5 Fakta Tentang Ovulasi dan Fertilitas untuk Melacak Masa Subur

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Photo Credit: Freepik.com/@tigatelu

DokterSehat.Com Ovulasi adalah peristiwa pembuahan pada wanita di mana terjadi pelepasan sel telur dari indung telur menuju rahim, masa ovulasi atau masa subur wanita biasanya ditandai dengan nyeri payudara dan meningkatnya hasrat seksual. Sementara fertilitas adalah kesuburan seseorang di mana wanita adalah mampu melepas sel telur sedangkan pada pria adalah mampu memproduksi sperma yang motil dan sehat. Nah, sekarang Anda sudah tahu apakah ovulasi sama dengan masa subur.

Mengetahui Masa Subur

Sebelum mencari tahu fakta ovulasi dan fertilitas, berikut ini masa subur yang perlu Anda ketahui:

1. Memahami siklus menstruasi

Memahami siklus menstruasi dapat membantu meningkatkan peluang hamil, jika Anda ingin hamil. Siklus menstruasi dimulai pada hari pertama perdarahan haid. Tubuh melepaskan hormon yang mendorong pematangan telur dalam folikel ovarium. Sejak hari kedua hingga hari ke-14 siklus, hormon-hormon yang sama menyebabkan lapisan rahim menebal dan mempersiapkan untuk implantasi telur yang dibuahi. Peristiwa ini disebut sebagai tahap folikuler dari siklus menstruasi.

2. Saat masa ovulasi

Ovulasi adalah pelepasan telur yang biasanya terjadi antara hari ke-11 dan ke-21 dari siklus. Masa ovulasi dipicu oleh lonjakan kadar hormon luteinizing hormone (LH). Lendir serviks berubah konsistensi dan menjadi licin, seperti putih telur, untuk memfasilitasi kemajuan sperma menuju sel telur. Panjang rata-rata siklus adalah 28 sampai dengan 32 hari.

3. Masa pelepasan sel telur

Saat lahir, perempuan memiliki sekitar 1 hingga 2 juta telur. Seumur hidup wanita, hanya 300 hingga 400 dari sel telur tersebut yang akan dilepas saat masa ovulasi. Biasanya, satu telur dilepaskan setiap siklus menstruasi. Setelah dilepas, sel telur melakukan perjalanan ke tuba fallopi dan menuju rahim. Sel telur dapat hidup sekitar 12 – 24 jam setelah dilepaskan dari indung telur, dan sperma dapat hidup selama 3 sampai 5 hari. Dengan mengetahui kapan ovulasi akan membantu merencanakan seks dengan pasangan pada saat-saat yang paling mungkin untuk hamil.

4. Memperkirakan masa subur

Kemungkinan untuk hamil yang terbaik biasanya melakukan hubungan seksual saat 1 – 2 hari sebelum berovulasi. Anda dapat mencoba untuk memprediksi masa ovulasi dengan menghitung mundur 14 hari dari saat periode menstruasi berikutnya, jika memiliki siklus 28 hari. Anda harus mencoba untuk melakukan hubungan seks setiap hari (seperti pada hari-hari ke-12 sampai hari ke-14) yaitu sekitar waktu yang diharapkan untuk ovulasi. Berhubungan seks setiap hari dapat mengurangi jumlah sperma pria. Jika siklus lebih panjang atau lebih pendek, Anda dapat menggunakan kalkulator online ovulasi untuk membantu memprediksi masa ovulasi.

Sementara anda sudah mengetahui apakah ovulasi sama dengan masa subur, sekarang giliran Anda untuk mengetahui beberapa fakta tentang fertilitas yang perlu Anda ketahui

5 Fakta Fertilitas yang Harus Anda Pelajari 

Ketika benar-benar ingin hamil, Anda menyadari mungkin tidak semudah itu. Memahami siklus menstruasi dan bagaimana hubungannya dengan kesuburan menjadi sangat penting. Berikut ini lima fakta masa subur yang perlu diketahui setiap wanita, apakah ia sedang menjalani program hamil atau tidak.

1. Masa subur selama 6 hari per bulan

Yang benar adalah kemungkinan Anda bisa hamil pada enam hari per siklus. Hanya enam! Itu artinya masa subur atau masa ovulalsi sekitar 20 persen setiap bulan. Jadi, jika mencoba untuk hamil, 80 persen dari waktu menunggu sampai dapat mencoba lagi. Inilah sebabnya mengapa melacak masa subur bisa sangat berharga, karena akan menjelaskan ketika sedang berovulasi.

Mengetahui kapan ovulasi adalah penting karena itu akan memberi tahu masa subur selama 6 hari – itu tidak sama untuk semua orang – sehingga Anda dapat berhubungan seks dengan pasangan pada hari-hari itu. Ini adalah kunci untuk hamil: berhubungan seks pada hari-hari subur. Hari subur adalah lima hari sebelum ovulasi, dan hari ovulasi itu sendiri.

2. Anda bisa hamil setelah usia 35 tahun

Setelah usia 35 tahun, kesuburan Anda akan menurun drastis. Kesuburan akan menurun seiring bertambahnya usia — itu terjadi secara bertahap seiring waktu. Alasannya adalah bahwa saat lahir, wanita memiliki jumlah telur (atau oosit) yang terbatas di ovarium mereka. Dan seiring bertambahnya usia, kuantitas dan kualitas telur-telur itu menurun secara bertahap.

Sebuah penelitian terhadap wanita dari abad yang lebih baru (1990-an) menemukan bahwa untuk wanita berusia antara 27-29 tahun, kemungkinan terjadinya pembuahan adalah sekitar 80 persen dalam satu tahun untuk mencoba hamil, dan untuk wanita berusia antara 35-39 tahun, probabilitasnya sekitar 77 persen. Hanya 3% penurunan peluang kesuburan!

3. Siklus Anda bervariasi

Ingat 6 hari masa subur atau masa ovulasi Anda? Ya, ini mungkin sulit ditemukan. Sebuah studi dari tahun 2006 diikuti 141 wanita yang sehat, bersepeda teratur hingga satu tahun sehingga para peneliti dapat lebih memahami siklus menstruasi rata-rata. Menurut metode kalender klasik, siklus menstruasi berlangsung 28 hari, dan ovulasi terjadi dengan sempurna di tengah pada siklus 14 hari. Ini berarti bahwa dua fase siklus Anda (fase folikuler dan fase luteal) masing-masing sepanjang 14 hari.

Tapi, bukan itu yang ditemukan para peneliti. Mereka menemukan bahwa rata-rata, fase folikel adalah sekitar 16,5 hari, menempatkan hari rata-rata ovulasi adalah pada siklus hari 16, dua hari lebih lambat dari yang diperkirakan secara klasik. Mereka juga menemukan bahwa sementara rata-rata panjang siklus adalah 28 hari, sekitar 43 persen wanita memiliki setidaknya tujuh hari variabilitas dari siklus ke siklus.

Dibawa pulang? Siklus Anda bervariasi dan hari-hari subur Anda (6 hari setiap bulan yang bisa Anda bayangkan) tidak mengikuti jadwal. Sekali lagi, ini menunjukkan bagaimana pelacakan siklus dapat membantu  menentukan masa ovulasi atau masa subur Anda.

4. Anda lebih subur selama beberapa hari daripada yang lain

Kembali ke-6 hari masa subur, Anda lebih mungkin hamil pada hari-hari itu daripada hari-hari lainnya. Bahkan, menurut penelitian, berikut ini hari-hari yang paling subur atau ovulasi adalah:

  • Berhubungan seks pada satu, dua, atau tiga hari sebelum ovulasi = 20-30% kemungkinan untuk hamil
  • Seks empat hari sebelum ovulasi = peluang 10-12% untuk hamil
  • Seks lima atau enam hari sebelum ovulasi = peluang 0–5% untuk hamil

5. Posisi seksual tidak memengaruhi peluang kehamilan

Satu pertanyaan yang sering dipertanyakan oleh pasangan ketika mencoba untuk hamil adalah apakah posisi tertentu selama atau setelah hubungan seks dapat meningkatkan kemungkinan hamil. Haruskah Anda mengangkat kaki ke atas, sehingga gravitasi membuat sperma bergerak ke dalam lebih baik?

Haruskah Anda menjuntai dari langit-langit seperti kelelawar untuk bantuan absolut terkait gravitasi? Jawabannya adalah tidak. Cukup banyak selama pasangan ejakulasi saat berhubungan seks, dan sperma masuk ke dalam vagina, posisi selama atau setelah berhubungan seks tidak memengaruhi peluang untuk hamil.

Tapi apa yang bisa membantu? Mencari tahu seberapa sering Anda harus berhubungan seks untuk hamil. Jawaban singkatnya? Setiap hari — atau setiap hari jika Anda mau! Selama masa subur. Sekali lagi, semuanya kembali ke masa ovulasi atau masa subur dan 6 hari yang dapat Anda bayangkan setiap siklusnya.

Tanda Ovulasi yang Perlu Anda Ketahui

Berikut ini beberapa tanda ovulasi yang harus Anda kenali untuk mengetahui masa subur dan peluang untuk hamil:

1. Meningkatnya denyut nadi

Menurut data penelitian klinis baru-baru ini, frekuensi denyut nadi (RPR) mulai meningkat pada hari-hari sebelum ovulasi. Berdasarkan penelitian, pengukuran denyut nadi selama tidur menggunakan sensor yang dapat pipakai, dan korelasinya dengan fase siklus menstruasi. Frekuensi denyut nadi paling rendah selama menstruasi, dan meningkat sekitar dua kali per menit, antara dua dan lima hari sebelum ovulasi. Setelah ovulasi, denyut nadi terus meningkat, mencapai puncaknya pada fase pertengahan luteal. Ini turun sekitar waktu menstruasi dimulai — atau jika Anda hamil, denyut nadi tetap tinggi.

2. Perubahan suhu tubuh basal

Beberapa wanita memerhatikan bahwa suhu tubuh basal (BBT) mencapai titik nadir (titik rendah) pada hari ovulasi. Namun, nadir BBT ini tidak hadir di sebagian besar grafik dan bukan cara yang sangat andal untuk mengidentifikasi ovulasi.

Setelah masa ovulasi, peningkatan kadar progesteron menyebabkan BBT meningkat sekitar setengah dari satu derajat Fahrenheit. Ini adalah tanda ovulasi yang jauh lebih andal daripada nadir BBT. Namun, kenaikan BBT hanya dapat mengkonfirmasi kapan ovulasi telah terjadi, dan sudah terlambat untuk memahami siklus itu. Selain itu, walaupun BBT adalah metode yang baik untuk mengonfirmasi bahwa siklus adalah ovulasi, itu bukan metode yang baik untuk menentukan hari pasti terjadinya ovulasi. Menurut sebuah penelitian, kenaikan BBT terjadi dua hari atau lebih jauh dari hari ovulasi. Aspek kronologis ultrasonik, hormonal, dan indeks Iinduksi tidak langsung Lain.

3. Cairan Keputihan (lendir serviks) berubah

Pada hari-hari menjelang ovulasi, kadar estrogen meningkat, yang mengubah konsistensi lendir serviks Anda. Semakin dekat Anda dengan ovulasi, semakin tinggi kandungan air lendir Anda. Anda harus melihat lendir serviks Anda semakin licin dan jernih saat Anda mendekati ovulasi. Lendir serviks yang paling subur menyerupai putih telur mentah. Setelah ovulasi, kadar progesteron yang tinggi menyebabkan lendir serviks cepat mengering.

Lendir serviks adalah tanda bahwa tubuh sedang bersiap-siap untuk berovulasi, tetapi itu tidak mengonfirmasi bahwa ovulasi benar-benar terjadi. Sebagian besar waktu, ketika Anda melihat lendir serviks yang subur itu berarti Anda akan segera mengalami masa ovulasi, dan ketika lendir serviks mengering, itu berarti Anda mungkin sudah mengalami ovulasi. Tetapi kadang-kadang — terutama bagi wanita yang menderita PCOS — tubuh akan berusaha untuk berovulasi tetapi tidak cukup berhasil mengatasi punuk. Ketika ini terjadi, upaya lain biasanya dilakukan beberapa minggu kemudian.

4. Nyeri Puting

Tanda ovulasi seperti nyeri dan kepekaan pada payudara dan puting dapat terjadi pada hari-hari menjelang ovulasi dan juga hari-hari setelah ovulasi, karena meningkatnya kadar hormon.

5. Nyeri panggul

Sekitar 20 persen wanita mengalami rasa sakit yang terkait dengan ovulasi. Tetapi rasa sakit ini tidak selalu terjadi pada masa ovulasi yang tepat, dan tidak boleh digunakan sebagai tanda ovulasi.

6. Bercak

Beberapa wanita mengalami sedikit bercak saat masa ovulasi. Pada bagian pertama dari siklus, kadar estrogen meningkat, yang menyebabkan lapisan rahim tumbuh. Setelah ovulasi, kadar progesteron naik, yang menyebabkan lapisan uterus menebal dan menjadi matang. Bercak di sekitar waktu ovulasi mungkin disebabkan oleh fakta bahwa lapisan rahim telah tumbuh karena tingginya kadar estrogen, tetapi belum menebal karena progesteron belum mencapai puncaknya.

7. Peningkatan gairah seksual

Anda mungkin merasa lebih “mood” pada hari-hari menjelang masa ovulasi karena tingginya kadar estrogen. Namun, banyak hal yang dapat meningkatkan gairah seks, dan merasa dihidupkan sama sekali bukan pertanda pasti bahwa Anda sedang berovulasi. Dengan cara yang sama, banyak hal dapat mengurangi gairah seks, dan jika tidak merasakan peningkatan gairah seks selama masa subur, itu tidak berarti bahwa Anda tidak akan tanda ovulasi.

8. Perubahan posisi serviks

Sebagian besar, serviks relatif rendah di vagina, dan pembukaannya sangat kecil. Sekitar saat berovulasi, serviks bergerak lebih tinggi dan menjadi lebih lunak dan lebih terbuka. Perubahannya agak halus, tetapi jika Anda terbiasa memeriksa serviks secara teratur, Anda mungkin bisa membedakannya. Untuk memeriksa leher rahim, masukkan jari (bersih) Ke dalam vagina sampai Anda merasakan tonjolan kecil di ujung saluran vagina. Itu leher rahim Anda!

9. Bengkaknya kelenjar getah bening inguinalis

Tanda ovulasi yang tidak banyak diketahui ini terjadi pada 70 persen wanita di sekitar ovulasi. Kelenjar getah bening inguinalis adalah kelenjar kecil yang terletak di kedua sisi panggul. Anda mungkin mengalami pembengkakan getah bening di sisi tubuh yang sama dengan saat telur dilepaskan dari siklus itu.

Itulah fakta ovulasi dan fertilitas yang harus Anda kenali untuk mengetahui masa subur bila sedang menjalani program hamil!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel