15 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan, Bisa Bikin Mr.P Keras Tahan Lama!

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

manfaat-daun-binahong-doktersehat

DokterSehat.Com – Ketika mendengar nama daun binahong, sebagian besar masyarakat Indonesia pasti merasa asing dengan nama tanaman obat ini. Padahal, daun binahong ini mudah ditemui di pekarangan rumah dan penjual tanaman. Manfaat daun binahong sendiri melimbah untuk berbagai kondisi kesehatan.

Meski berasal dari Korea, binahong sebenarnya sudah cukup lama ada di Indonesia dan biasa disebut gendola (Basella rubra Linn). Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di lingkungan yang dingin dan lembap. Manfaat daun binahong untuk pencernaan hingga bisa meningkatkan vitalitas pria, lho!

Manfaat Daun Binahong untuk Berbagai Gangguan Kesehatan

Selagi mudah didapatkan, yuk ambil manfaat daun binahong untuk kesehatan Anda. Berikut berbagai khasiat daun binahong yang bisa Anda rasakan:

1. Mengatasi masalah kulit

Khasiat daun binahong sangat bagus untuk kulit wajah karena dapat mengatasi jerawat. Kandungan zat di dalam daun binahong secara efektif dapat membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Selain mengatasi masalah jerawat, manfaat binahong juga bisa mengatasi komedo dan flek hitam dengan menggunakan masker binahong.

Kandungan kolagennya yang tinggi juga dapat membantu mencerahkan wajah dengan cepat. Mudah, haluskan daun binahong muda. Kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah setelah mandi selama 30 menit.

Cara menggunakan daun binahong untuk mengatasi jerawat yaitu dengan mengoleskan daun binahong yang sudah dihaluskan, ini harus dilakukan secara rutin. Penggunaan yang teratur akan mempercepat proses penyembuhan jerawat. Selain itu, daun binahong akan membuat kulit menjadi halus dan cerah.

2. Mengobati maag

Manfaat daun binahong untuk pencernaan tidak bisa dipungkiri lagi, salah satu manfaat binahong yaitu mengobati maag. Penyakit ini terjadi karena lambung memproduksi asam lambung yang berlebih.

Dengan mengonsumsi daun binahong, maka asam lambung akan menjadi normal kembali. Selain itu, manfaat binahong juga untuk antioksidan yang efektif menangkal radikal bebas pada tubuh Anda. Dengan kandungan antioksidan, maka akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit yang berbahaya.

3. Mengatasi asam urat

Asam urat adalah penyakit yang menyerang bagian persendian tubuh. Penderita asam urat akan merasakan nyeri yang sangat hebat pada bagian persendian. Hal ini pastinya membuat Anda tidak merasa nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Manfaat daun binahong dipercaya dapat secara aktif mengatasi asam urat pada sendi tubuh. Kandungan zat pada daun binahong akan menetralisir asam urat yang tinggi pada persendian. Manfaat binahong untuk asam urat mudah didapatkan dengan mengonsumsi rebusan daun binahong secara rutin.

4. Mengatasi kolesterol

Khasiat daun binahong dipercaya dapat mengatasi kolesterol jahat pada tubuh. Daun binahong akan menetralisir kandungan kolesterol jahat yang terdapat pada pembuluh darah.

Kolesterol pada pembuluh darah akan mengakibatkan adanya plak pada pembuluh darah. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah, adanya penyumbatan ini akan mengakibatkan aliran darah menuju jantung menjadi terhambat.

Kolesterol tinggi yang dibiarkan dapat memicu penyakit lain seperti jantung dan stroke. Manfaat binahong untuk kolesterol juga sangat mudah Anda dapatkan, hanya dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin hingga kolesterol jahat hilang dari tubuh.

5. Mencegah diabetes

Meski bukan salah satu penyakit ganas, namun diabetes masih sangat berbahaya. Hingga kini belum ada obat yang bisa menyembuhkan diabetes sepenuhnya. Sebagai penderita, kita hanya bisa mengendalikan kadar gula darah hingga normal agar tidak menimbulkan komplikasi serius.

Daun binahong mengandung senyawa alkaloid yang bersifat hipoglikemik. Karena sifatnya, manfaat daun binahong dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara maksimal. Selain menurunkan kandungan alkaloid, gula darah juga bisa tetap stabil pada penderita diabetes mellitus.

6. Mengobati sesak napas

Bernapas itu penting dalam kelangsungan hidup manusia. Tetapi apa yang akan terjadi jika kita mengalami gangguan pernapasan atau sesak napas? Tentu itu akan sangat berbahaya. Karena itu, merawat sistem pernapasan sangatlah penting dilakukan.

Menurut penelitian, khasiat daun binahong mampu membersihkan saluran pernapasan terutama lendir di paru-paru yang menyebabkan sesak napas. Selain mampu membersihkan, kandungan antibakterialnya juga efektif membunuh bakteri penyebab infeksi saluran pernapasan akut.

7. Mengatasi anemia

Manfaat daun binahong juga bisa dijadikan salah satu obat anemia atau tekanan darah rendah. Anemia disebabkan kekurangan zat besi dalam tubuh.

Nah, daun binahong mengandung cukup zat besi untuk memenuhi kebutuhan sel darah merah. Karena itu, bagi Anda yang memiliki riwayat darah rendah, binahong bisa menjadi salah satu solusi pengobatan alternatif.

8. Mengobati batuk

Meminum air rebusan daun binahong dapat mengobati batuk. Kandungan dalam ramuan daun binahong ini terdapat senyawa antibakterial yang bisa membunuh kuman atau bakteri penyebab batuk. Jadi, batuk berdahak dan batuk kering bisa diatasi dengan meminum air rebusan rebusan daun binahong.

9. Membersihkan paru-paru dari kotoran dan racun

Bagi Anda yang ingin memiliki paru-paru yang bersih, minumlah air rebusan daun binahong. Senyawa dalam binahong dapat membantu mendetoksifikasi kotoran dan racun dari paru-paru. Namun, manfaat binahong untuk paru-paru masih dalam proses penelitian lebih lanjut.

10. Mengembalikan stamina yang hilang

Daun binahong mengandung binahong cathecin, yaitu, jenis antioksidan yang tidak hanya melawan kanker dan serangan jantung, manfaat binahong juga dapat membantu mengurangi efek peradangan otot setelah latihan.

Sehingga daun binahong sangat cocok dikonsumsi oleh Anda yang sering menjalani aktivitas yang berat. Misalnya lembur, olahragawan, atau pekerja keras. Meminum satu gelas air rebusan binahong, maka stamina Anda akan kembali lagi.

11. Mempercepat proses penyembuhan luka

Bagaiman cara mendapatkan manfaat binahong? Tumbuklah daun binahong yang masih segar. Lalu tempelkan ke luka. Maka kandungan antiseptiknya akan membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Selain luka, kandungan anti-inflamasinya juga membantu meringankan memar yang memerah atau bahkan bengkak.

12. Meningkatkan tekanan darah

Bagi Anda yang mengalami tekanan darah rendah, Anda harus meningkatkannya. Alasanya karena tekanan darah rendah akan membuat tubuh terasa lemas. Anda bahkan tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan benar dan dalam kasus yang lebih berbahaya, itu akan membuat pingsan.

Anda harus meningkatkannya dengan mengonsumsi sesuatu yang mengandung mineral. Salah satunya adalah ramuan yang terbuat dari daun binahong. Caranya; gunakan 8 lembar daun binahong dan rebus dalam 2 gelas air. Pastikan untuk meminumnya sekali sehari. manfaat daun binahong ampuh meningkatkan tekanan darah, jadi konsumsilah secara rutin.

13. Bikin penis keras dan tahan lama

Tidak perlu membeli obat kuat agar tahan lama. Mulai sekarang Anda dapat mengalami orgasme dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong. Kandungan mineral alami lengkap dalam daun bergizi ini dapat melancarkan peredaran darah, sehingga akan membuat penis Anda kuat dan tahan lama.

14. Mengatasi masalah haid

Sedangkan untuk para wanita, khasiat daun binahong baik untuk mengatasi masalah haid. Bagi Anda yang mengalami masalah seputar menstruasi seperti terlambat haid, nyeri, atau keputihan, konsumsilah ramuan daun binahong secara teratur. Kandungan zat besi dan mineral lainnya efektif dalam melancarkan haid.

15. Mengatasi anak yang susah makan

Anak yang mengalami kesulitan makan dapat disebabkan karena berbagai faktor. Misalnya, mungkin ia menderita sariawan, tidak suka makanannya, atau mengalami masalah sistem pencernaan. Dalam beberapa masalah tersebut orang tua butuh kesabaran ekstra.

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah dengan memberikan ramuan rebusan air daun binahong. Khasiat daun binahong dapat mengatasi anak yang mengalami kesulitan makan. Namun ramuan ini hanya untuk anak 7 tahun ke atas. Anda tidak boleh memberikan ramuan pada balita karena belum ada penelitian lebih lanjut apakah aman atau tidak.

Jika ingin mendapatkan khasiat daun binahong, Anda perlu mengetahui kadar kandungan dari setiap senyawa yang terkadung di dalam daun binahong. Oleh karenanya, agar manfaat daun binahong dapat dirasakan sepenuhnya, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan praktisi yang berkompeten dalam pengobatan herbal.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel