Mengatasi Diabetes Hingga Kanker Prostat, Berikut Manfaat Daun Jambu Biji!

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

daun-jambu-biji-dokterseha
photo credit: healthbenefitsfruit.blogspot.com

DokterSehat.Com – Selama ini kita mengenal jambu biji sebagai salah satu buah terbaik untuk kesehatan. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat jambu biji baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, jambu biji juga memicu kenaikan trombosit sehingga baik untuk pasien demam berdarah.

Manfaat jambu biji ternyata tidak berhenti di buahnya saja. Daun dari jambu biji juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat daun jambu biji yang bisa kita manfaatkan dengan baik.

Manfaat daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan.

  1. Meringankan diare

Selama ini kita mengenal daun jambu biji sebagai penyembuh diare. Ternyata penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 silam juga membuktikan kalau daun jambu biji baik serbuk atau ekstrak minyaknya mampu mengatasi diare. Konsumsi daun jambu biji menyebabkan feses menjadi lebih padat dan memicu pergerakan usus yang cepat jadi stabil.

Konsumsi daun jambu biji ini juga bisa membuat perut jadi nyaman. Kalau kondisi diare sudah membaik dan nyaman, hentikan penggunaan. Dikhawatirkan sifatnya yang memadatkan feses dan membuat usus besar berjalan lambat memicu sembelit.

  1. Menekan kondisi diabetes

Rebusan daun jambu biji yang dikonsumsi oleh seseorang bisa menekan penyerapan gula di dalam darah. Penyerapan yang lambat membuat gula darah tidak naik dengan signifikan. Dengan manfaat ini, penderita diabetes bisa menjaga kondisi gula darahnya agar stabil setiap saat.

Oh ya, penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 dan dipublikasikan pada journal Nutrition and Metabolism menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak daun jambu biji bisa menekan terjadinya kondisi diabetes. Seseorang yang normal tidak akan mengalami pradiabetes. Begitu pun penderita pradiabetes juga tidak akan mengalami diabetes baik tipe 1 atau 2.

  1. Menjaga berat badan

Buah jambu biji memang dikenal memiliki manfaat untuk tubuh dan indeks GI cukup rendah. Selain itu jambu biji juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan menjaga berat badan. Kandungan serat ini terkandung di buah dan ekstra daunnya. Mengonsumsi keduanya atau hanya daunnya saja bisa mencegah kenaikan lemak di tubuh.

Mengapa lemak di tubuh bisa dicegah pembentukannya? Karena kandungan serat dari daun jambu biji bisa menekan karbohidrat kompleks menjadi glukosa yang masuk ke darah. Kalau kadar gula di dalam darah tinggi, tubuh akan mengolahnya menjadi lemak. Dampaknya obesitas semakin mudah terjadi dan susah diatasi tanpa diet dan olahraga.

  1. Menstabilkan kolesterol

Jambu biji mampu mengatasi LDL dan trigliserida di dalam darah dengan cepat. Fungsi ini didapatkan dari buah dan juga daunnya. Anda akan mendapatkan manfaat ini lebih besar kalau mengonsumsi ekstrak dari daun secara rutin selama satu bulan.

Dari penelitian yang dilakukan 2010, mengonsumsi ekstrak daun jambu biji secara rutin sebulan bisa menekan LDL dan trigliserida secara signifikan. Pengonsumsian ini dilakukan dengan pembatasan sehingga tanpa efek samping.

  1. Kemungkinan mengatasi kanker perut

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, penggunaan ekstrak daun jambu biji khususnya yang dibuat menjadi minyak bisa membantu mengatasi kanker di perut. Hal ini bisa terjadi karena kandungan antioksidan yang sangat besar seperti vitamin C.

Masih dari penelitian yang sama, konsumsi ekstrak daun jambu biji bisa mencegah sel kanker untuk berkembang dengan cepat. Bahkan, kemungkinan sel kanker saling menyerang cukup tinggi. Dengan kemampuan ini sel akan susah menyebar dengan cepat.

Penyembuhan ini hanyalah pendamping saja. Obat dari dokter hingga metode kemoterapi tetap harus dilakukan. Karena kalau sampai dihentikan bisa memunculkan masalah yang cukup besar.

  1. Kemungkinan mencegah kanker prostat

Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang sangat berbahaya dan mematikan untuk pria. Kanker jenis ini bisa menyebar dengan cepat dan kadang tidak menunjukkan tanda awal.

Mengonsumsi ekstrak daun jambu biji dalam bentuk apa pun ternyata bisa membuat pria terlindung dari kanker prostat. Kandungan likopen yang merupakan antioksidan terkuat di daun jambu membuat sel kanker susah tumbuh dan menyebar ke beberapa organ di sekitar prostat seperti kandungan kemih hingga testis.

Cara mengolah daun jambu biji

Daun jambu biji bisa diolah menjadi minuman herbal yang bermanfaat untuk tubuh. Berikut beberapa cara pengolahan yang disarankan.

  1. Mengolah Daun Segar

Daun segar dari jambu biji bisa diolah secara langsung dengan direbus. Ambil sekitar 5-6 daun jambu yang tidak terlalu tua. Tambahkan sekitar 1 liter air hingga mendidih. Biarkan ekstrak daun jambu biji keluar hingga air berubah warna, biasanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit setelah mendidih.

Minum air rebusan ini sehari sekali hingga badan terasa lebih nyaman dan kondisi diare hilang. Jangan minum setiap hari atau konsultasikan dulu dengan dokter.

  1. Mengolah Daun Kering

Keringkan daun jambu biji yang masih muda. Saat mengeringkannya usahakan jangan di bawah sinar matahari secara langsung. Setelah kering hancurkan lalu campur dengan air dan didihkan selama kurang lebih 15 menit.

Saring daun jambu biji yang masih tersisa di dalam air. Sedikit dinginkan air rebusan lalu minum langsung. Anda boleh menambahkan pemanis alami seperti madu.

Inilah manfaat dari daun jambu biji yang bisa kita dapatkan. Nah, dari manfaat jambu biji di atas, mana saja yang menurut Anda sangat besar? Apa pun manfaat jambu biji, sebisa mungkin untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Bisa saja daun jambu biji justru memberikan efek samping jika digabungkan dengan obat dari dokter.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Mengatasi Diabetes Hingga Kanker Prostat, Berikut Manfaat Daun Jambu Biji!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel