8 Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Pria dan Wanita

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

cara-menjaga-kesehatan-organ-reproduksi-doktersehat

DokterSehat.Com – Setiap sistem organ memiliki fungsi penting bagi tubuh manusia, termasuk juga sistem reproduksi. Menjaga kesehatan setiap organ reproduksi sangat penting untuk menjaga fungsi sistem reproduksi. Bagaimana cara menjaga kesehatan organ reproduksi bagi wanita dan pria?

Kapan Kesehatan Organ Reproduksi Harus Mulai Diperhatikan?

Menjaga kesehatan tubuh tentunya menjadi hal yang sudah dipelajari sejak dini. Dalam hal menjaga kesehatan reproduksi, usia remaja adalah usia di mana cara menjaga organ reproduksi harus dipelajari lebih dalam lagi.

Pasalnya usia remaja merupakan usia transisi di mana seseorang mengalami pubertas dan mengalami perubahan pada sistem reproduksinya yang mulai berfungsi. Pubertas pada remaja perempuan ditandai dengan menstruasi pertama, sedangkan pada remaja laki-laki ditandai dengan mimpi basah.

Dilansir dari laman resmi Kementrian Kesehatan RI, kesehatan reproduksi meliputi fungsi, proses, dan sistem reproduksi. Namun kesehatan ini bukan hanya dinilai dari kesehatan fisik saja, melainkan juga kesehatan mental dan juga sosial.

Sudah seharusnya remaja dibekali informasi seputar kesehatan reproduksi dan berbagai faktor yang mungkin memengaruhi sistem reproduksi. Tujuan pengenalan ini adalah agar remaja tidak melakukan hal-hal yang berisiko memberikan efek negatif terhadap kesehatan organ reproduksinya.

Menurut Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementrian Kesehatan RI, pengetahuan dasar reproduksi yang harus diketahui oleh remaja meliputi:

  • Pengenalan tentang proses, fungsi dan sistem alat reproduksi.
  • Pengetahuan tentang HIV/AIDS dan penyakit menular seksual lainnya dan risikonya terhadap kesehatan organ reproduksi.
  • Mengetahui dan menghindari kekerasan seksual.
  • Pemahaman tentang pengaruh media dan sosial terhadap aktivitas seksual.
  • Pengembangan kemampuan komunikasi, terutama dalam pembentukan kepercayaan diri. Tujuannya untuk menghindari perilaku berisiko.

Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Jadi pengenalan tentang cara menjaga organ reproduksi sudah harus dilakukan sejak usia remaja. Lalu, langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi baik untuk pria maupun wanita?

1. Menjaga kebersihan reproduksi

Menjaga kesehatan reproduksi merupakan salah satu cara menjaga kesehatan organ reproduksi paling dasar. Seperti yang kita ketahui secara umum memang kebersihan sangat terkait dengan kesehatan.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan organ reproduksi adalah seperti berikut ini:

  • Menjaga organ reproduksi agar tidak lembap. Pastikan untuk mengeringkan area kelamin menggunakan handuk yang lembut, kering dan bersih setiap diperlukan.
  • Rutin mengganti pakaian dalam paling tidak 2 kali sehari.
  • Menggunakan pakaian dalam yang nyaman dan menyerap keringat.
  • Perempuan disarankan untuk membersihkan alat kelamin dari depan ke belakang untuk mencegah kuman di anus masuk ke organ reproduksi.
  • Laki-laki disarankan untuk khitan atau sunat untuk menurunkan risiko penularan penyakit menular seksual.

2. Menghindari aktivitas seksual yang berisiko

Pemahaman tentang aktivitas seksual yang berisiko adalah hal yang penting. Aktivitas seksual berisiko memiliki beragam bentuk mulai dari hubungan seksual tanpa kontrasepsi hingga berganti-ganti pasangan. Kedua aktivitas ini sama-sama memiliki risiko tinggi menularkan penyakit seksual.

Maka dari itu, mengenalkan risiko penyakit seperti HIV/AIDS dan penyakit menular seksual lainnya pada remaja perlu dilakukan. Jika telah memahami risiko dari aktivitas dan risiko dari berbagai penyakit organ seksual, tentunya seseorang akan lebih sadar akan pentingnya aktivitas seksual yang aman.

3. Menjaga berat tubuh ideal

Menjaga berat badan ideal merupakan salah satu cara menjaga kesehatan organ reproduksi. Berat badan ideal dapat diukur menggunakan kalkulator BMI. Berat badan ideal adalah berat badan seseorang proporsional, tidak kurang dan tidak berlebihan.

Kelebihan dan kekurangan berat badan memang sering dikaitkan dengan masalah kesehatan, termasuk juga masalah kesuburan dan kesehatan sistem reproduksi. Berat badan ideal dapat menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh.

4. Asupan makanan gizi seimbang

Cara menjaga kesehatan organ reproduksi selanjutnya adalah dengan menjaga asupan makanan. Makanan yang paling baik untuk kesehatan adalah makanan dengan gizi seimbang yaitu dengan memenuhi nutrisi sesuai dengan takarannya.

5. Hindari rokok dan alkohol

Rokok dan minuman beralkohol adalah dua hal yang sebaiknya dihindari oleh pria maupun wanita. Keduanya dapat memicu berbagai macam masalah kesehatan, termasuk kesehatan reproduksi.

Kebiasan merokok dan minum alkohol pada wanita dikaitkan dengan gangguan ovulasi. Sedangkan pada pria, rokok dan alkohol dianggap dapat memengaruhi kualitas sperma.

6. Istirahat cukup

Istirahat cukup adalah salah satu kunci dari hidup sehat. Cara ini juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan organ reproduksi. Kurangnya istirahat dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang berpengaruh pada kesuburan.

7. Perhatikan produk yang digunakan

Menggunakan produk untuk area organ intim tidak bisa dilakukan sembarangan, karena area ini merupakan area yang cukup sensitif. Wanita dihimbau untuk tidak menggunakan produk pembersih organ kewanitaan secara rutin.

Produk pembersih tersebut ditakutkan akan membunuh semua bakteri baik pada area kewanitaan. Padahal bakteri ini sangat penting untuk menjaga pH area tersebut. Jika bakteri baik juga hilang, risiko infeksi justru akan lebih tinggi.

8. Memeriksakan diri secara rutin

Memeriksakan kesehatan organ reproduksi tidak harus menunggu munculnya gejala penyakit. Sering kali suatu penyakit tidak menunjukkan gejala yang dapat kita sadari. Jika penyakit baru terdeteksi ketika sudah parah, tentu akan lebih sulit untuk mengatasinya.

Pemeriksaan rutin adalah langkah untuk memastikan organ reproduksi Anda sehat dan untuk deteksi dini penyakit agar penanganannya dapat lebih cepat. Pemeriksaan ini harus dilakukan secara rutin baik bagi pria maupun wanita.

Pada dasarnya cara menjaga kesehatan organ reproduksi tidak jauh berbeda dengan cara menjaga kesehatan secara umum. Agar organ reproduksi tetap sehat, Anda sebaiknya menerapkan pola hidup sehat secara keseluruhan.

 

Sumber:

  1. Pentingnya Menjaga Kebersihan Alat Reproduksi – http://promkes.kemkes.go.id/pentingnya-menjaga-kebersihan-alat-reproduksi diakses 4 April 2019
  2. Reproductive System Health – https://www.ck12.org/biology/reproductive-system-health/lesson/Reproductive-System-Health-MS-LS/ diakses 4 April 2019


Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel