5 Efek Buruk Menggunakan Tisu Basah untuk Wajah!

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

DokterSehat.Com– Karena sedang tidak ada air atau terlalu malas untuk pergi ke kamar mandi dan mencuci muka, sebagian orang memilih untuk membersihkan badannya dengan tisu basah untuk wajah. Logikanya, tisu basah  untuk muka yang praktis digunakan ini memang bisa membuat berbagai kotoran terangkat layaknya saat kita menggunakan air. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa penggunaan tisu basah untuk wajah sangat tidak direkomendasikan karena bisa memicu masalah kesehatan kulit.

Efek Membersihkan Wajak Pakai Tisu Basah

Berikut ini adalah dampak yang ditimbulkan jika menggunakan tisu basah pada wajah, di antaranya:

1. Kulit kering

Tisu basah memiliki kandungan alkohol yang ditujukan untuk membunuh bakteri. Memang, manfaat tisu basah untuk wajah yang mengandungan alkohol ini bisa membersihkan bahan kimia make-up dengan cukup efektif. Sayangnya, alkohol bisa membuat kulit menjadi lebih kering.

Baca juga: Resep Wajah Mulus Seperti Kulit Bayi

2. Keriput

Memakai tisu basah wajah juga akan bisa menyebabkan kulit semakin berkeriput. Hal ini disebabkan oleh proses pembersihan dengan tisu basah yang tidak benar-benar efektif mengangkat berbagai kotoran dan sel kulit mati. Hal ini akan membuat kulit menjadi kusam dan mudah menua.

3. Jerawat

Tisu basah untuk wajah tidak akan efektif membersihkan kotoran dan sel kulit mati sehingga akan menyebabkan tersumbatnya pori-pori dan memicu datangnya jerawat.

4. Iritasi kulit

Tisu basah untuk muka memiliki bahan kimia seperti surfaktan yang bisa memicu iritasi atau kemerahan pada sebagian orang yang memiliki masalah kulit sensitif. Kerap menggunakannya tentu akan membuat iritasi kulit menjadi semakin parah.

5. Kantung mata menjadi lebih kendur

Jika membersihkan kulit wajah dengan cara menggosokkan tisu basah dengan keras pada area kantung mata, maka kulit akan semakin mengendur sehingga akan menyebabkan masalah kantung mata.

mencuci wajah dengan cleanser jauh lebih efektif karena apabila membersihkan dengan tissue basah meninggalkan residue sehingga dapat menyebabkan kulir kering, iritasi dan jerawat. Beberapa merk tissue basah yang mengandung senyawa kimia formaldehyde yang seringsekali menjadi penyebab reaksi alergi dan dapat memicu kanker.

Melihat adanya fakta ini, sebaiknya mencuci wajah dengan cleanser yang jauh lebih efektif karena apabila membersihkan dengan tisu basah dapat meninggalkan residu sehingga bisa menyebabkan kulir kering, iritasi dan jerawat. Beberapa merk tisu basah mengandung senyawa kimia formaldehyde yang seringsekali menjadi penyebab reaksi alergi dan dapat memicu kanker.

Baca juga: Penggunaan Tisu Basah Untuk Bayi Dapat Memicu Alergi Makanan?

Tips Membersihkan Wajah di Rumah

Berikut adalah langkah yang harus Anda ikuti saat membersihkan wajah di rumah agar kulit bercahaya, bebas dari sel kulit mati dan kotoran:

1. Mengangkat makeup

Langkah awal dimulai dengan membersihkan makeup dan kotoran di wajah dengan susu pembersih, makeup remover atau micellar water. Apabila Anda menggunakan heavy makeup seperti foundation, lebih baik menggunakan makeup remover atau micellar water untuk membersihkan makeup. Apabila Anda menggunakan makeup waterproof  (tahan air), pilihlah makeup remover yangg mempunyai berbahan dasar oil sehingga dapat melarutkan makeup waterproof.

2. Mencuci wajah

Cuci wajah secara menyeluruh dengan pembersih wajah atau cuci muka, dan keringkan wajah dengan menepuknya menggunakan handuk lembut. Hindari air panas saat mengeringkan kulit. Selanjutnya, oleskan pembersih pada kapas atau lap wajah untuk menghilangkan kotoran yang tersisa pada pori-pori.

2. Steam

Steam kulit wajah selama 5 menit, yang biasanya dilakukan di klinik atau tempat facial. Setelah steam selesai, kemudian bersihkan wajah dengan tisu wajah secara lembut. Langkah ini efektif untuk kulit berminyak. Pijat wajah menggunakan es batu (dalam gerakan melingkar), untuk mengencangkan pori-pori dan mengembalikan suhu kulit ke normal.

3. Scrub

Lanjutkan dengan menerapkan scrub wajah selama beberapa menit karena dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, yang membuat kulit Anda terlihat kusam. Anda juga dapat menerapkan campuran gula dan madu di bagian yang sama untuk mengelupas kulit Anda secara alami. Gosok wajah selama 5 menit, lalu biarkan selama 3 menit atau lebih, sebelum mencucinya.

Apabila wajah Anda kering dan sensitif, sebaiknya tidak melakukan scrub karena dapat mengakibatkan iritasi wajah. Apabila Anda mempunyai jerawat aktif yang meradang, sebaiknya bagian wajah tersebut juga tidak menggunkan scrub secara berlebihan.

4. Masker wajah

Tidak peduli apa jenis kulit Anda, aplikasi pace pack yang melembapkan membuat kulit Anda lembut dan juga meningkatkan warna kulit. Jika memiliki kombinasi dengan kulit berminyak, aplikasikan paket wajah yang mengandung multani mitti, karena menyerap kelebihan minyak. Pisang, tomat dan pepaya juga dikenal memiliki efek membersihkan dan mengencangkan kulit. Jika Anda memiliki kulit normal kering dan ingin tampak natural, campur bubuk cendana dengan air mawar dan menerapkan campuran ini di wajah hingga kering.

Baca juga: 7 Langkah Bersihkan Make up dengan Benar

5. Toner

Oleskan toner buatan sendiri di wajah, seperti jus mentimun dan air mawar, yang membantu menjaga keseimbangan pH kulit.

Langkah ini bertujuan untuk menyeimbangkan pH pada wajah dan membantu penyerapan kulit terhadap moisturizer, serum atau produk skincare lain yang akan diggunakan setelahnya.

6. Moisturizer

Terakhir, oleskan krim yang bergizi pada wajah dan leher. Jangan lupa untuk melembapkan wajah sebelum tidur.

Untuk hasil terbaik, ikuti rutinitas di atas setiap hari, karena cara ini memungkinkan kulit untuk bernapas dan membuat kulit wajah segar di pagi hari ya, Teman Sehat!

Manfaat Membersihkan Wajah

Setelah mengetahui bagaimana cara membersihan wajah dengan benar di rumah, berikut ini manfaat membersihkan wajah yang bisa Anda dapatkan:

  • Meningkatkan tekstur kulit dan bikin wajah makin bercahaya
  • Memudarkan intik-bintik, noda, menghilangkan komedo dan jerawat
  • Meningkatkan sirkulasi darah di wajah sehingga kulit menjadi lebih sehat
  • Menjaga kulit terhidrasi dan bergizi


Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel