Habis Sarapan Kok Sakit Perut? Bisa Jadi Karena Ini

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

sakit-perut-sembelit-diare-asam-lambung-doktersehat

DokterSehat.Com– Sarapan adalah salah satu waktu makan yang paling penting bagi kesehatan tubuh. Hanya saja, terkadang setelah melakukannya kita justru merasakan sensasi sakit atau tidak nyaman pada perut yang akhirnya membuat kita tidak bisa beraktivitas dengan normal. Sebenarnya, apa penyebab dari datangnya sakit perut setelah makan pagi ini?

Seringkali karena kebiasaan makan yang kurang baik

Pakar kesehatan menyebut sakit perut yang muncul selepas sarapan bisa jadi disebabkan oleh porsi makanan yang berlebihan atau jenis makanan yang dipilih tidak tepat.

Banyak orang yang berpikir bahwa sarapan berpengaruh besar bagi sumber energi tubuh seharian sehingga akan makan dalam jumlah yang banyak. Padahal, hal ini justru akan membuat perut tidak nyaman.

Kondisi ini juga terkait dengan perut yang sebenarnya sudah beristirahat cukup lama saat tidur malam. Jika kita langsung makan dalam porsi yang banyak atau dengan menu makanan yang cukup berat untuk dicerna, saluran pencernaan akan kaget karena harus langsung bekerja dengan sangat keras. Hal inilah yang akhirnya membuat perut terasa nyeri.

Menu sarapan yang bisa membuat datangnya sakit perut

Pakar kesehatan menyebut menu makanan yang berpotensi menyebabkan sakit perut seperti makanan berlemak layaknya daging-dagingan atau makanan cepat saji. Meskipun memiliki rasa yang enak, makanan berlemak cenderung membuat pencernaan berjalan dengan sangat lambat. Selain itu, sistem pencernaan juga harus mengeluarkan energi yang sangat banyak demi mengolahnya.

Hal yang sama juga akan terjadi jika kita mengonsumsi makanan bersifat asam, makanan pedas, atau makanan yang bisa memicu produksi gas berlebihan di dalam perut saat sarapan. Karena alasan inilah kita sebaiknya mengonsumsi makanan yang cenderung netral dan membuat perut nyaman saja di pagi hari demi mencegah gangguan pencernaan.

Beberapa penyebab sakit perut setelah sarapan lainnya

Selain karena porsi makanan, pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal lain yang juga bisa menyebabkan datangnya sakit perut setelah sarapan pagi.

Berikut adalah beberapa penyebab tersebut.

  1. Intoleransi pada beberapa jenis makanan

Intoleransi adalah kondisi saat tubuh tidak mampu mencerna beberapa jenis kandungan makanan. Sebagai contoh, ada beberapa orang yang ternyata kesulitan untuk mencerna gula atau protein tertentu. Jenis intoleransi yang paling sering ditemukan adalah intoleransi laktosa yang membuat penderitanya kesulitan untuk mengonsumsi susu atau produk turunannya.

Sebagai informasi, intoleransi laktosa terjadi saat usus tidak mampu memproduksi laktase, sejenis enzim yang dibutuhkan untuk mengolah laktosa yang ada di dalam susu. Jika penderita intoleransi laktosa tetap minum susu, maka mereka pun akan mengalami gejala mual-mual, nyeri perut, atau gangguan pencernaan lainnya.

  1. Gangguan asam lambung

Jika kita mengonsumsi makanan dengan porsi yang berlebihan atau cenderung asam dan pedas di pagi hari, ada kemungkinan asam lambung naik dan akhirnya menyebabkan sensasi terbakar pada perut atau dada. Karena alasan inilah kita sebaiknya memilih menu yang tepat untuk sarapan pagi.

  1. Mengalami alergi pada beberapa jenis makanan tertentu

Jika kita mengalami alergi pada makanan tertentu, maka gejala kesehatan yang muncul bisa berupa gangguan pencernaan, sakit perut, gatal-gatal, sesak napas, dan gejala-gejala lainnya.

  1. Sindrom iritasi usus besar

Kondisi kesehatan ini bisa menyebabkan sakit perut, berubahnya kebiasaan buang air besar seperti diare atau bahkan mengalami sembelit, hingga datangnya gangguan pencernaan layaknya kembung, mual-mual, atau rasa tidak nyaman pada perut dan dada.

  1. Konsumsi obat-obatan tertentu

Meski jarang terjadi, namun dalam beberapa kasus konsumsi obat-obatan tertentu bisa menyebabkan datangnya sensasi nyeri perut setelah sarapan pagi. Karena alasan inilah kita sebaiknya tidak sembarangan membeli obat dan sebaiknya selalu berkonsultasi kepada dokter jika ingin mengonsumsi obat-obatan tertentu agar tidak mengalami efek samping.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Habis Sarapan Kok Sakit Perut? Bisa Jadi Karena Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel