9 Tips Merawat Gigi Behel Tetap Sehat dan Tidak Kuning

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

tips-merawat-gigi-behel-agar-tetap-sehat-doktersehat

DokterSehat.Com – Memiliki gigi yang indah dan rapi adalah impian semua orang, tak terkecuali Anda. Gigi putih, bersih, dan tertata tentunya akan menambah kepercayaan diri. Kawat gigi atau behel adalah solusi bagi Anda yang ingin mempercantik gigi. Namun, gigi yang dibehel memerlukan perawatan khusus guna menjaga kesehatannya. Bagaimana tips merawat gigi behel yang baik dan benar agar gigi tetap sehat?

Apa Itu Behel?

Kawat gigi atau behel adalah alat yang berfungsi untuk merestorasi gigi yang tidak rata, berjarak, atau maju agar memiliki bentuk ideal sehingga terlihat cantik dan tertata dengan cara memberikan penekanan terhadap gigi agar dapat bergerak ke posisi sempurna.

Setiap orang tidak terlahir dengan kondisi gigi ideal, dan dunia medis memiliki solusi untuk hal itu, yakni dengan memasangkan kawat gigi atau behel dalam jangka waktu tertentu untuk menghasilkan gigi yang indah tersebut. Itu sebabnya, semakin hari tren pemakaian behel atau kawat gigi terus mengalami peningkatan, baik kalangan anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa sekalipun.

Tips Merawat Gigi Behel Agar Tetap Sehat

Behel gigi memang bisa mempercantik tampilan gigi Anda. Tetapi, gigi behel pun membutuhkan perawatan khusus agar kesehatan gigi tetap terjaga. Ini karena saat memakai behel, gigi akan terhalangi oleh behel sehingga lebih sulit untuk menjangkau area gigi terutama di sela-selanya. Berikut ini cara merawat gigi behel yang bisa Anda praktikan.

1. Berkumur Menggunakan Air Garam

Tips yang pertama ini khusus untuk Anda yang giginya baru saja dipasangi behel. Saat baru pertama kali menggunakan behel, pastinya Anda akan merasakan nyeri di area gigi, bukan? Ini disebabkan gigi belum bisa beradaptasi dengan tekanan yang diberikan oleh kawat gigi.

Guna meredakan rasa nyeri tersebut, yang bisa Anda lakukan adalah dengan berkumur menggunakan segelas air yang sudah dicampur 2 sendok makan garam. Berkumurlah secara rutin dua kali sehari saat pagi dan malam hari.

2. Menggosok Gigi dengan Sikat Gigi Khusus

Gigi behel bukan berarti tidak bisa dibersihkan, ya. Justru Anda harus lebih rajin menggosok gigi agar tidak terjadi plak akibat penumpukan sisa makanan di gigi maupun di sela-sela kawat gigi.

Selain itu, rajin menggosok gigi juga mencegah gigi Anda agar tidak kuning, yang mana hal ini akan mengurangi estetika gigi. Cara merawat gigi behel agar tidak kuning dan bebas plak adalah dengan menggosoknya menggunakan sikat gigi khusus yang memiliki bulu sikat halus, dan pasta gigi ber-flouride untuk mencerahkan gigi serta mencegah pengeroposan.

Kemudian, gosok gigi secara perlahan dengan gerakan naik turun ke sela-sela gigi dan behel selama 3-5 menit. Lakukan kegiatan ini secara rutin 2-3 kali dalam sehari, yaitu pagi hari, siang sehabis makan, dan malam sebelum tidur.

3. Membersihkan Sisa Makanan dengan Benang Gigi

Selain menyikat gigi secara teratur, cara merawat gigi behel juga dengan membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di sela-gigi ataupun kawat menggunakan benang gigi khusus atau disebut dental floss.

Ini penting untuk dilakukan karena gigi yang berbehel lebih rentan membentuk karang jika tidak diperhatikan secara serius. Anda bisa mempraktikan cara ini setelah menggosok gigi terlebih dahulu.

4. Berkumur dengan Obat Kumur

Kalau tadi air garam diperuntukkan untuk menghilangkan nyeri saat baru menggunakan behel, maka setelah behel terpasang sekian lama, Anda tetap perlu berkumur, namun kali ini menggunakan obat kumur yang banyak ditemui di pasaran.

Berkumur menggunakan obat kumur (mouthwash) adalah cara merawat gigi behel yang efektif membantu melawan kuman dan bakteri penyebab bau mulut dan gigi berlubang. Obat kumur diperkaya dengan sejumlah zat yang penting untuk merawat gigi dan mulut sehingga jangan sampai Anda luput dari aktivitas ini. Pakailah obat kumur setiap habis menggosok gigi.

5. Tidak Mengonsumsi Makanan Lengket

Cara merawat gigi behel juga bisa dengan sebisa mungkin menghindari konsumsi makanan-makan yang lengket seperti permen karet, marshmallow, atau dodol. Makanan-makanan tersebut cenderung mudah untuk menempel di sela-sela behel dan gigi, namun agak sulit untuk dilepaskan. Hal ini tentu saja berpotensi menimbulkan pengeroposan gigi dan berkembangnya kuman.

6. Menghindari Makanan Keras yang Meninggalkan Remah-Remah

Selain makanan lengket, cara merawat gigi behel agar tetap sehat bebas kuman adalah menghindari makanan-makanan keras seperti coklat, kerupuk, dan kacang yang mana ketika dikunyah, akan meninggalkan remah-remah yang bisa menempel di gigi dan sela-sela kawat.

Kalaupun mengonsumsi makanan-makanan tersebut, sehabis itu langsung berkumur dan menggosok gigi agar tidak ada remah-remah tertinggal yang bisa merusak gigi dan kawat gigi.

7. Hindari Minuman Bersoda

Ada baiknya jika Anda juga menghindari konsumsi minuman bersoda sebagai cara merawat gigi behel agar tetap sehat. Kandungan soda pada minuman ringan berpotensi menimbulkan plak pada gigi, dan kerusakan pada kawat gigi akibat reaksi soda terhadap besi kawat.

8. Rutin Periksa Diri Ke Dokter Gigi

Selama behel atau kawat gigi terpasang di gigi Anda, selama itu pula Anda wajib untuk rutin melakukan Kontrol atau check-up ke dokter gigi dalam kurun waktu 1-3 bulan sekali tergantung saran dari dokter gigi atau orthodontist Anda.

Kontrol gigi behel sebagai cara merawat gigi behel agar tetap sehat menjadi penting karena disinilah perkembangan gigi Anda dilihat, sekaligus juga penggantian kawat dan karet behel yang memang harus dilakukan secara berkala agar tetap higienis.

9Memakai Retainer

Pasca behel dilepas, bukan berarti urusan Anda dengan gigi selesai begitu saja. Selama 1-2 tahun setelah behel atau kawat gigi dilepas, dokter akan meminta Anda untuk menggunakan alat yang dinamakan retainer. Retainer adalah alat yang berfungsi untuk menjaga gigi agar tidak kembali ke kondisi sebelum gigi dipasangi behel.

Penggunaan retainer adalah cara merawat gigi behel pasca terapi pembetulan gigi yang mutlak dijalani oleh Anda yang mengunakan kawat gigi. Gunakan alat ini secara rutin atau usaha Anda merapikan gigi selama ini akan sia-sia.

Itu dia tips atau cara merawat gigig behel agar tetap sehat dan bebas dari infkesi kuman atau bakteri. Gigi indah dan rapi akan percuma jika tidak terjaga kesehatannya. Jangan malas merawat gigi Anda, ya. Semoga bermanfaat!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel