Accu-Chek: Alat Tes Gula Darah (Diabetes) di Rumah yang Praktis

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

accu-chek-farmaku-doktersehat

DokterSehat.Com – Hidup di era teknologi seperti saat ini, membuat kita ingin serba cepat dan instan. Tubuh yang tidak aktif menjadi salah satu penyebab diabetes mellitus atau yang lebih dikenal dengan penyakit kencing manis. Selain itu, makanan yang kita konsumsi juga menjadi faktor penyebab diabetes lainnya yang tidak dapat diabaikan. Cara mencegahnya, Anda bisa gunakan Accu-chek untuk cek diabetes sendiri di rumah.

Seperti Apa Itu Penyakit Diabetes?

Diabetes adalah kondisi dimana gula darah di dalam tubuh berada di atas tingkat normal yang diperbolehkan. Gula atau glukosa di dalam tubuh berfungsi sebagai pemberi energi, namun apabila tidak terpakai dan menumpuk, kadar gula darah akan meningkat dan menimbulkan komplikasi apabila tidak ditangani secara benar.

Kali ini kita akan membahas mengenai penyakit diabetes mellitus tipe 2 yang merupakan jenis diabetes paling umum.

Komplikasi Diabetes Mellitus Tipe 2

Penting mengetahui berbagai komplikasi diabetes yang mungkin terjadi. Mengidentifikasi diabetes sejak dini adalah kunci untuk mencegah komplikasi diabetes yang berbahaya. Diabetes dapat mengakibatkan kondisi seperti kerusakan syaraf, kerusakan ginjal, hingga kehilangan anggota tubuh.

Komplikasi diabetes terjadi secara perlahan dan bertahap, serta dalam jangka waktu bervariasi (biasanya dalam jangka panjang). Beberapa komplikasi diabetes mellitus tipe 2, antara lain:

  • Penyakit jantung dan stroke

Penderita diabetes memiliki risiko lebih besar terkena penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah, seperti penyakit kardiovaskuler, angina (nyeri dada), penyempitan pembuluh darah, stroke, dan darah tinggi.

  • Neuropati (Kerusakan Saraf)

Kadar gula yang berlebihan dapat menyebabkan penyempitan dan kerusakan pembuluh darah dan melukai saraf. Tidak heran bila pasien diabetes mengalami kesemutan, mati rasa, bahkan rasa nyeri pada ujung jari kaki atau tangan.

  • Kerusakan mata

Pasien diabetes berpotensi mengalami kebutaan. Hal ini disebabkan oleh rusaknya pembuluh darah pada retina akibat gula darah yang terlalu tinggi

  • Nefropati (Kerusakan ginjal)

Gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah pada ginjal. Pembuluh darah halus pada ginjal ini berfungsi sebagai penyaring limbah atau kotoran yang berasal dari darah. Diabetes dapat menyebabkan gagal ginjal. Penyakit ginjal parah yang mencapai stadium bersifat irreversible dan berpotensi diharuskannya transplantasi ginjal.

  • Osteoporosis

Pasien diabetes juga dapat mengembangkan penyakit osteoporosis akibat kepadatan tulang yang menurun.

Cara Mencegah Penyakit Diabetes Mellitus Tipe 2

Tidak dipungkiri faktor genetik dapat menjadi penyebab diabetes. Namun di luar itu, gaya hidup punya kontribusi besar yang menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes. Mengubah gaya hidup menjadi sehat adalah terapi penyakit diabetes utama yang disarankan oleh dokter dan ahli medis.

Penurunan berat badan ke tingkat ideal harus menjadi fokus pasien diabetes apabila ingin menjaga kadar gula darah tetap dalam kondisi normal. Kondisi gula darah normal pada pasien diabetes disebut juga dengan remisi diabetes.

Beberapa cara mencegah diabetes mellitus tipe 2, antara lain:

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Kondisi obesitas membuat seseorang 30 kali lipat lebih mungkin terkena diabetes. Makan makanan yang rendah kalori dan kaya serat, serta beraktivitas fisik atau olahraga secara rutin dapat membantu pasien diabetes memiliki berat badan ideal.

2. Berolahraga rutin

Aktivitas fisik membuat pembakaran lemak serta membuat tubuh meningkatkan kemampuannya untuk memproduksi dan menggunakan insulin. Insulin adalah zat yang diproduksi oleh hati untuk membantu sel-sel tubuh menyerap gula darah agar diubah menjadi energi. Beraktivitas fisik 150 menit per minggu dianjurkan pada pasien diabetes untuk menjaga gula darah mereka di tingkat yang normal.

3. Cek gula darah secara rutin

Masalah utama penyakit gula adalah gejalanya yang tidak terlihat dan tidak menimbulkan masalah apapun. Banyak orang yang terlihat normal namun sebenarnya memiliki gula darah sangat tinggi dan masuk dalam kondisi prediabetes. Anda dapat mengecek gula darah melalui uji laboratorium atau klinik. Namun dengan produk seperti accu-chek, Anda sekarang dapat memeriksa tingkat gula darah Anda dengan mudah di rumah.

Apa Itu Accu-Chek: Alat Tes Gula Darah

accu-check-doktersehat-farmaku

Accu-chek diproduksi oleh Roche Diabetes Care, Inc yang telah memiliki pengalaman lebih dari 40 tahun dalam hal produksi dan penelitian alat monitor dan kontrol gula darah.

Roche tidak sendirian dalam mengembangkan Accu-Chek. Mereka terus membina hubungan yang baik dengan para ahli medis dan institusi kesehatan untuk mencipatkan produk monitor gula darah yang memenuhi kebutuhan dan gaya hidup pasien yang terus berubah.

Cara Menggunakan Accu-Chek

Anda memerlukan Accu-Chek Performa Meter, Accu-Chek Test Strip, dan Accu-Chek Softclix lancets untuk memeriksa gula darah. Harap lihat video berikut untuk memeriksa gula darah Anda dengan accu-chek.

Secara lebih rinci, berikut adalah langkah dan cara memeriksa gula darah dengan accu-chek.

  1. Bersihkan tangan Anda terlebih dahulu.
  2. Nyalakan accu-chek meter dan persiapkan accu-chek strip. Accu-chek meter biasanya menyala secara otomatis saat accu-chek strip dimasukan.
  3. Persiapkan dan gunakan lancet untuk mendapatkan sampel darah sesuai arahkan pemakaian.
  4. Letakkan sampel darah pada test strip sampai cukup sampel terkumpul untuk pengetesan.
  5. Lihat hasil pengetesan Anda dan lakukan langkah medis yang sesuai dengan kondisi gula darah Anda.
  6. Buang lancet setelah penggunaan dengan benar.

Dapatkan produk ini secara eksklusif di Farmaku.com. Miliki Accu Chek Performa, Instant & Active gratis meter family pack strip test dan 10 test strip. Segera beli Accu Chek di Farmaku.com sekarang juga!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Accu-Chek: Alat Tes Gula Darah (Diabetes) di Rumah yang Praktis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel