Kenalog – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

efek-samping-kenalog-doktersehat

DokterSehat.Com – Kenalog obat apa? Kenalog in orabase adalah obat yang digunakan untuk mengobati ulserasi dan inflamasi yang terjadi di dalam rongga mulut. Obat kenalog in orabase termasuk obat keras sehingga memerlukan resep dokter untuk menggunakannya.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat kenalog termasuk informasi tentang bentuk sediaan kenalog, harga kenalog in orabase, indikasi kenalog, kontraindikasi kenalog, manfaat kenalog, dosis kenalog, dan efek samping kenalog.

  • Nama: Kenalog
  • Kelas Terapi: Kortikosteroid Topikal » Obat untuk Ulserasi dan Inflamasi Mulut
  • Monografi Obat: Triamsinolon asetonid

Bentuk Sediaan Kenalog

Obat kenalog in orabase yang umumnya dijual memiliki satu bentuk sediaan, yaitu salep atau ointment. Salep kenalog ini mengandung Triamsinolon asetonid. Kandungan triamsinolon asetonid memiliki kekuatan 0,1%.

Harga Kenalog in Orabase

Kenalog in orabase bisa didapat dengan harga yang cukup terjangkau. Obat kenalog dibanderol dengan harga Rp65.000 hingga Rp70.000 per tube. Setiap tube berisikan salep kortikosteroid topikal sebanyak 5 gram.

Indikasi Kenalog

Kenalog in orabase termasuk ke dalam obat keras jadi jangan pernah menggunakannya jika Anda tidak memiliki indikasi penggunaan obat kenalog. Anda bisa menggunakan obat kenalog bila mengalami luka mulut akibat trauma atau inflamasi.

Selain itu, penggunaan obat kenalog in orabase juga bisa digunakan bagi Anda yang mengalami bisul mulut, reaksi alergi, psoriasis, dan eksim. Beberapa kondisi tersebut biasanya mengakibatkan inflamasi pada rongga mulut.

Kontraindikasi Kenalog

Anda tidak bisa menggunakan obat kenalog in orabase jika memiliki hipersensitivitas atau alergi terhadap bahan aktif triamsinolon asetonid. Hal ini dikarenakan akan menimbulkan beberapa tanda reaksi alergi.

Obat kenalog in orabase juga tidak boleh digunakan pada orang yang sedang menjalani beberapa jenis obat tertentu. Hal ini dikarenakan kandungan obat-obatan tersebut bisa menimbulkan interaksi obat dengan kandungan kenalog in orabase. Hasil dari interaksi tersebut bisa merugikan kesehatan tubuh.

Beberapa jenis obat yang bisa berinteraksi di antaranya adalah albuterol, amoksisilin, klindamisin, flonase, doksisiklin, metformin, metoprolol, metronidazole, omeprazole, penisilin, predsinon, tylenol, dan lainnya.

Peringatan Penggunaan Obat Kenalog

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan meskipun bukan sebuah kontraindikasi terhadap penggunaan obat kenalog. Sebelum Anda menggunakan kenalog in orabase, sebaiknya konsultasikanlah dengan dokter jika Anda memiliki infeksi kulit.

Selain itu, berhati-hati juga untuk menggunakan kenalog in orabase bila Anda mengalami cacar air atau infeksi herpes, tukak lambung, toksisitas mata dan diabetes. Gunakan pula obat kenalog secara hati-hati pada ibu hami, ibu menyusui, bayi, dan anak-anak.

Jangan menggunakan obat kenalog pada anak-anak, bayi, ibu hamil, dan ibu menyusui sebelum mendapatkan izin dari dokter. Meskipun belum diketahui efek samping triamnisolon asetonid terhadap usia dan kondisi tersebut, tetapi sebaiknya penggunaannya harus dilakukan secara hati-hati.

Manfaat Kenalog in Orabase

Manfaat kenalog in orabase adalah untuk mengobati ulserasi dan inflamasi di dalam mulut. Kandungan triamnisolon asetonid di dalam kenalog akan meredakan pembengkakan, rasa nyeri, dan gatal akibat trauma atau inflamasi yang sedang terjadi di dalam mulut.

Kenalog in orabase juga dapat mengurangi aksi bahan kimia di dalam tubuh yang merupakan penyebab peradangan. Obat kenalog in orabase bermanfaat untuk menyembuhkan reaksi alergi, psoriasis, dan eksim.

Obat kenalog juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan bisul di dalam mulut. Rasa nyeri yang muncul akibat bisul bisa diredakan. Selain itu, kandungan triamnisolon asetonid di dalam kenalog juga dapat mengecilkan bisul di mulut secara perlahan.

Dosis Kenalog

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat kenalog in orabase maka gunakanlah obat kenalog sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Dosis kenalog in orabase adalah sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

Cara menggunakan kenalog in orabase adalah dengan mengoleskan salep kenalog secara tipis-tipis di dalam mulut tempat terjadinya luka. Dosis tersebut bisa meningkat tergantung pada tingkat keparahan luka.

Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa rekomendasi dari dokter. Selain itu, jangan menggunakan salep kenalog dengan cara menggosok-gosok. Hal itu malah akan membuat luka di mulut semakin parah.

Efek Samping Kenalog

Kesalahan penggunaan obat kenalog in orabase dapat menimbulkan beberapa efek samping. Selain itu, kelebihan dosis atau overdosis juga bisa menyebabkan efek samping tertentu.

Efek samping kenalog in orabase yang muncul pada penderita hipersensitivitas terhadap bahan aktif triamsinolon asetonid adalah berupa tanda-tanda reaksi alergi. Adapun beberapa tanda tersebtu seperti gatal-gatal, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan Anda, dan sulit bernafas.

Apabila Anda mengalami hal tersebut maka hentikanlah penggunaan obat kenalog in orabase. Selanjutnya segeralah untuk menghubungi dokter. Hal ini bertujuan agar Anda segera mendapatkan pengobatan yang tepat dan juga bisa mencegah tingkat penyerapan triamcinolone topikal yang lebih besar lagi melalui kulit atau gusi.

Efek samping kenalog juga bisa mengganggu pola tidur sehingga dapat menimbulkan insomnia. Rasa lelah dan suasana hati yang buruk pun juga bisa muncul. Obat kenalog in orabase juga bisa menyebabkan pandangan kabur dan detak jantung tidak teratur.

Kenalog in orabase juga bisa membuat berat badan mengalami peningkatan serta wajah mengalami pembengkakan. Efek samping kenalog in orabase cukup banyak terjadi pada kulit meskipun tidak terlalu serius.

Namun, meskipun bukan merupakan efek samping yang serius tetapi ada baiknya Anda juga patut untuk mengetahuinya. Beberapa efek samping ringan obat kenalog in orabase terhadap kulit di antaranya adalah stretch mark, kulit menipis, kulit melepuh, kulit kemerahan, terbakar, gatal, dan terkelupas.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Kenalog – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel