7 Jenis Nyeri pada Tubuh dan Cara Mengatasinya

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

jenis-nyeri-doktersehat

DokterSehat.Com – Nyeri atau rasa sakit pada tubuh adalah hal biasa yang bisa dialami oleh banyak orang. Pada beberapa bagian tubuh, nyeri bisa muncul dan menyebabkan cukup banyak masalah. Nyeri yang sesekali muncul mungkin tidak akan menyebabkan gangguan signifikan, tapi nyeri yang terjadi berkali-kali bisa mengganggu aktivitas.

Nah, agar kita lebih bisa memahami masalah nyeri pada tubuh dan cara penanganannya, simak beberapa ulasan di bawah ini dengan saksama.

Berbagai jenis nyeri pada tubuh

Nyeri pada tubuh terkadang kita abaikan karena bisa hilang dengan sendirinya. Namun, beberapa nyeri pada tubuh bisa menyebabkan masalah yang cukup berat. Oleh karena itu pahami nyeri, lokasi, intensitas, dan cara penanganannya.

  1. Nyeri kepala

Nyeri pada kepala bisa terjadi karena banyak hal. Yang paling sering adalah nyeri akibat sakit kepala biasa atau migrain. Nyeri ini bisa muncul karena ada faktor kelelahan dan juga gangguan tidur setiap malamnya. Selain itu infeksi di sekitar kepala atau otak hingga munculnya tumor juga bisa menyebabkan masalah ini menjadi lebih kronis.

Cara menyembuhkan atau mengatasi nyeri di kepala ada banyak. Kalau hanya sekadar pusing biasa saja tidur dan obat anti nyeri seperti Paracetamol mungkin bisa mengatasi. Namun, kalau penyebab nyeri adalah tumor atau infeksi, penanganan lebih serius harus dilakukan termasuk mungkin melakukan operasi.

  1. Nyeri tulang belakang

Nyeri di tulang bagian belakang bisa terjadi di bagian atas atau di bagian bawah. Di bagian atas nyeri bisa muncul karena Anda sering mengangkat barang berat sehingga area itu mengalami lelah dan butuh istirahat.

Selanjutnya di bagian tulang belakang bawah. Nyeri bagian ini bisa disebabkan karena kondisi tubuh terlalu lelah atau ada gangguan di ginjal. Biasanya inflamasi di ginjal terasa sampai tulang belakang bawah.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menempelkan koyok di bagian nyeri, minum obat nyeri, dan beristirahat. Minum yang lebih teratur hingga mengonsumsi obat untuk mengatasi masalah ginjal juga bisa menjadi solusi.

  1. Nyeri leher

Nyeri pada leher bisa terjadi karena beberapa hal. Yang paling umum terjadi adalah posisi tidur yang tidak tepat. Akibatnya, area leher menjadi sangat kaku dan bisa membuat Anda tidak nyaman.

Selain posisi tidur beberapa masalah seperti arthritis hingga kanker di tulang belakang juga bisa memicu nyeri. Nyeri akibat gangguan ini biasanya lebih intens dan muncul lebih sering.

Cara terbaik mengatasi masalah nyeri ini adalah dengan memberikan salep hangat di leher. Mengistirahatkan tubuh dengan posisi yang benar. Terakhir kalau sakitnya lebih intens, dokter akan memberikan obat untuk meredakannya.

  1. Nyeri otot

Nyeri otot terjadi di hampir semua tubuh yang sering dilatih secara intens. Misal Anda melatih tubuh bagian bawah seperti kaki, nyeri otot akan terasa kuat sehingga Anda susah untuk berjalan dengan baik.

Nyeri otot bisa diatasi dengan mengistirahatkan bagian tubuh yang nyeri. Mengonsumsi obat anti nyeri dan inflamasi bisa menurunkan rasa sakit. Terakhir, vitamin B kompleks juga bisa membantu menyembuhkan nyeri dengan cepat. Lakukan olahraga dengan baik tanpa berlebihan agar tidak terjadi nyeri otot atau delayed onset muscle soreness.

  1. Osteoarthritis

Nyeri ini terjadi di persendian. Perasaan nyeri yang intens hingga persendian terasa kaku bisa terjadi. Dampaknya, Anda akan susah bergerak dengan bebas. Sedikit saja melakukan gerakan yang cepat akan terasa sangat sakit.

Cara mengatasi nyeri ini adalah dengan mengatasi masalah persendiannya. Misal diberi obat agar bagian itu tidak kaku lagi. Selanjutnya rasa nyeri dan inflamasi yang terjadi bisa diatasi dengan obat yang tersedia di apotek dengan resep dokter tentunya.

  1. Nyeri pelvis

Nyeri di pelvis lebih banyak dialami oleh wanita. Meski demikian pria juga bisa mengalaminya kalau ada masalah pada kandung kemih dan juga prostat. Sementara itu pada wanita, nyeri pada pelvis disebabkan oleh menstruasi, munculnya endometriosis, mioma, hingga gangguan di sistem reproduksi wanita lainnya.

Cara terbaik mengatasi nyeri pada bagian ini harus disesuaikan dengan penyebabnya. Pembedahan sering dilakukan untuk menghilangkan nyeri dan perdarahan yang berisiko. Selanjutnya, penggunaan kontrasepsi hormonal juga bisa mengatasi nyeri pada wanita. Pada pria, obat anti nyeri bisa digunakan. Namun kalau sudah ada tanda perdarahan di air mani dan urine, penanganan serius seperti pembedahan mungkin harus dilakukan

  1. Nyeri perut

Nyeri pada perut sering terjadi pada siapa saja. Nyeri menyebabkan area perut terasa kaku, dingin, melilit, dan tidak nyaman. Beberapa orang mengalami nyeri di perut karena salah mengonsumsi sesuatu. Misal makan sesuatu yang terlalu pedas atau asam.

Nyeri perut juga bisa disebabkan oleh kembung. Anda bisa mengalami kembung karena salah makan dan membuat usus dan lambung tertekan udara yang cukup banyak. Selain udara, infeksi juga bisa menyebabkan nyeri di perut seperti infeksi di usus dan apendiks. Sindrom iritasi di usus juga bisa menyebabkan masalah ini.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah tahu penyebabnya. Misal penyebabnya adalah infeksi usus buntu, operasi harus dilakukan. Kalau penyebabnya adalah kembung dan begah, obat penurun gas bisa digunakan dan menghindari makanan yang memicu munculnya gas di dalam perut. Untuk infeksi usus, opname dan pemberian obat khusus sangat dianjurkan.

Demikian ulasan tentang jenis nyeri yang terjadi pada tubuh dan bagaimana cara terbaik untuk menanganinya. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat untuk Anda yang sering mengalami nyeri pada tubuhnya. Nyeri harus segera diatasi dan diperiksakan karena bisa jadi berbahaya untuk tubuh.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel