15 Manfaat Telur Puyuh bagi Kesehatan Tubuh (No. 13 Penting)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

manfaat-telur-puyuh-doktersehat

DokterSehat.Com – Anda suka makan telur puyuh? Jangan salah, di balik bentuknya yang mungil, telur puyuh yang berasal dari burung puyuh ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Hal ini karena telur puyuh mengandung sejumlah vitamin dan nutrisi lainnya. Apa manfaat telur puyuh untuk kesehatan?

Apa Itu Telur Puyuh?

Telur puyuh adalah telur yang dihasilkan oleh burung puyuh (Coturnix coturnix). Teksturnya hampir sama dengan telur ayam biasa, hanya ukurannya saja yang jauh lebih kecil dibandingkan telur ayam maupun bebek. Telur puyuh memiliki cangkang atau kulit berwarna putih pucat disertai motif coklat. Telur ini biasa kita jumpai dalam berbagai hidangan, seperti sayur sop dan bubur ayam.

15 Manfaat Telur Puyuh bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat telur puyuh bagi kesehatan ada banyak. Hal ini tidak lepas dari kandungan sejumlah vitamin dan zat bernutrisi lainnya yang ada di dalam telur tersebut, antara lain protein, vitamin A, vitamin B, hingga asam amino. Berikut ini manfaat telur puyuh yang perlu Anda ketahui.

1. Menjaga Kesehatan Gigi

Telur puyuh mengandung zinc. Zinc adalah mineral yang memiliki peran penting dalam merawat kesehatan gigi, pun mengatasi masalah bau mulut.

Tidak hanya itu, zinc pada telur puyuh juga efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu pembentukan sel, dan meningkatkan kesuburan.

2. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Satu porsi telur puyuh (sekitar 5 butir) mengandung 244 IU vitamin A dan 119 mg kolin. Telur puyuh menyumbang 8-10 persen dari jumlah total asupan vitamin A harian, dan 22-28 persen asupan kiln harian.

Kedua zat tersebut efektif dalam mencegah infeksi, tak terkecuali meminimalisir risiko penyakit jantung. Bagi Anda yang ingin terbebas dari risiko penyakit jantung, mulailah konsumsi telur puyuh secara rutin mulai dari sekarang.

3. Penambah Stamina

Sama seperti telur ayam, telur puyuh juga kaya akan protein. Lima butir telur puyuh mengandung sekitar 6-gram protein, atau setara dengan kandungan protein dalam 1 butir telur ayam. Adanya protein pada telur puyuh menjadikan telur ini berkhasiat untuk menambah stamina tubuh, juga menambah massa otot.

4. Mencegah Anemia

Anemia adalah penyakit kekurangan darah yang diakibatkan oleh jumlah hemoglobin yang kurang. Padahal, hemoglobin adalah zat dalam sel darah bertugas untuk mendistribusikan darh dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Zat besi adalah zat yang berperan penting dalam produksi hemoglobin. Asupan zat besi yang cukup tentu akan membuat kadar hemoglobin dalam darah stabil. Telur puyuh adalah salah satu sumber zat besi terbaik yang bisa Anda dapatkan guna mencegah anemia.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat telur puyuh untuk mata dikarenakan telur yang satu ini kaya akan kandungan vitamin A dan juga vitamin B2 (riboflavin). Konsumsi telur puyuh secara rutin tentunya akan membuat fungsi mata selalu optimal dan menghindari mata mengalami sejumlah gangguan seperti kornea rusak dan katarak.

6. Mencegah Kanker

Risiko kanker dapat dikurangi dengan cara mengonsumsi telur puyuh secara rutin salah satunya. Khasiat telur puyuh ini dikarenakan adanya kandungan selenium, yakni zat antioksidan yang bertugas untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi Anda para penderita tekanan darah tinggi (hipertensi), telur puyuh bisa dijadikan alternatif menu sehat untuk menurunkan tekanan darah pada tubuh. Manfaat telur puyuh untuk menurunkan tekanan darah didasari adanya kandungan kalium pada telur mini ini.

Kalium adalah mineral yang berperan sebagai vasodilator guna memperlebar pembuluh darah sehingga sirkulasi darah berjalan lancar dan tekanan darah pun tetap stabil. Kalium juga berfungsi untuk merawat fungsi sistem kardiovaskular.

8. Detoksifikasi

Sel-sel tubuh yang rusak diakibatkan oleh paparan radikal bebas, pun racun yang berasal dari sisa makanan. Telur puyuh mengandung zat antioksidan dan asam amino. Kedua zat ini menghasilkan manfaat telur puyuh untuk detoksifikasi.

Antioksidan bertugas untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh, sedangkan asam amino berperan dalam pengikatan racun dan pembuangan racun tersebut.

9. Mengatasi Alergi

Jika telur ayam berpotensi menimbulkan alergi, maka yang terjadi pada telur puyuh adalah sebaliknya. Ya, alih-alih menyebabkan alergi, mengonsumsi telur puyuh justru bisa mencegah atau mengatasi alergi. Manfaat telur puyuh untuk mengatasi alergi karena adanya kandungan ovomucoid, yaitu senyawa yang berfungsi untuk mengatasi gejala alergi yang timbul.

10. Memperlambat Penuaan

Menurut sejumlah penelitian, khasiat telur puyuh juga bisa untuk memperlambat proses penuaan. Artinya, mengonsumsi telur puyuh secara rutin bisa membuat Anda awet muda. Kandungan zat anti-penuaan bernama lutein menjadi faktor kunci dari manfaat telur puyuh yang satu ini.

11. Meningkatkan Kinerja Otak

Ingin kinerja otak Anda, terutama menyangkut daya ingat, jadi optimal? Sering-seringlah mengonsumsi telur puyuh. Kandungan kolin pada telur puyuh disebut-sebut efektif guna mempertajam daya ingat, pun merawat sel otak.

12. Mengatasi Sembelit

Sembelit adalah kondisi di mana feses sulit untuk dikeluarkan. Sembelit diakibatkan oleh tubuh yang kekurangan serat. Selain buah-buahan, telur puyuh juga merupakan sumber serat yang patut untuk Anda konsumsi guna mencukupi kebutuhan serat harian.

13. Meningkatkan Kesuburan

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, manfaat telur puyuh juga bisa meningkatkan kesuburan. Ini karena telur puyuh mengandung zat yang penting dalam peningkatan kualitas dan kuantitas sperma, seperti protein, zinc, dan fosfor. Anda yang kini tengah merencanakan kehamilan bersama pasangan, cobalah untuk mulai mengonsumsi telur puyuh secara rutin.

14. Meminimalisir Risiko Keguguran

Selain meningkatkan kinerja otak, kolin pada telur puyuh juga efektif untuk membantu tumbuh kembang janin sehingga risiko mengalami keguguran pun akan sangat kecil. Bagi para ibu hamil, baiknya masukkan juga telur puyuh ke dalam menu sehat Anda, ya!

15. Mengobati TBC dan Asma

Manfaat telur puyuh yang terakhir adalah mengobati TBC dan asma. Selama berabad-abad, masyarakat Tiongkok telah memercayai telur puyuh sebagai obat tradisional yang ampuh dalam mengatasi penyakit TBC dan asma.

Kendati belum ada bukti medis yang kuat, namun tak ada salahnya bagi Anda yang kini tengah menderita dua penyakit tersebut untuk mengonsumsi telur puyuh sebagai alternatif pengobatan. Tentunya harus diiringi juga dengan pengobatan medis dari dokter, ya.

Tips Mengolah Telur Puyuh Menjadi Hidangan Nikmat

Telur puyuh yang bergizi ini dapat diolah menjadi sejumlah hidangan yang nikmat dan menyehatkan. Berikut ini beberapa menu dan resep hidangan telur puyuh yang bisa Anda coba buat di rumah.

1. Telur Puyuh Goreng Mentega

Bahan-Bahan:

  • 20 butir telur puyuh
  • 3-5 sdm mentega
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • ½ bawang Bombay, iris tipis-tipis
  • 3-5 cabai merah, iris
  • 1 lembar daun bawang
  • 1-2 sdm kecap manis
  • 1-2 sdm kecap inggris
  • ½ sdt lada
  • ½ sdt gula pasir
  • 1 sdt jeruk nipis
  • 100 ml air

Cara membuat telur puyuh goreng mentega:

  • Panaskan mentega sampai mencair, kemudian masukkan bawang putih, cabai merah, bawang bombay, dan daun bawang, tumis beberapa saat
  • Tambahkan kecap kecap manis, kecap Inggris, gula, dan lada, aduk lagi beberapa saat
  • Masukkan telur puyuh, aduk merata
  • Tambahkan air dan jeruk nipis, aduk sampai air mengering
  • Telur puyuh goreng mentega siap dihidangkan

2. Sayur Sop Telur Puyuh

Bahan-Bahan:

  • 5-10 butir telur puyuh (sesuaikan dengan selera)
  • 3-5 buah wortel, potong menjadi beberapa bagian
  • Kembang kol
  • Buncis
  • Ayam ½ ekor
  • Bawang putih, cincang halus
  • 1-2 sdm garam
  • 1-2 sdm gula pasir
  • Lada
  • Pala
  • Daun bawang
  • Seledri
  • Air

Cara membuat sayur sop telur puyuh:

  • Didihkan air dalam selama beberapa menit, kemudian masukkan ayam dan tunggu sampai matang
  • Tambahkan telur puyuh, wortel, buncis, dan kol, aduk merata
  • Tambahkan daung bawang, bawang putih, seledri, garam, gula, lada, dan pala, aduk lagi hingga merata
  • Matikan kompor, kemudian tuangkan sayur ke dalm wadah
  • Sayur sop telur puyuh siap dihidangkan

Nah, itu dia informasi mengenai khasiat telur puyuh beserta tips membuat hidangan dari telur puyuh. Perlu diingat, walaupun telur puyuh memiliki banyak manfaat, baiknya Anda harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan bergizi lainnya juga. Semoga bermanfaat!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel