Sayuran Ini Aman bagi Penderita Asam Urat

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

resep-brokoli-yang-enak-doktersehat

DokterSehat.Com– Banyak penderita asam urat yang ternyata takut untuk mengonsumsi sayuran. Mereka percaya bahwa beberapa jenis sayuran tertentu bisa menyebabkan gejala serangan dari penyakit ini muncul. Sebenarnya, apakah ada sayuran yang aman untuk mereka konsumsi?

Beberapa jenis sayur yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat

Penyebab dari masalah asam urat adalah meningkatnya zat asam urat di dalam tubuh. Zat asam urat ini bisa berasal dari kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi purin. Biasanya, makanan dengan kandungan makanan tinggi purin adalah jeroan, makanan laut, daging merah. Sementara itu, beberapa jenis sayuran seperti bayam atau daun singkong juga memiliki kandungan purin meskipun jumlahnya tidak begitu tinggi.

Berikut adalah beberapa jenis sayuran yang masih aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

  1. Wortel

Wortel termasuk dalam sayuran yang memiliki kandungan purin yang cukup rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Kita bisa mengolah wortel sebagai campuran sayur bening, sop, dan berbagai jenis makanan lainnya. Rasanya yang nikmat juga akan membuat kita bisa nyaman untuk mengonsumsinya kapan saja.

  1. Terong dan tomat

Terong dan tomat sering kita jadikan campuran sayuran layaknya sop atau sayur asem. Kandungan purin di dalam kedua sayuran yang digemari masyarakat Indonesia ini juga tergolong rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

  1. Brokoli

Brokoli dikenal luas sebagai sayuran yang tinggi kandungan serat dan vitamin C. Rutin mengonsumsinya juga bisa membantu penderita asam urat untuk menurunkan kadar zat asam urat di dalam tubuh dengan efektif.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengukus brokoli demi mendapatkan manfaat sehatnya dengan maksimal.

  1. Kentang

Kentang seringkali dijadikan bahan makanan yang cocok bagi mereka yang ingin menjalankan program diet atau penurunan berat badan. Yang tidak banyak orang tahu adalah, di dalamnya ternyata kaya akan kandungan vitamin C yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat dari dalam tubuh. Kentang juga termasuk dalam bahan makanan yang rendah kandungan purin.

  1. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan bisa dijadikan campuran sayuran atau camilan yang cocok untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Kandungan purinnya cukup rendah dan bisa dijadikan sumber protein sehat yang tentu akan membuat kondisi kesehatan jauh lebih baik.

  1. Jamur

Jamur sering dijadikan pengganti daging karena rasanya yang enak. Tak disangka, sayuran yang tinggi serat dan rendah kalori ini ternyata juga bisa membantu menurunkan kadar zat asam urat di dalam tubuh dengan efektif.

  1. Daun seledri

Daun seledri ternyata memiliki kandungan klorin, potasium, asam folat, inositol, sulfur, seng, selenium dan berbagai macam vitamin yang bisa membantu menurunkan risiko serangan asam urat dengan efektif.

  1. Jagung

Tak hanya dijadikan sumber karbohidrat, jagung juga bisa kita temukan di beberapa jenis olahan sayuran seperti sop atau sayur asem. Di dalam jagung terdapat kandungan senyawa elektrolit layaknya kalium yang menyehatkan. Selain itu, jagung juga bersifat diuretik yang berarti akan meningkatkan frekuensi buang air kecil sekaligus membantu proses peluruhan zat asam urat di dalam tubuh dengan efetif.

  1. Sawi hijau

Sawi hijau kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin E, beta karoten, kalium, kalsium, serta zat besi. Berbagai kandungan ini bisa membantu mengendalikan kadar asam urat di dalam tubuh sehingga frekuensi serangan asam urat pun bisa diturunkan dengan signifikan.

Dengan mengonsumsi berbagai sayuran ini dan menerapkan gaya hidup sehat, penderita asam urat tak perlu lagi khawatir akan kemunculan serangan dari penyakit ini.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Sayuran Ini Aman bagi Penderita Asam Urat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel