26 Makanan yang Dijamin Bisa Bikin Gemuk (No. 12 Paling Enak)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

makanan-penambah-berat-badan-doktersehat

DokterSehat.Com – Di saat sebagian kalangan tengah berjuang menurunkan berat badan, sebagian lainnya (mungkin termasuk Anda salah satunya) justru melakukan hal sebaliknya, yakni mencari cara menaikkan berat badan. Mencoba deretan makanan yang bikin gemuk berikut ini bisa jadi solusinya, benarkah demikian? Apa saja jenis makanannya?

26 Pilihan Makanan yang Bikin Gemuk

Makanan yang bikin cepat gemuk identik dengan makanan berlemak dan memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Apa saja yang harus dimakan jika ingin cepat gemuk? Ini dia pilihan makanan yang bikin gemuk dan rasanya enak:

1. Susu

Susu menjadi solusi bagi Anda yang ingin menggemukkan badan, utamanya jika susu yang Anda konsumsi berupa susu full cream dengan kandungan lemak yang tinggi. Selain lemak, kandungan susu yang dipercaya bisa membantu menambah berat badan adalah protein dan karbohidrat.

Susu dapat dicampur dengan menu lainnya agar lebih enak untuk dinikmati, seperti sereal, buah-buahan, smoothies, maupun puding.

2. Pisang

Buah berkulit kuning ini juga diklaim bisa menaikkan berat badan secara signifikan jika dikonsumsi secara rutin. Hal ini karena setiap 100 gram pisang mengandung sekitar 97 kalori, jumlah yang bisa dikatakan tinggi.

Selain itu, pisang juga juga mengandung zat bergizi lainnya seperti fosfor yang berguna untuk kekuatan otot, dan kalium sebagai pengontrol tekanan darah.

3. Alpukat

Siapa sih yang tidak suka buah satu ini? Nampaknya hampir semua orang suka-suka saja mengonsumsi alpukat. Nah, alpukat ini juga menjadi salah satu contoh makanan yang bikin gemuk. Mengapa demikian? Tentu saja karena jumlah kalori yang dimiliki alpukat ini mencapai 168 kalori per 100 gram!

4. Durian

Suka ‘belah duren’? Jika ya, maka tentunya ini jadi kabar baik kalau saat ini Anda punya badan yang kurus dan ingin gemuk. Ternyata, durian juga masuk dalam jenis makanan yang bikin gemuk. Hal ini karena buah berduri tersebut mengandung sekitar 3,9 gram dan 28,8 gram karbohidrat untuk setiap 100 gram-nya.

Selain bisa menggemukkan badan, durian juga memiliki kandungan fosfor yang berguna untuk menangkal radikal bebas.

5. Mangga

Mangga mengandung sejumlah zat yang dibutuhkan untuk penggemukkan badan. Untuk setiap 100 gram mangga, jumlah kalorinya mencapai 70 kalori, sedangkan untuk karbohidratnya mencapai 16,5 gram. Selain itu, kandungan gula yang tinggi pada mangga juga jadi alasan mengapa buah satu ini berguna untuk menambah massa tubuh.

Mengonsumsi mangga secara berlebihan juga bisa berdampak negatif terhadap tubuh, lho. Hal ini utamanya berkaitan dengan metabolisme. Oleh sebab itu, imbangi juga dengan aktivitas sehat lainnya seperti berolahraga.

6. Anggur

Anggur memiliki kandungan sekitar 130 kalori. Buah ini juga cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang dalam program penggemukkan badan. Selain bisa menggemukkan badan, anggur juga memiliki manfaat lainnya seperti mencegah Alzheimer, pun menurunkan resiko penyakit jantung.

7. Keju

Makan keju, apalagi keju jenis mozzarella, bisa dibayangkan bagaimana kelezatannya saat menyentuh lidah Anda, bukan? Keju menjadi makanan yang bikin gemuk selanjutnya yang wajib Anda konsumsi jika ingin mempercepat proses penggemukkan badan. Satu ons keju mengandung sekitar 113 kalori, 6 gram lemak jenuh, dan 3 gram lemak tak jenuh.

8. Nasi Putih

Ini sudah pasti makanan wajib bagi kita sebagai masyarakat Indonesia. Khusus bagi Anda yang tengah menjalani program penggemukkan badan, ada baiknya untuk menambah porsi nasi Anda setiap kali makan. Satu sendok nasi diprediksi memiliki 175 kalori dan 40 gram karbohidrat. Ditambah dengan lauk-pauk lainnya, tentunya jumlah kalori yang masuk ke tubuh akan semakin banyak sehingga semakin mempercepat penumpukan lemak.

9. Salad

Sayur-sayuran memang biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang dalam program diet menurunkan berat badan. Akan tetapi, sayuran juga bisa jadi makanan yang bikin gemuk. Caranya, dengan menyajikannya dalam bentuk salad.

Mengapa demikian? Hal ini karena pada salad, ada campuran lainnya yang berfungsi sebagai dressing, yakni mayones. Nah, mayones inilah yang berperan dalam menggemukkan badan. Hal ini didasari kenyataan bahwa mayones, yang terbuat dari minyak dan telur, memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi.

10. Kentang

Banyak orang berpendapat bahwa kentang sangat baik dikonsumsi oleh para pelaku diet. Pada kenyataannya, kentang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, lho! Hal ini menjadikan kentang malah lebih cocok jika dikonsumsi oleh mereka yang tengah berjuang menaikkan berat badan.

11. Roti Pakai Mentega

Roti yang mengandung karbohidrat, ditambah dengan mentega yang mengandung lemak tentu saja menjadi kombinasi ideal untuk membuat tubuh jadi cepat gemuk. Baiknya konsumsi roti dan mentega ini saat sarapan selama program penggemukkan badan Anda berlangsung.

12. Steak Daging

Makanan satu ini sudah pasti menggugah selera kita. Siapa yang tidak tergiur dengan sajian daging panggang diitambah kentang goreng dan sayuran? ‘Kelezatan yang hakiki’ kalau dalam bahasa gaul zaman sekarang.

Daging adalah salah satu makanan yang bikin gemuk. Ini karena kandungan kalori dalam daging yang cukup banyak, di samping juga lemaknya.

13. Hamburger

Mereka yang sedang berdiet tentu saja sebisa mungkin menghindari makanan yang satu ini. Lain halnya dengan Anda yang ingin menaikkan berat badan. Hamburger dinilai cukup efektif untuk menambah berat badan oleh karena komposisi makanan ini memang mencakup semua yang bisa menggemukkan badan. Sebut saja roti, daging, dan mayones.

14. Trail Mix

Trail Mix yang terdiri dari kombinasi kacang dan buah kering ini sejatinya tidak begitu berpengaruh terhadap penggemukkan badan. Namun, kudapan satu ini bisa jadi salah satu makanan yang bikin gemuk apabila ditambah dengan bahan makanan lainnya, seperti madu, gula, hingga coklat.

15. Smoothies

Saat sedang membuat smoothies, selain buah-buahan, Anda bisa menambahkan bahan lainnya sperti coklat, yogurt, atau kental manis guna menambah jumlah kalorinya.

16. Sushi

Makanan khas Negeri Sakura yang telah mendunia ini juga tak luput dari daftar makanan yang bikin gemuk. Kombinasi antara ikan, tempura, nasi putih, hingga mayones sudah pasti akan membuat kadar kalorinya menjadi tinggi sehingga berguna untuk menaikkan berat badan.

17. Daging Olahan

Mengonsumsi daging olahan seperti chicken nugget, kornet, atau sosis juga bisa membuat badan jadi gemuk. Hal ini karena  sekitar 50% kandungan di dalam daging olahan tersebut berupa karbohidrat. Selain itu, cara penyajiannya yang harus digoreng terlebih dahulu semakin menambah kadar lemak.

18. Es Krim

Siapa yang tidak suka es krim? Nah, makanan ini juga bisa menggemukkan badan Anda oleh karena komposisinya berupa susu yang memiliki kandungan lemak dan gula.

19. Gorengan

Jajanan satu ini juga berpotensi bisa menaikkan berat badan Anda. Sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi gorengan jika ingin menggemukkan badan. Kalau bisa, lebih baik pilih makanan lainnya saja.

Hal ini karena sebagaimana kita ketahui, gorengan digoreng di dalam minyak yang telah berkali-kali dipakai, yang mana minyak seperti itu sudah pasti mengandung lemak berbahaya.

20. Dark Chocolate

Satu ons dark chocolate memiliki jumlah kalori sebanyak 155 kalori, 5 gram lemak jenuh, dan 4 gram lemak tidak jenuh. Anda bisa mengonsumsi dark chocolate ini agar badan cepat gemuk. Namun, jangan sampai berlebihan, ya!

21. Yoghurt

Minuman yoghurt bisa jadi salah satu makanan yang bikin gemuk, dengan catatan Anda mengonsumsi yogurt yang memiliki varian rasa. Ini karena yogurt dengan varian rasa seperti rasa jeruk, stroberi, dan anggur memiliki 150 kalori dan 26 gram. Berbeda dengan yogurt tawar yang hanya memiliki 100 kalori sehingga lebih diperuntukkan bagi pelaku diet.

22. Kopi Latte

Menjadi hal yang mengejutkan sekaligus kabar baik bagi Anda yang hendak menggemukkan badan karena ternyata, menu kopi latte dengan campuran susu full cream mengandung 300 kalori dan 15 gram gula!

23. Teh

Selain memiliki khasiat kesehatan lainnya, teh juga bermanfaat untuk menambah berat badan jika Anda menambahkan gula atau susu ke dalamnya.

24. Kue Donat

Bila Anda ingin cepat gemuk, maka sering-seringlah mengonsumsi kue seperti kue donat. Kombinasi antara adonan tepung yang mengandung karbohidrat, gula, susu, mentega, dan dressing seperti coklat, karamel, dan lain-lain sudah pasti menjadikan kue donat penuh dengan kandungan kalori yang tinggi.

25. Tahu Goreng

Meskipun jumlah kalori tahu terbilang kecil, yakni sekitar 94 kalori, namun dengan menggorengnya tentu akan melipat gandakan jumlah kalori tersebut. Oleh karenanya, pilihlah tahu goring ketimbang tahu rebus jika ingin menjadikan tahu sebagai makanan yang bikin gemuk.

26. Buah Kering

Buah kering seperti kismis ternyata memiliki jumlah kalori yang lebih besar dari buah segar, lho! Satu gelas buah kering diklaim memiliki jumlah kalori 5-8 kali lebih banyak ketimbang satu gelas buah segar. Jadi, cobalah mulai dari sekarang untuk mengonsumsi ragam buah kering jika ingin cepat gemuk.

Tips Mengonsumsi Makanan yang Bikin Gemuk

Mengonsumsi makanan yang bikin cepat gemuk, kendati efektif menaikkan berat badan, pun memiliki dampak negatif jika dikonsumsi secara berlebihan. Oleh sebab itu, ada sejumlah tips yang perlu Anda perhatikan agar memakan makanan tersebut tetap tidak mengesampingkan faktor kesehatan.

1. Sebaiknya Pilih Makanan yang Berbahan Alami

Bukannya melarang Anda untuk mengonsumsi es krim, coklat, atau hamburger, ya! Akan tetapi lebih ke kuantitas konsumsi terhadap makanan penggemuk badan tersebut. Perbanyak makanan-makanan yang sifatnya alami seperti telur, daging, ddan buah-buahan.

2. Imbangi Dengan Makanan Dengan Kandungan Vitamin Lebih Banyak

Makanan penggemuk badan mayoritas didominasi oleh kandungan lemak dan karbohidrat. Kedua zat ini jika dikonsumsi berelebihan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Alangkah baiknya jika Anda imbangi dengan jenis makanan lainnya yang kaya vitamin dan mineral.

3. Lakukan Olahraga Agar Tidak Terjadi Penumpukan Lemak

Anda ingin gemuk tapi tidak ingin mengalami obesitas, bukan? Oleh karenanya, cegah hal tersebut dengan rutin melakukan olahraga agar tidak jadi penumpukan lemak.

Satu lagi, jangan segan-segan untuk berkonsultasi kepada dokter ahli gizi agar Anda semakin mengerti perihal cara menggemukkan badan yang aman dan efektif. Semoga berhasil!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "26 Makanan yang Dijamin Bisa Bikin Gemuk (No. 12 Paling Enak)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel