6 Cara Mengobati Pecandu Narkoba agar Sembuh Total

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

cara-mengobati-pecandu-narkoba-doktersehat

DokterSehat.Com – Penyalahgunaan narkoba tentu akan memberikan dampak negatif bagi para pemakainya. Tidak hanya menganggu aktivitas dan kehidupan sosial, narkoba bahkan bisa menyebabkan kematian! Apakah Anda, teman, atau kerabat termasuk pecandu narkoba? Ingin lepas dari jerat narkoba? Lantas, bagaimana cara mengobati pecandu narkoba agar mau berhenti menggunakan barang haram tersebut?

Apa Itu Narkoba?

Narkoba adalah kependekan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Narkoba secara garis besar terbagi ke dalam dua jenis, yakni narkoba dalam bentuk tanaman seperti ganja, dan narkoba non-tanaman seperti sabu, putau, heroin, serta masih banyak yang lainnya.

Narkoba sangat berbahaya bagi tubuh. Efek pemakaian narkoba berkenaan dengan kondisi psikologis. Narkoba menimbulkan ketergantungan atau candu bagi para pemakainya. Ironisnya, Indonesia menjadi pasar besar bagi penyebaran narkoba. Hal ini tak lepas dari banyaknya pecandu narkoba yang ada di bumi pertiwi. Data dari BNN menunjukkan bahwa pada tahun 2017, jumlah pengguna narkoba di Indonesia menembus angka 3,5 juta jiwa.

Cara Mengobati Pecandu Narkoba

Orang yang sudah kecanduan narkoba memang sulit melepaskan diri dari jeratan obat-obatan berbahaya tersebut. Namun, bukan berarti tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Mengobati kecanduan narkoba dapat dilakukan dengan berbagai cara, tergantung seberapa parah tingkat kecanduannya. Berikut ini sejumlah cara mengobati pecandu narkoba, sebagaimana dilansir dari situs resmi BNN.

1. Pemeriksaan

Langkah pertama yang akan dilakukan untuk mengobati pecandu narkoba adalah dengan melakukan pemeriksaan oleh dokter dan terapis. Tujuan dari tahap ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kecanduan si pemakai narkoba tersebut, pun menganalisis efek samping yang dirasakan.

Jika ternyata si pecandu narkoba mengalami depresi, halusinasi, dan gangguan perilaku lainya, maka terapis akan melakukan konseling terlebih dahulu. Setelah itu, baru dilakukan rehabilitasi untuk menghilangkan candu narkoba tersebut.

2. Detoksifikasi

Cara mengobati pecandu narkoba selanjutnya yakni detoksifikasi. Tahap detoksifikasi adalah tahapan yang cukup sulit. Pada tahap ini, pengguna narkoba harus benar-benar bebas 100 persen dari konsumsi obat-obatan terlarang tersebut. Disinilah biasanya pengguna akan merasakan ‘siksaan’ yang ditandai dengan sakit badan dan mual.

Tak hanya itu, pemakai juga akan mengalami tekanan psikologis akibat tidak adanya asupan narkoba yang biasa ia pakai untuk menenangkan diri. Pada kondisi ini, dokter akan memberikan obat untuk meringankan efek samping tersebut. Pecandu narkoba juga diminta mengonsumsi banyak air putih dan makanan bergizi untuk membantu pemulihan.

Lama proses detoksifikasi ini bergantung pada tingkat kecanduan dari si pemakai, pun niat dan tekadnya untuk mau sembuh.

3. Stabilisasi

Setelah pecandu narkoba berhasil melewati tahap detoksifikasi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan  stabilisasi. Tujuan dari stabilisasi adalah untuk pemulihan jangka panjang dari si pemakai. Disini, dokter akan memberikan resep obat yang harus dikonsumsi oleh pengguna narkoba dalam jangka waktu tertentu.

Dokter juga akan mengadakan konseling kepada pecandu narkoba perihal rencana masa depan pasca terbebas dari jerat narkoba. Hal ini dimaksudkan agar mental dapat terjaga dan pelaku enggan untuk kembali menggunakan narkoba di masa mendatang.

4. Pengelolaan Aktivitas

Pasca ketiga tahapan di atas, pecandu narkoba yang sudah sembuh akan kembali melakukan aktivitas kesehariannya secara normal. Akan tetapi, hal ini tidak serta merta membuat ia lepas begitu saja dari bayang-bayang narkoba. Banyak mantan pecandu narkoba yang sudah sembuh kembali lagi mengonsumsi narkoba di kemudian hari.

Kontrol dari orang-orang sekitar dan keluarga sangat dibutuhkan bagi pecandu narkoba yang sedang berada di masa-masa awal pasca sembuh. Hal ini untuk memastikan agar mereka tidak lagi bergaul di tempat yang salah dan kembali terjerumus ke dunia gelap narkotika. Inilah cara mengobati pecandu narkoba yang membutuhkan kontribusi orang lain selain tenaga medis.

5. Olahraga

Berolahraga juga bisa jadi cara mengobati pecandu narkoba untuk benar-benar bisa lepas dari konsumsi narkotika. Alih-alih pecandu narkoba tidak melakukan aktivitas sama sekali yang malah semakin membuat badan lemas, pikiran stress, dan terbayang-bayang efek samping pemakaian narkoba yang bisa menciptakan ketenangan, lebih baik lakukan aktivitas olahraga untuk mengalihkan pikiran negatif tersebut.

Pecandu narkoba bisa melakukan berbagai aktivitas olahraga, mulai dari lari, berenang, atau latihan angkat beban di pusat kebugaran. Selain pikiran teralihkan, olahraga juga bisa memulihkan kondisi tubuh yang sebelumnya buruk akibat konsumsi narkoba.

6. Terapi Akupunktur

Terapi akupunktur yang berasal dari Tiongkok ini juga dinilai efektif dalam membantu seseorang untuk sembuh dari kecanduan narkoba. Dengan menusukkan jarum-jarum kecil ke sejumlah titik tekan pada badan, akupunktur mampu meredam rasa tidak nyaman yang dirasakan akibat putus obat.

Karena akupunktur merupakan jenis pengobatan alternatif, baiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter terkait sebelum menerapkan cara mengobati pecandu narkoba yang satu ini.

Efek Samping Kecanduan Narkoba

Narkoba memberikan candu bagi para pemakainya. Seorang pecandu narkoba tidak bisa jauh dari barang haram ini. Sejumlah efek samping akan dirasakan oleh pemakai narkoba jika ia tidak mengonsumsi narkoba dalam jangka waktu tertentu. Efek samping tersebut terbagi menjadi dua, yakni efek emosional dan efek fisik.

Efek samping emosional dari penggunaan narkoba di antaranya:

  • Mood yang inkonsisten
  • Cemas
  • Depresi
  • Paranoid
  • Sulit berkonsentrasi
  • Siklus tidur abnormal
  • Halusinasi
  • Keinginan untuk bunuh diri
  • Anti-sosial

Sementara efek samping narkoba berkenaan dengan kondisi fisik terdiri dari:

  • Sakit kepala
  • Badan terasa nyeri
  • Lemas
  • Gangguan kontak mata
  • Kulit terlihat pucat

Jika selama ini Anda atau kerabat menggunakan narkoba dan merasakan hal-hal di atas, bisa jadi Anda sudah berada di tahap kecanduan narkoba. Segera temui ahli medis atau lembaga rehabilitasi agar Anda bisa menerapkan cara mengobati pecandu narkoba seperti yang sudah dijelaskan.

Tips Menghindari Diri dari Kecanduan Narkoba

Saat Anda sudah kecanduan terhadap narkoba, maka semuanya menjadi sulit dan butuh waktu lama untuk bisa kembali sembuh. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari hal-hal yang berpotensi menjerumuskan Anda pada narkoba. Beberapa tips menghindar dari candu narkoba seperti:

  1. Sibukkan diri dengan kegiatan positif
  2. Hindari pergaulan bebas
  3. Perkuat iman dengan rajin beribadah
  4. Tanamkan mindset bahwa narkoba hanyalah kesenangan sesaat, selebihnya adalah malapetaka

Hidup Sehat dan Bahagia Tanpa Candu Narkoba

Dari semua cerita maupun berita yang sering kita dengar dan saksikan, tidak ada yang namanya pecandu narkoba memiliki hidup yang bahagia. Mereka semua mengalami apa yang dinamakan anhedonia, yakni ketidakmampuan tubuh untuk merasakan kenikmatan akibat kadar dopamine yang rendah. Terlebih, narkoba hanya makin mempercepat ajal kita.

Cara mengobati pecandu narkoba memang sudah ada. Namun, untuk apa menjalani proses penyembuhan yang lama dan menyiksa jika kita bisa menghindari diri dari narkoba? Semoga bermanfaat!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Mengobati Pecandu Narkoba agar Sembuh Total"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel