Dari Kesuburan Hingga Daya Tahan, Ini 6 Manfaat Mandi Air Dingin

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

mandi-air-dingin-doktersehat
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com -Dilihat dari kebiasaan mandi, kita dibagi menjadi dua kelompok besar. Ada orang yang bisa mandi dengan air dingin kapan pun dan apa pun situasinya. Namun, tidak sedikit yang hanya bisa mandi dengan air hangat. Nah, sebenarnya mandi dengan air dingin atau air hangat ini memiliki manfaat untuk kesehatan tidak, ya?

Jawabannya adalah ada. Mandi juga memberikan manfaat kesehatan khususnya kebersihan dan masalah sanitasi lainnya. Selain itu, mandi yang menggunakan air dingin juga memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat dari mandi dengan air dingin selengkapnya.

Manfaat mandi dengan air dingin

Mandi dengan air dingin memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh. Manfaat itu terdiri dari beberapa hal di bawah ini.

  1. Kemungkinan meningkatkan kadar testosteron

Ide dari manfaat mandi air dingin bisa meningkatkan kadar testosteron sudah terjadi sejak puluhan tahun silam. Banyak yang menduga kalau kadar testosteron akan meningkat dengan sendirinya kalau pria mandi dengan air dingin. Sayangnya penelitian tentu ini belum bisa dibuktikan dan masih sangat sedikit.

Dari beberapa studi yang dilakukan, perubahan yang terjadi pada tubuh saat tubuh pria terekspos udara dingin adalah peningkatan jumlah dari sperma dan juga memperbaiki bentuk dan pergerakannya. Nah, dua hal ini selalu identik dengan testosteron yang baik dan tentu saja gaya hidup yang dilakukan oleh pria.

  1. Kemungkinan meningkatkan kesuburan

Dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 silam, seorang pria yang jarang mandi dengan air hangat akan mengalami peningkatan sperma. Dari penelitian ini jumlah sperma bisa meningkat hingga 5 kali lipat. Artinya dengan mandi air dingin, jumlah sperma per mililiter air mani akan menjadi melimpah.

Namun, penelitian ini masih butuh pendamping karena dengan hanya terpapar air dingin tidak serta-merta meningkatkan jumlah sperma. Kalau pria memiliki gaya hidup buruk seperti merokok, sering minum alkohol, hingga mengalami obesitas, kemungkinan besar bisa menurunkan jumlah sel sperma.

  1. Kemungkinan meningkatkan energi

Ada dua penelitian yang dilakukan untuk mengetahui efek dari air dingin untuk tubuh khususnya yang berkaitan dengan energi. Penelitian pertama yang dilakukan pada tahun 2016 mengatakan kalau efek mandi air dingin seperti efek kafein yang memberikan energi dengan cepat.

Selanjutnya penelitian tahun 2010 mengatakan kalau dengan mandi air dingin, tubuh akan dicegah menggunakan energi terlalu banyak. Dampaknya penyembuhan di tubuh hingga inflamasi bisa diminimalkan.

  1. Kemungkinan meningkatkan metabolisme

Mandi dengan air dingin memang bisa meningkatkan metabolisme. Hal ini bisa terjadi karena temperatur yang sangat rendah bisa meningkatkan jumlah lemak cokelat di dalam tubuh dan juga membantu mengolah lemak putih. Seperti yang kita tahu, lemak cokelat atau brown fat adalah salah satu pemicu metabolisme di dalam tubuh sehingga kita bisa lebih sehat dan tentu saja langsing.

  1. Kemungkinan menyembuhkan lelah

Dari beberapa studi yang dilakukan, mandi dengan air dingin ternyata bisa membantu penyembuhan lelah. Air yang dingin meredakan nyeri dan inflamasi pada otot sehingga tubuh menjadi lebih mudah menyembuhkannya. Dari penelitian lain disebabkan kalau kondisi nyeri di otot juga bisa sembuh dengan memaparkan air dingin ke tubuh.

Dengan kemampuan ini, mereka yang sering berolahraga atau memang artis disarankan untuk mandi air dingin. Selain itu, suplemen seperti protein cepat serap juga bisa meningkatkan kecepatan penyembuhan.

  1. Kemungkinan meningkatkan imunitas

Hingga saat ini memang belum terlihat dengan jelas apakah dengan hanya mandi dengan air dingin tubuh bisa mengalami peningkatan imunitas. Namun, dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 lalu didapatkan data kalau dengan mandi air dingin, tubuh akan meningkatkan adrenalin yang fungsinya untuk mencegah inflamasi. Pencegahan ini akan membuat Anda jarang sakit.

Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2016 juga mendapatkan data kalau mandi dengan air dingin bisa meningkatkan imunitas pada beberapa orang. Namun, sampai berapa lama efeknya bekerja belum diketahui, khususnya pada mereka yang sedang sakit atau tidak enak badan.

Cara mandi dengan air dingin yang benar

Sebenarnya mandi dengan air dingin bisa dilakukan dengan cara apa pun. Namun, tidak semua orang bisa mandi dengan air dingin kalau biasanya selalu dengan air hangat. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  • Biasakan tubuh Anda terlebih dahulu. Dengan membiasakan tidur dengan air yang dingin, Anda tidak akan masalah mandi dengan air jenis apa pun. Cobalah mandi dengan air yang tidak terlalu panas, kurangi suhunya sedikit demi sedikit hingga terbiasa dengan air yang lebih dingin.
  • Mandi seperlunya saja asal sudah membersihkan tubuh. Jangan lama-lama mandi dengan air dingin karena bisa menyebabkan masalah. Beberapa orang bisa mengalami masuk angin, beser, hingga menggigil.
  • Usahakan untuk tidak berendam terlalu lama karena bisa membuat kulit jadi mengerut. Selain itu kotoran di tubuh tidak bisa mengalir dan bisa saja kembali menempel di tubuh.
  • Air yang tidak dipanaskan kemungkinan masih mengandung bakteri atau mikroba lainnya. Saat mandi atau menyikat gigi, usahakan untuk tidak menelannya dengan sengaja.
  • Kalau kondisi tubuh sedang tidak sehat, mandi air dingin akan menyebabkan sakit semakin parah. Mandilah dengan air hangat atau kalau ingin tetap pakai air dingin lap saja dengan kain.

Dari ulasan di atas terlihat dengan jelas kalau ternyata dengan hanya mandi menggunakan air dingin, tubuh bisa mendapatkan banyak manfaat yang besar. Nah, Anda sendiri bagaimana? Tipe yang suka mandi dengan air dingin atau mandi dengan menggunakan air hangat? Lalu bagaimana dengan kesehatan Anda selama ini?

 



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel