Fungsi Zat Besi bagi Kesehatan Tubuh (Wajib Tahu)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

fungsi-zat-besi-doktersehat

DokterSehat.Com – Fungsi zat besi dalam menjaga kesehatan tubuh sangatlah vital. Zat besi adalah salah satu jenis mineral yang memiliki banyak ‘tugas penting’ di dalam tubuh. Kekurangan zat besi tentu saja akan berdampak pada tidak optimalnya sejumlah aktivitas di dalam tubuh, yang kemudian berpotensi membuat tubuh jadi rawan terhadap gangguan kesehatan. Simak informasinya berikut ini!

Fungsi Zat Besi di Dalam Tubuh

Fungsi zat besi terdiri dari berbagai macam, dan semuanya penting bagi tubuh agar senantiasa berada dalam kondisi sehat. Fungsi-fungsi tersebut terdiri dari:

1. Memproduksi Hemoglobin

Zat besi berperan dalam memproduksi hemoglobin. Hal ini karena zat besi mampu untuk memberikan warna merah pekat pada sel darah merah. Dengan begitu, produksi hemoglobin akan terus meningkat dan kebutuhan tubuh terhadap hemoglobin dapat tercukupi.

2. Menyalurkan Oksigen ke Seluruh Tubuh

Setiap organ tubuh memerlukan suplai oksigen agar dapat bekerja sebagaimana mestinya. Nah, disinilah fungsi zat besi untuk membawa dan menyalurkan oksigen antar sel guna memastikan seluruh organ tubuh telah mendapatkan suplai oksigen sehingga bisa bekerja optimal.

3. Mengatur Suhu Tubuh

Zat besi juga berfungsi untuk mengatur suhu badan kita. Jika kadar zat besi di dalam tubuh mencukupi, maka otomatis tubuh akan mampu menjaga suhu tetap terkendali dengan baik.

4. Membentuk Enzim Tubuh

Enzim dan sejumlah bahan lainnya seperti cytochrome, myoglobin, dan katalase sangat penting bagi tubuh. Zat besi berfungsi untuk memproduksi enzim dan bahan-bahan tersebut. Oleh sebab itu, jangan sampai tubuh kekurangan zat besi agar produksi enzim tetap berjalan normal.

Manfaat Zat Besi untuk Kesehatan Tubuh

Setelah mengetahui fungsi zat besi secara umum, kini saatnya mengetahui apa saja manfaat zat besi ini bagi tubuh. Dengan begitu, Anda jadi semakin mengerti betapa pentingnya untuk selalu mencukupi kebutuhan zat besi di dalam tubuh.

1. Menjaga Fungsi Organ Tubuh

Manfaat zat besi untuk kesehatan tubuh yang paling utama tentu saja untuk menjaga agar seluruh organ tubuh dapat bekerja dengan baik. Sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya, zat besi adalah penyalur oksigen yang dibutuhkan oleh organ tubuh. Jika kadar zat besi di dalam tubuh mencukupi, otomatis suplai oksigen berjalan lancar dan organ tubuh pun dapat berfungsi dengan baik.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Sistem kekebalan tubuh atau imun juga penting untuk dijaga agar tubuh menjadi tidak mudah terserang penyakit. Bagaimana cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh? Salah satunya tentu saja dengan memastikan kalau tubuh Anda tidak kekurangan zat besi ini karena pengaruhnya yang sangat signifikan terhadap baik atau buruknya sistem kekebalan tubuh.

3. Menjaga Fungsi Otot dan Otak

Zat besi menjadi salah satu zat yang terdapat di dalam jaringan otot. Manfaat zat besi adalah untuk membantu suplai oksigen yang berguna saat terjadinya proses kontraksi otot.

Sementara itu, dalam kaitannya dengan fungsi otak, manfaat zat besi adalah agar otak senantiasa mendapatkan suplai oksigen darah yang mana baik untuk pengembangan otak itu sendiri. Sebagaimana diketahui, otak memerlukan setidaknya 20% oksigen darah agar dapat bekerja normal.

4. Mengoptimalkan Metabolisme Tubuh

Fungsi zat besi salah satunya untuk membantu pembentukan enzim. Hal ini secara tidak langsung menghasilkan manfaat zat besi untuk mengoptimalkan metabolisme  tubuh.

5. Mencegah Anemia atau Kurang Darah

Anda sering merasa pusing dan mudah letih? Waspada, karena hal tersebut mungkin menandakan tubuh tidak punya kandungan darah yang memadai.

Kekurangan darah atau disebut dengan anemia lazim dialami oleh banyak orang. Gangguan kesehatan ini utamanya disebabkan oleh tubuh yang kekurangan zat besi. Oleh karenanya, segera pulihkan kondisi darah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

6. Menjaga Ibu Hamil Agar Tetap Sehat

Selama menjalani masa kehamilan, tentunya para ibu akan mengeluarkan tenaga ekstra. Maka dari itu, penting bagi bumil untuk senantiasa mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat besi oleh karena zat besi memiliki manfaat agar kadar darah tetap berada pada volume normal.

7. Membantu Tumbuh Kembang Janin

Suplai oksigen bagi janin bayi sangat penting bagi tumbuh kembangnya di dalam perut. Nah, untuk Anda para ibu hamil, hendaknya selalu penuhi kebutuhan zat besi bagi sang calon buah hati karena manfaat mineral ini adalah membantu perkembangan janin, termasuk perkembangan organ-organ tubuhnya.

8. Mengoptimalkan Sintesis Neurotransmitter

Manfaat zat besi juga berkaitan dalam hal pembentukan senyawa kimia pengolah dan pengirim sinyal syaraf atau disebut sebagai neurotransmitter. Neurotransmitter terdiri dari sejumlah zat sifatnya esensial bagi kelancaran aktivitas tubuh yang memerlukan sistem syaraf, seperti dopamine, serotonin, dan norepinephrine.

9. Meningkatkan Kecerdasan

Anda merasa kurang tanggap dalam berpikir? Jika ya, jangan buru-buru panik karena mungkin yang terjadi pada diri Anda hanyalah kekurangan zat besi. Disinilah pentingnya zat besi karena ternyata, zat besi bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan berpikir, lho! Hal ini tak lepas dari fungsi zat besi dalam menyalurkan oksigen ke otak sehingga otak bisa bekerja secara optimal.

Apa Dampak Kekurangan Zat Besi?

Melihat betapa pentingnya fungsi zat besi bagi tubuh, maka bisa dipastikan jika kekurangan zat besi akan membuat tubuh menjadi rawan terhadap sejumlah gangguan kesehatan, seperti:

1. Anemia

Tubuh membutuhkan sel darah merah untuk mendapatkan suplai oksigen. Sementara itu, sel darah merah terbentuk dari hemoglobin yang di dalamnya mengandung zat besi. Kekurangan zat besi otomatis menyebabkan suplai oksigen berkurang sehingga tubuh berpotensi terkena anemia defisiensi besi.

2. Tubuh Jadi Mudah Lelah

Kurangnya oksigen dalam tubuh sebagai akibat dari kecilnya jumlah sel darah merah juga berdampak pada kondisi tubuh yang mudah lelah. Oleh karenanya, penting sekali untuk memiliki kadar zat besi yang cukup agar produksi sel darah merah dapat berjalan normal.

3. Kerontokan Rambut

Benar sekali. Kekurangan zat besi juga ditengarai menjadi penyebab timbulnya masalah rambut rontok. Jika tidak ingin mengalami rambut rontok atau ingin mengatasi kerontokan rambut, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengndung zat besi, ya!

4. Mengganggu Kesehatan Bayi dalam Kandungan

Seorang ibu hamil wajib untuk mencukupi kebutuhan zat besi agar sang bayi yang berada di dalam kandungan dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Kekurangan zat besi dapat memicu sejumlah gangguan kesehatan untuk bayi, seperti lahir prematur, hingga meningkatkan resiko kematian pada bayi tersebut!

5. Serangan Jantung

Ahli kardiologi yang juga merupakan dosen Fakultas Kedokteran di University of California, Ezra A. Amsterdam, MD, mengungkapkan bahwa pada kondisi anemia akibat kekurangan zat besi, jantung menjadi berdetak lebih cepat. Hal ini dikarenakan jantung tidak memiliki suplai oksigen yang cukup sebagai imbas dari kurangnya sel darah merah, sehingga perlu kerja ekstra agar bisa memompa darah.

Jika terus menerus seperti itu, hal yang terjadi selanjutnya adalah jantung terus membesar dan berpotensi menyebabkan gagal jantung.

Itu dia informasi mengenai fungsi zat besi dan manfaatnya dalam menjaga agar tubuh senatiasa sehat. Jika sudah tahu, masih malas untuk mencukupi kekbutuhan zat besi Anda? Jangan sampai, ya!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Zat Besi bagi Kesehatan Tubuh (Wajib Tahu)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel