Penyebab Perut Mendadak Lapar Saat Hujan

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

makan-lapar-hujan-doktersehat
Photo Source: Flickr/ Rod Waddington

DokterSehat.Com– Meski kita sudah makan atau ngemil sebelumnya, terkadang kita tetap merasa ingin makan sesuatu saat hujan turun. Biasanya, makanan-makanan yang ingin dikonsumsi adalah yang masih hangat seperti mie hangat, gorengan, dan lain-lain. Sebenarnya, apa sih penyebab utama dari keinginan untuk makan saat hujan?

Penyebab meningkatnya nafsu makan saat hujan turun

Pakar kesehatan Barrie Wolf-Radbille yang berasal dari New York University menyebut hal ini wajar terjadi pada setiap orang saat hujan turun.

“Saat hujan, suhu udara normalnya akan turun. Hal ini akan membuat tubuh mengalami peningkatan keinginan untuk mengonsumsi makanan dengan kadar kalori dan karbohidrat yang tinggi. Dengan mengonsumsi makanan-makanan ini, tubuh akan terasa lebih hangat dan nyaman,” ungkap Barrie.

Menurut Barrie, suhu udara yang dingin akan merangsang tubuh untuk berada dalam mode tertentu. Hal ini akan membuat otak mengirim sinyal ke dalam tubuh untuk menghangatkan diri. Selain ingin memakai pakaian hangat atau mengatur suhu ruangan agar lebih hangat, tubuh juga cenderung ingin mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, gula, atau pati. Kandungan-kandungan ini ternyata bisa membuat tubuh memproduksi panas secara instan dan cepat.

“Saat suhu ruangan menurun, suhu udara juga ikut menurun. Hal ini akan membuat kita ingin mengonsumsi makanan atau minuman yang bisa membuat tubuh hangat dengan cepat,” ungkap Kristin Herlocker dari Diabetes Center of America.

Semakin lama hujan, semakin sering kita merasa lapar

Jika ada orang yang berkata bahwa mereka sering merasa lapar jika hujan berlangsung dengan cukup lama, hal ini ternyata tidak mengada-ngada. Suhu udara yang mendingin dalam waktu yang lama akan membuat tubuh berusaha untuk terus menjaga suhu internalnya. Salah satunya adalah dengan terus meminta asupan makanan tinggi kalori atau karbohidrat.

Masalahnya adalah jika kita menuruti keinginan untuk terus makan tersebut, hal ini tentu akan membuat kita makan dengan berlebihan sehingga risiko untuk mengalami kenaikan berat badan akan meningkat. Jika sampai hal ini terjadi, bisa jadi kita akan terkena obesitas atau diabetes

Beberapa tips yang bisa dilakukan demi mengatasi rasa lapar saat hujan

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak sembarangan mengonsumsi makanan atau minuman saat hujan turun meskipun sangat menginginkannya.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan demi mengatasi rasa lapar saat hujan.

  1. Memperbanyak asupan protein

Mengingat makanan yang tinggi karbohidrat cenderung bisa menyebabkan kenaikan berat badan, kita bisa mengonsumsi makanan tinggi protein yang juga bisa mengenyangkan dan meningkatkan suhu tubuh saat hujan atau suhu udara menurun. Sebagai contoh, kita bisa mengonsumsi kedelai atau kacang-kacangan yang sehat dan justru bisa membantu mengendalikan nafsu makan.

  1. Cobalah untuk lebih banyak bergerak

Saat hujan, kita memang cenderung malas untuk bergerak, namun pakar kesehatan menyarankan kita untuk tetap aktif demi membuat suhu tubuh meningkat. Hal ini diharapkan bisa membantu menurunkan keinginan untuk makan berlebihan.

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan adalah beres-beres atau membersihkan rumah.

  1. Menjaga asupan air putih

Saat hujan atau suhu udara dingin, keinginan untuk minum cenderung menurun. Padahal, tubuh membutuhkan asupan air putih sekitar 1,5 hingga 2 liter setiap harinya. Memang, dengan mencukupi kebutuhan air ini, kita bisa lebih sering buang air kecil, namun hal ini juga akan membantu tubuh mengendalikan nafsu makan.

  1. Mengonsumsi minuman hangat

Alih-alih makan atau ngemil, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menikmati minuman hangat seperti teh, kopi, jahe, dan minuman hangat lainnya. Hanya saja, pastikan untuk tidak menambahkan gula pada minuman tersebut demi mencegah asupan kalori berlebihan.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel