Pertolongan Pertama Bagi Serangan Asam urat

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

gejala-asam-urat-doktersehat

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang bisa memberikan gejala yang sangat menyiksa adalah penyakit asam urat. Hal ini disebabkan oleh gejala dari penyakit ini yang bisa membuat persendian mengalami rasa nyeri, pembengkakan, hingga sensasi kaku dan sulit untuk digerakkan. Meskipun sering dianggap sebagai penyakit para lansia, pakar kesehatan menyebut penyakit asam urat juga bisa menyerang anak muda, khususnya bagi mereka yang malas menerapkan gaya hidup sehat.

Penanganan pertama jika serangan asam urat datang

Mengingat serangan asam urat bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dengan signifikan, pakar kesehatan menyarankan kita untuk segera melakukan penanganan pertama jika serangan dari penyakit ini datang.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah kesehatan ini.

  1. Segera gunakan obat anti nyeri

Rasa nyeri yang muncul akibat serangan asam urat biasanya sangat tidak tertahankan. Banyak orang yang bahkan sampai memilih untuk tidak melakukan apa-apa karena khawatir jika sensasi nyeri ini akan menjadi semakin parah. Bahkan, terkadang sensasi nyeri ini juga disertai dengan pembengkakan dan perubahan warna kulit menjadi kemerahan pada sendi. Jika sampai kita sudah terganggu dengan rasa nyeri ini, sebaiknya segera minum obat pereda nyeri yang bisa didapatkan di apotek terdekat

  1. Mengompresnya persendian

Selain mengonsumsi obat pereda nyeri, kita juga bisa mengompres bagian persendian yang terkena gejala asam urat dengan air dingin. Cara mengompres pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan memakai handuk yang telah direndam sebelumnya di dalam air es atau air dingin. Kita juga bisa menggunakan cara lain, yakni mengompres persendian dengan es batu yang sudah ditempatkan di dalam kantong plastik. Lakukan sekitar 10 atau 15 menit saja.

  1. Mengangkat kaki

Meski terlihat sederhana, pakar kesehatan menyebut mengangkat kaki saat serangan asam urat menyerang bisa membantu menurunkan pembengkakan dan rasa nyeri pada persendian. Hanya saja, pakar kesehatan menyebut tindakan ini baru benar-benar efektif dilakukan jika kita juga mengompres bagian persendian.

  1. Memperbanyak asupan air putih

Salah satu penyebab utama dari serangan asam urat adalah mengalami dehidrasi atau kekurangan asupan air putih. Karena alasan inilah kita sebaiknya memperbanyak asupan air putih demi membantu proses peluruhan zat asam urat dari dalam tubuh. Hal ini diharapkan bisa segera mengatasi serangan asam urat yang menyakitkan. Selain itu, kebiasaan mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak juga bisa membantu menyehatkan ginjal.

  1. Memakai minyak gosok

Pakar kesehatan menyarankan penderita asam urat yang terkena serangan dari penyakit ini untuk memakai minyak gosok demi mengatasi gejalanya. Hanya saja, jangan menggosoknya dengan berlebihan karena dikhawatirkan akan menyebabkan bagian persendian menjadi semakin panas.

  1. Minum teh

Meskipun belum ada penelitian yang membuktikannya, banyak orang yang percaya jika konsumsi teh bisa membantu mengatasi serangan asam urat dengan cukup efektif. Hal ini disebabkan oleh sifat diuretik dari teh yang berarti mampu meningkatkan keinginan untuk buang air kecil. Diharapkan dengan semakin sering kita mengeluarkan urine, semakin banyak pula zat asam urat yang dikeluarkan dari dalam tubuh sehingga akan meringankan gejala dari serangan asam urat yang sedang diderita.

  1. Jangan ragu untuk memakai tongkat

Meski terlihat seperti orang tua, jangan ragu untuk memakai tongkat untuk melakukan berbagai aktivitas jika serangan asam urat datang karena hal ini akan membantu menurunkan tekanan dan rasa nyeri pada persendian. Hal ini tentu akan membantu tubuh lebih cepat memulihkan diri dari serangan penyakit ini.

  1. Minum obat herbal

Mengingat obat asam urat yang diberikan oleh dokter biasanya ditujukan untuk mencegah serangan asam urat, bukannya mengatasi gejalanya, meminumnya tentu tidak akan memberikan efek yang berarti saat kita mengalami gejala dari serangan ini.

Karena alasan inilah kita bisa mencari obat herbal yang bisa membantu meredakan gejala serangan asam urat. Hanya saja, kita juga sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan bahwa obat ini aman untuk dikonsumsi.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Pertolongan Pertama Bagi Serangan Asam urat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel