Penderita Maag Tak Boleh Makan Nanas?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

nanas-doktersehat
Photo Source: Flickr/kylemcdonald

DokterSehat.Com– Penderita maag memang sebaiknya tidak sembarangan dalam memilih makanan. Jika mereka mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu, maka gejala dari penyakit yang mereka derita bisa saja tiba-tiba datang dan akhirnya mengganggu aktivitasnya. Sebenarnya, apakah mereka juga tidak boleh makan nanas?

Dampak makan nanas bagi penderita maag

Sebelum jauh membahas tentang dampak dari mengonsumsi nanas bagi kondisi maag, kita bisa membahas tentang maag terlebih dahulu. Sebenarnya, maag bukan termasuk dalam sebuah penyakit, melainkan hanyalah sekumpulan dari beberapa gejala yang terjadi di saluran pencernaan. Gejala-gejala ini bisa berupa perut kembung, peningkatan asam lambung, mual-mual, atau nyeri pada perut. Sensasi panas yang muncul pada dada atau ulu hati biasanya dipicu oleh meningkatnya kadar asam lambung.

Dalam dunia medis, naiknya asam lambung ini dikenal sebagai gastroesophageal reflux disease atau GERD. Pemicunya adalah tidak bekerjanya otot sfingter pada bagian bawah kerongkongan sehingga tidak mampu lagi menahan kenaikan asam lambung hingga ke kerongkongan dan memicu sensasi tidak nyaman.

Pakar kesehatan menyarankan penderita maag untuk menghindari makanan atau minuman tertentu karena bisa saja memicu kenaikan asam lambung dengan signifikan. Salah satu dari makanan atau minuman tersebut adalah yang bersifat asam, sesuatu yang juga dimiliki oleh buah nanas.

Kadar keasaman atau pH buah nanas ada di angka 3 atau 4. Hal ini berarti, mengonsumsinya bisa membuat pengidap maag mengalami peningkatan risiko terkena gejala maag. Selain nanas, beberapa buah-buahan lain yang bersifat asam layaknya jeruk, lemon, atau bahkan tomat juga sebaiknya dihindari oleh penderita maag.

Beberapa buah yang justru baik bagi penderita maag

Alih-alih mengonsumsi nanas atau jeruk yang bersifat asam, pakar kesehatan menyarankan penderita maag untuk mengonsumsi buah-buahan lainnya.

Berikut adalah beberapa buah yang aman dikonsumsi bagi penderita maag.

  1. Pepaya

Buah dengan rasa manis yang bisa dengan mudah ditemui di toko-toko buah terdekat ini ternyata baik bagi penderita maag. Selain tinggi serat, pepaya juga cenderung mudah untuk dicerna oleh tubuh. Di dalamnya juga terdapat berbagai macam vitamin dan mineral layaknya kalium, sulfur, zat besi, serta magnesium. Berbagai kandungan mineral inilah yang disebut-sebut bisa membuat pencernaan menjadi lebih sehat dan meredakan maag.

Selain mengonsumsi pepaya secara langsung, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk mencampurkannya dengan yoghurt demi mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih dari buah ini.

  1. Apel

Tak hanya baik bagi penderita diabetes, apel ternyata juga cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita maag. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan pektin dan glisin yang bisa meredakan gejala maag layaknya mual-mual, mulas, sekaligus menurunkan kandungan asam lambung.

Jika ingin mendapatkan manfaat sehatnya dengan maksimal, kita bisa mengonsumsi sebutir apel setiap kali akan makan besar.

  1. Pisang

Pisang dikenal luas sebagai buah yang sangat baik bagi saluran pencernaan karena kaya akan kandungan serat. Kandungan protein dan lemak di dalamnya juga cukup rendah sehingga mudah dicerna oleh pencernaan. Mengonsumsinya tentu akan membantu perut lebih cepat merasa nyaman setelah mengalami gejala maag. Hanya saja, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memilih pisang yang sudah matang, bukannya yang masih mentah atau kehijauan.

  1. Kelapa

Sebenarnya, bukan daging buahnya yang bermanfaat bagi penderita maag, melainkan air kelapa yang bisa membuat sistem pencernaan menjadi lebih nyaman. Air kelapa juga bisa mencegah peradangan di dalam lambung sehingga tentu akan membantu kita mengatasi maag dengan efektif.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Penderita Maag Tak Boleh Makan Nanas?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel