih yang direbus. Pada umumnya, es selasih menggunakan sirup rasa coco pandan berwarna merah tetapi ada juga yang menggunakan sirup rasa melon.

Selain terbuat dari campuran biji selasih, air, dan sirup, Anda juga bisa menambahkan koktail buah atau agar-agar yang diserut. Aduk rata semua bahan di dalam gelas saji dan aduk rata. Rasa es selasih ini cukup seru karena memiliki banyak varian isi.

7. Es Kopyor

Es sirup biasa yang sederhana akan menjadi lebih menarik ketika Anda menambahkan daging buah kelapa yang mengalami mutasi secara genetik sehingga dagingnya tidak bisa menempel di batok dan teksturnya lembut (kopyor).

Akan tetapi, langkanya kelapa jenis ini membuat harga kelapa kopyor cukup mahal. Jangan bingung! Anda bisa mengganti daging kelapa kopyor dengan kopyor buatan. Kopyor buatan terbuat dari agar-agar dan santan yang rupa dan rasanya mirip kopyor.

8. Es Kolang-Kaling

Sering menemukan kolang-kaling saat Ramadan? Kolang-kaling memang biasa dijadikan takjil untuk buka puasa. Anda bisa mengkreasikannya bersama sirup sehingga menghasilkan kreasi minuman sirup yang menggoda.

Siapkanlah kolang-kaling secukupnya lalu direbus di dalam air gula. Setelah agak empuk, Anda bisa menyiramnya dengan sirup rasa coco pandan berwarna merah semalaman agar warnanya menjadi lebih cantik.

Buatlah es sirup lalu masukkan kolang-kaling yang sudah empuk dan berubah warna di dalam gelas saji. Kreasi sirup yang satu ini juga bisa ditambahkan dengan susu kental manis agar citarasanya lebih lezat.

Baca Juga: 21 Menu Takjil Buka Puasa (No. 16 Paling Enak)

9. Es Serut

Masih ingat jajanan sekolah yang satu ini? Es serut biasa dijual dalam porsi kecil. Parutan es batu yang ditambahkan sirup berwarna merah tak hanya memberikan sentuhan rasa tetapi juga penampilan.

Tak sampai situ, es serut juga dilengkapi dengan susu kental manis yang semakin membuat rasanya lebih manis dan penampilannya lebih menarik. Nah, kini Anda bisa membuat kreasi minuman sirup masa kecil ini sebagai menu buka puasa.

10. Es Pisang Ijo

Es pisang ijo juga bisa menjadi kreasi sirup karena menggunakan sirup di dalam pembuatannya. Anda bisa membelinya atau membuatnya sendiri.

Kreasi minuman sirup yang berasal dari Makassar ini terdiri dari pisang kukus dengan balutan dadar terigu hijau, larutan terigu encer atau bisa diganti dengan bubur sumsum, sirup coco pandan, susu kental manis, dan es batu.

Sudah tahu ingin mencoba jenis minuman sirup yang mana? Selamat mencoba dan menikmati. Semoga buka puasa Anda semakin nikmat bersama kreasi minuman sirup ini!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel