Ngeri, Pria Ini Mabuk Hingga Bola Matanya Lepas!

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

alkohol-doktersehat
Photo Credit: Mental Floss

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika mengonsumsi minuman beralkohol bisa membahayakan kesehatan, namun pria berusia 26 tahun dari Tiongkok ini tidak menyangka jika kebiasaan minum alkohol hingga mabuk bisa membuatnya mengalami dampak kesehatan yang sangat mengerikan, yakni bola matanya sampai keluar dari kepala. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Penyebab mabuk hingga bola mata keluar

Saat mabuk berat, sang pria tersandung dan jatuh pingsan. Hanya saja, ia tak sadar jika salah satu bola matanya , tepatnya bola mata kiri, sudah terlepas. Keluarganya ada yang menemukan bola mata ini setelah melarikan sang pria ke Quan Foshan Hospital dekat dengan tempat tinggalnya.

Saat sampai di rumah sakit, mata kiri sang pria terlihat mengalami perdarahan yang cukup parah. Kelopak matanya juga terlihat membengkak. Dokter berpikir jika bola mata sang pria sudah pecah, namun pemeriksaan kesehatan justru menemukan bahwa di rongga matanya sudah tidak ada mata sama sekali. Salah satu anggota keluarganya yang ada di rumah kemudian menemukan bola mata yang sudah lepas ini.

“Sebenarnya kami sudah bersiap untuk melakukan proses anestesi dan operasi mata karena awalnya berpikir bahwa bola matanya pecah, namun keluarganya kemudian menelepon dan berkata bahwa ada bola mata yang sudah lepas. Sayangnya, saraf dan otot-ototnya sudah putus sehingga tidak bisa dipasang kembali,” ungkap dokter yang menangani kasus ini, dr. Ma Baofeng.

Sudah lepas selama tujuh jam

Setelah diperiksa, dr. Ma menyebut bola mata ini sudah lepas sekitar enam atau tujuh jam. Hal ini membuatnya sudah terkena infeksi dan kematian jaringan yang cukup parah.

“Mau tidak mau rongga matanya hanya dibersihkan dan ditutup saja, tapi kami tidak tega untuk memberitahukan pasien bahwa matanya sudah lepas saat sadar,” ungkap dr. Ma.

Dr. Ma berkata bahwa kasus bola mata yang lepas sangatlah langka. Selama 15 tahun menjadi dokter, dr. Ma hanya sempat menemukan kasus bola mata lepas tiga kali. Hanya saja, seringkali hal ini dipicu oleh kekerasan fisik, bukannya karena mabuk sebagaimana yang dialami pasien ini.

Kini, dr. Ma berencana untuk memasang bola mata palsu pada rongga mata sang pria agar wajahnya tidak terlihat begitu mengerikan.

Belum jelas apakah penyebab lepasnya bola mata ini akibat kecelakaan atau karena kondisi kesehatan tertentu. Setelah diberi tahu bahwa matanya lepas, sang pasien mengaku tidak ingat apa-apa tentang kejadian yang menimpanya karena terlalu mabuk.

Bahaya minum alkohol

Selain bisa menyebabkan mabuk berat dan hilangnya kesadaran, pakar kesehatan menyebut ada dampak kesehatan lain yang bisa didapatkan jika kita mengonsumsi minuman beralkohol.

Berikut adalah dampak-dampak kesehatan tersebut.

  1. Rusaknya otak

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan mengonsumsi alkohol lebih dari empat kali setiap bulan bisa memicu gangguan mental, kerusakan otak permanen, depresi, dan meningkatkan risiko terkena skizofrenia. Hal ini disebabkan oleh kemampuan alkohol dalam merusak sel-sel otak dengan signifikan.

  1. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Kebiasaan mengonsumsi alkohol juga bisa membuat tekanan darah naik. Bahkan, mengonsumsinya sebanyak tiga gelas saja sudah cukup untuk memberikan dampak tersebut. Masalahnya adalah jika sampai hal ini berlanjut menjadi hipertensi, maka risiko terkena penyakit jantung bisa meningkat.

  1. Kanker

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan minum alkohol lebih dari empat kali per bulan mampu meningkatkan risiko kanker mulut, kanker tenggorokan dan kanker esophagus, kanker hati, serta kanker payudara.

  1. Kerusakan hati

Hobi meminum alkohol bisa menyebabkan hepatitis alkoholik, penumpukan lemak hati, dan sirosis hati.

Melihat fakta-fakta ini, sebaiknya memang kita tidak terbiasa mengonsumsi minuman beralkohol demi menjaga kesehatan.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel