7 Cara Mengatasi Anemia dengan Efektif

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

atasi-anemia-doktersehat

DokterSehat.Com -Anemia adalah kondisi saat tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang mengalir pada pembuluh di seluruh tubuh. Kondisi ini cukup umum terjadi di seluruh dunia. Diperkirakan ada sekitar 1,6 miliar penduduk dunia yang mengalami anemia dan tubuhnya mengalami gangguan baik itu sementara atau berkelanjutan.

Dibandingkan dengan gangguan lain, anemia memang lebih mudah diatasi. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara mengatasi anemia dengan benar dan efektif. Nah, kalau Anda termasuk orang yang sering mengalami anemia dan mengalami lemas berlebihan setiap hari, lakukan beberapa hal di bawah ini.

Gejala anemia

Sebelum membahas tentang cara mengatasi anemia, ada baiknya kita membahas juga gejala dari anemia itu sendiri. Banyak orang di luaran sana tidak tahu kalau dirinya mengalami anemia pada tubuhnya sudah memunculkan beberapa tanda di bawah ini.

  • Tubuh terlihat sangat pucat terutama kulit di wajah dan tangan. Pucat adalah salah satu tanda anemia yang tidak boleh disepelekan.
  • Detak jantung berjalan lebih cepat dari biasanya dan kadang detaknya tidak senada. Kondisi ini bisa terjadi karena tubuh butuh banyak darah dengan suplai oksigen tinggi sementara tubuh masih kekurangan.
  • Napas menjadi pendek-pendek. Bahkan saat tidak lari sekalipun tubuh akan merasakan kondisi yang tidak nyaman.
  • Dada terasa sangat sakit dan berat seperti ada yang menekan.
  • Sakit kepala dengan intensitas bervariasi. Semakin parah kondisi anemia yang dialami oleh seseorang. Semakin parah pula sakit kepala yang dirasakan.
  • Beberapa jenis anemia juga menyebabkan demam, nyeri beberapa bagian tubuh, pembengkakan, sakit kuning, hingga diare.

Penyebab anemia

Anemia disebabkan oleh banyak sekali masalah. Ada yang disebabkan oleh kehilangan darah secara langsung atau kondisi kesehatan tertentu. Berikut penyebab anemia yang paling sering terjadi.

  1. Anemia karena kekurangan darah

Anemia bisa terjadi kalau zat besi di dalam tubuh mengalami penurunan. Dampaknya, sel darah merah tidak bisa diproduksi dalam jumlah banyak. Selanjutnya, kondisi anemia ini juga bisa muncul karena beberapa hal seperti kecelakaan, melahirkan, menstruasi, kanker, tumor, dan apa saja yang membuat darah keluar dari tubuh dalam jumlah banyak.

  1. Anemia karena menurunnya sel darah merah

Gangguan pada tubuh yang terjadi pada tulang belakang bisa menyebabkan gangguan berupa penurunan produksi sel darah merah. penurunan ini menyebabkan seseorang sering mengalami anemia dan tubuhnya sering mengalami lemas.

Penurunan produksi sel darah merah yang terjadi pada tubuh juga bisa disebabkan oleh sel bulan sabit pada darah dan defisiensi vitamin dan mineral. Jenis vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah adalah folat dan vitamin B-12.

  1. Penghancuran sel darah merah

Sel darah merah mengalir di dalam tubuh setiap hari. Setiap sel biasanya memiliki usia hingga 120 hari saja. Selanjutnya, sel darah merah akan dihancurkan. Tubuh biasanya menggantinya dengan cepat agar tubuh tidak mengalami anemia.

Sayangnya pada kondisi tertentu, sel darah merah banyak dihancurkan dan memaksa tubuh memproduksinya lagi dengan banyak padahal belum saatnya. Pemicu penghancuran sel darah merah terdiri dari infeksi, beberapa jenis obat, racun dari ular hipertensi, serangan autoimun, hingga darah yang sering menggumpal.

Cara mengatasi anemia dengan efektif

Anemia bisa diatasi dengan melakukan beberapa cara di bawah ini. Anda bisa menggunakan mana yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi tinggi

Zat besi sangat dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah dalam jumlah banyak. Kekurangan zat besi akan membuat tubuh mudah sekali mengalami anemia. Anda bisa mendapatkan zat besi dengan mengonsumsi makanan yang terdiri dari bayam, daging-dagingan, tahu, dan kacang-kacangan.

  1. Menggunakan suplemen zat besi

Kalau Anda takut tidak bisa mendapatkan suplai zat besi dalam jumlah banyak, ada baiknya untuk menggunakan suplemen zat besi. Anda bisa menggunakan suplemen zat besi yang sudah banyak tersedia di pasaran atau meminta resep dari dokter agar dosis yang dikonsumsi tidak salah.

  1. Membiasakan diri minum cuka apel

Cuka apel yang dilarutkan dengan air dan dikonsumsi setiap hari bisa mempercepat proses pencernan. Dampaknya, tubuh bisa segera mendapatkan suplai energi yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah.

  1. Asupan vitamin C harus ditingkatkan

Vitamin C membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh dan juga membantu pembentukan hemoglobin. Gunakan vitamin C yang berasal dari suplemen atau buah. Kalau Anda ragu, bisa konsultasikan dulu dengan dokter.

  1. Menambah konsumsi vitamin B12

Anda bisa mendapatkan B12 dari makanan atau melalui suplemen seperti cairan B12 atau mengonsumsi asam folat dalam bentuk pil yang bisa didapatkan di berbagai apotek yang ada di luaran sana.

  1. Mengonsumsi cokelat

Cokelat juga merupakan sumber zat besi yang cukup besar dan sangat direkomendasikan. Dengan mengonsumsi cokelat, Anda bisa mendapatkan suplai zat besi dalam jumlah banyak. Oh ya, kalau ingin mendapatkan manfaat dari cokelat, ada baiknya untuk mengonsumsi cokelat dengan kadar di atas 70 persen.

  1. Mengobati penyebab anemia

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, anemia disebabkan oleh banyak hal mulai dari kekurangan vitamin hingga gangguan kesehatan. Nah, cara terbaik untuk mengatasi anemia yang disebabkan oleh masalah kesehatan adalah menyembuhkan kondisi itu terlebih dahulu. Misal gangguan disebabkan oleh infeksi, kita harus mengatasi infeksi ini terlebih dahulu.

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anemia yang terjadi pada tubuh. Nah, menurut Anda semuanya, apa saja pemicu anemia yang paling sering menimpa banyak orang? Pada wanita mungkin menstruasi yang terjadi di setiap siklusnya. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda semuanya.

 



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Anemia dengan Efektif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel