16 Makanan Penambah Stamina Tubuh (Kuat di Atas Ranjang)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

makanan-penambah-stamina-doktersehat

DokterSehat.Com – Pasca melakukan aktivitas berat seperti berolahraga dan bekerja, atau ketika sedang sakit, tubuh akan kehilangan banyak energi sehingga yang terjadi selanjutnya adalah penurunan stamina. Saat stamina turun, Anda akan merasa letih dan lesu. Guna mengembalikan stamina, ada sejumlah makanan bisa Anda konsumsi. Lantas, apa saja makanan penambah stamina tubuh?

Kandungan Makanan Penambah Stamina Tubuh

Untuk menambah stamina tubuh, ada banyak makanan penambah stamina yang bisa Anda konsumsi. Makanan-makanan tersebut mengandung sejumlah zat penting, seperti karbohidrat kompleks, vitamin B, vitamin C, protein, zat besi, dan potasium yang memang merupakan sumber energi terbaik bagi tubuh, pun membantu penyerapan zat gizi.

Sebagai contoh zat besi. Zat besi adalah mineral yang berperan penting dalam produksi hemoglobin di dalam darah. Hemoglobin inilah yang bertugas ‘membawa’ oksigen dan zat gizi untuk disalurkan ke seluruh tubuh sehingga tubuh menjadi berstamina dan berfungsi baik.

16 Daftar Makanan Penambah Stamina yang Wajib Dikonsumsi

Agar tubuh Anda senantiasa penuh stamina, maka mengonsumsi makanan bergizi menjadi suatu keharusan. Berikut ini adalah daftar makanan penambah stamina untuk konsumsi Anda sehari-hari.

1. Telur Ayam

Telur ayam adalah makanan penambah stamina yang wajib Anda konsumsi bila ingin tubuh tetap fit sepanjang hari. Telur ayam (terutama ayam kampung) diperkaya dengan protein yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh.

Jadikan telur ayam sebagai menu harian Anda guna menjaga stamina, tentunya selama konsumsi masih berada dalam batas kewajaran dan tidak berlebihan, ya.

2. Pisang

Buah berkulit kuning ini memang memiliki banyak manfaat bagi kesehtan tubuh, tak terkecuali untuk meningkatkan stamina tubuh. Pisang mengandung sejumlah zat penambah stamina dan energi, seperti karbohidrat kompleks, serat, potasium, dan vitamin C.

Zat-zat tersebut efektif mengembalikan stamina pasca aktivitas berat maupun penyakit yang menguras tenaga kita. Jadi, saat tubuh Anda terasa lemas dan lesu, cobalah untuk makan beberapa buah pisang dan rasakan efek positifnya!

3. Jeruk

Selain pisang, jeruk juga salah satu makanan penambah stamina. Saat Anda terserang penyakit seperti flu, mengonsumsi jeruk disarankan guna menjaga agar tubuh tidak kehilangan stamina dan energi selama masa penyembuhan. Manfaat jeruk untuk menambah stamina dikarenakan jeruk mengandung vitamin C dan serat.

Selain jeruk, buah-buahan lainnya yang mengandung vitamin C seperti kiwi, jambu biji, dan lemon juga efektif guna membantu tubuh mendapatkan kembali energinya.

4. Apel

Buah berwarna merah ini diperkaya dengan zat besi yang berperan penting dalam produksi hemoglobin sebagai ‘petugas’ pembawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, tak terkecuali otak dan otot-otot sehingga tubuh senantiasa sehat dan penuh energi.

5. Bayam

Bayam mengandung magnesium dan zat besi sehingga tak salah jika memasukkan sayuran ini ke dalam daftar makanan penambah stamina. Sebagaimana diketahui, zat besi memiliki fungsi untuk memproduksi hemoglobin.

Hemoglobin ini sendiri nantinya bertugas menyalurkan oksigen dan nutrisi ke seluruh area tubuh sehingga tubuh senantiasa mendapat asupan oksigen dan nutrisi yang ideal. Tubuh pun tidak akan mudah lelah dan lesu.

6. Daging

Zat besi juga bisa ditemui pada daging-dagingan, seperti daging sapi dan daging ayam. Alangkah baiknya jika Anda juga rutin mengonsumsi daging guna menambah stamina, sehingga bisa beraktivitas dengan baik, termasuk aktivitas di atas ranjang bersama pasangan!

7. Ikan

Makanan penambah stamina selanjutnya adalah ikan, terutama ikan tuna. Ikan mengandung 50 gram protein per 100 gram-nya. Itu artinya, setengah dari total kandungan nutrisi ikan adalah protein, jumlah yang sangat tinggi dan tentunya efektif untuk meningkatkan stamina tubuh.

Sehabis berolahraga atau saat sedang sakit, selain istirahat yang cukup, makan ikan juga akan mempercepat proses peningkatan stamina dan energi tubuh Anda.

8. Beras Merah

Alih-alih beras putih, Anda bisa menggantinya dengan beras merah. Ya, beras merah memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang lebih banyak daripada beras putih sehingga mengonsumsinya bisa lebih menambah stamina tubuh.

Selain itu, makanan penambah stamina yang satu ini juga diperkaya dengan nutrisi lainnya seperti serat, dan sifatnya yang lebih muda dicerna ketimbang nasi putih.

9. Roti Gandum

Roti gandum juga diperkaya dengan karbohidrat kompleks yang efektif meningkatkan stamina tubuh. Anda bisa mengonsumsi roti di pagi hari saat sarapan, atau sore hari saat tubuh sedang lemas-lemasnya akibat bekerja. Agar mendapatkan hasil lebih maksimal, Anda bisa menambahkan selai kacang pada roti gandum.

Selai kacang mengandung lemak dan protein yang bisa menghasilakn energi bagi tubuh. Tak hanya itu, mengonsumsi selai kacang juga dipercaya dapat merawat kesehatan jantung, lho.

10. Air Mineral

Tubuh yang tidak berstamina juga bisa diakibatkan oleh kurangnya asupan cairan sehingga menimbulkan dehidrasi. Oleh sebab itu, perbanyaklah minum air mineral guna menambah stamina tubuh, sekaligus membuang racun-racun berbahaya di dalam tubuh.

11. Oatmeal

Makanan peningkat stamina tubuh yang satu ini diperkaya dengan kandungan karbohidrat kompleks sehingga menimbulkan efek kenyang yang lebih lama, sehingga cadangan energi di dalam tubuh tidak cepat habis. Oatmeal bisa Anda konsumsi dengan mencampurkannya dengan buah-buahan seperti strawberry dan pisang agar semakin menyehatkan, pun nikmat.

12. Kacang Kedelai

Mengonsumsi kacang kedelai secara rutin juga bisa menjaga stamina tubuh Anda. Hal ini karena bahan pembuat tempe dan tersebut mengandung protein, juga vitamin dan mineral. Mulai dari sekarang, jangan segan untuk rutin mengonsumsi kacang kedelai, ya.

13. Anggur

Buah anggur, terutama anggur merah diperkaya oleh zat yang mampu menambah energi tubuh. Zat itu adalah resveratrol. Tak hanya itu, anggur juga mengandung gula sebagai sumber energi utama bagi tubuh.

14. Kopi

Hampir semua orang setuju jika kopi adalah solusi untuk menambah stamina. Itu sebabnya banyak orang, terutama mereka yang bekerja, kerap mengonsumsi minuman penambah stamina satu ini di sela-sela aktivitas kerja guna.

Kopi memang efektif dalam menghasilkan energi. sehingga ketika mengonsumsinya, Anda dengan segera bisa kembali bugar dan fokus. Namun perlu diingat, sebaiknya konsumsi kopi sewajarnya saja karena kafein yang terkandung dalam kopi apabila dikonsumsi secara berlebihan justru dapat menimbulkan penyakit, terutama berkaitan dengan lambung.

15. Almond

Jenis kacang-kacangan yang biasa kita temui di makanan ringan seperti cokelat kemasan ini juga merupakan makanan penambah stamina karena mengandung asam lemak omega-3. Selain itu, manfaat kacang almond bagi kesehatan antara lain meminimalisir risiko penyakit jantung, meningkatkan fungsi otak, dan memperkuat tulang.

16. Jagung

Anda suka jagung? Jika ya dan saat ini kondisi stamina tubuh Anda baik-baik saja, maka itu adalah hal yang wajar karena memang jagung berkhasiat untuk menambah stamina. Kelebihan jangung ini tidak lepas dari kandungan glikogen, yaitu zat energi siap pakai saat makanan ini masuk ke dalam tubuh.

Cara Menambah Stamina Selain Mengonsumsi Makanan Penambah Stamina

Tak hanya mengonsumsi makanan bergizi, cara menambah stamina juga harus diimbangi dengan sejumlah aktivitas menyehatkan. Berikut beberapa tips menambah stamina yang bisa Anda praktikan agar tubuh tidak cepat lelah.

1. Istirahat Cukup

Ibarat mesin, tubuh juga memerlukan istirahat agar tetap bisa bekerja normal saat digunakan untuk berkativitas kembali. Tubuh yang kurang istirahat otomatis menimbulkan rasa letih dan lesu. Namun, istirahat seperti tidur yang berlebihan juga tidak baik. Jadi, aturlah waktu istirahat Anda agar cukup, seperti tidur 8-9 jam dalam sehari.

2. Mendengarkan Musik

Percaya atau tidak, sebuah penelitian yang dirilis oleh Journal of Clinical and Diagnostic Research pada 2016 mengungkapkan bahwasanya mendengarkan musik, terutama saat berolahraga maupun bekerja, efektif menambah stamina dan energi tubuh.

Studi tersebut mengatakan bahwa orang-orang yang memiliki detak jantung lambat, menjadi lebih bersemangat dan tidak mudah lelah ketika berolahraga sambil mendengarkan musik.

Kendati baik, namun jangan terlalu lama mendengarkan musik, ya. Apalagi dengan volume yang terlalu keras karena bukan tidak mungkin kebiasaan ini bisa merusak kuping Anda.

3. Olahraga Teratur

Kurang berstaminanya tubuh Anda bisa saja merupakan efek samping dari tubuh yang jarang bergerak. Oleh karena itu, rajin-rajinlah berolahraga agar tubuh senatiasa bugar dan penuh stamina. Tak usah muluk-muluk, luangkan saja 1 – 1,5 jam di pagi hari untuk jogging atau senam. Dengan begitu, tubuh tidak akan mudah lelah apalagi rentan terserang penyakit.

Itu dia informasi mengenai makanan untuk menambah stamina, juga kegiatan sehat yang bisa meningkatkan stamina Anda. Semoga bermanfaat!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "16 Makanan Penambah Stamina Tubuh (Kuat di Atas Ranjang)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel