10 Makanan Penyubur Sperma Ini Bikin Istri Cepat Hamil!

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

makanan-penyubur-sperma-doktersehat
photo credit: freepik.com/whatwolf

DokterSehat.Com –  Kualitas sperma tentunya memiliki pengaruh besar dalam keberhasilan proses pembuahan sel telur. Atas dasar tersebut, mengonsumsi makanan penyubur sperma menjadi penting untuk Anda. Para pria bisa mengonsumsinya jika ingin istri cepat hamil. Makanan seperti apa yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sperma?

Kandungan Makanan Penyubur Sperma yang Ideal

Memiliki momongan adalah dambaan setiap pasangan. Sayangnya, keinginan tersebut terkendala oleh sejumlah faktor, tak terkecuali infertilitas yang dialami oleh pihak laki-laki akibat kondisi sperma yang tidak optimal.

Meskipun kualitas sperma subur seorang pria ditentukan oleh banyak faktor, akan tetapi mengonsumsi sejumlah makanan untuk menyuburkan sperma dipercaya bisa menghasilkan sperma yang sehat. Ketahui kandungan makanan penyubur sperma yang ideal berikut ini:

1. Antioksidan

Makanan penyubur sperma baiknya mengandung zat antioksidan yang terdiri atas  vitamin A, vitamin C, dan vitamin E berbentuk beta-karoten. Zat antioksidan diklaim bisa meningkatkan kualitas sperma, pun menurunkan kadar radikal bebas di dalam tubuh yang berpotensi merusak sel-sel tubuh.

2. Asam Lemak Omega-3

Penelitian yang dilakukan oleh Human Reproduction mengungkapkan bahwasanya pria yang sering mengonsumsi makanan dengan kandungan asam lemak omega-3 memiliki kualitas sperma lebih baik ketimbang pria yang jarang atau tidak sama sekali mengonsumsi asam lemak omega-3.

Fakta ini turut diperkuat oleh penelitian lainnya yang dilakukan oleh Biology of Reproduction. Dalam penelitian tersebut, didapatkan hasil jika pria yang mengonsumsi kacang walnut 75 gram per hari, kualitas spermanya mengalami peningkatan setelah 3 bulan.

Kandungan asam alfa-linoleat (ALA) yang merupakan salah satu jenis asam lemak omega-3 pada kacang walnut ditengarai menjadi faktor meningkatnya kualitas sperma tersebut, terutama dari segi pergerakan sperma.

3. Zat Besi dan Selenium

Asupan zat besi dan selenium yang cukup juga diklaim akan membantu meningkatkan kualitas sperma. Sudah sepatutnya Anda mengonsumsi makanan penyubur sperma yang memiliki dua zat tersebut karena jika tidak, diprediksi kualitas sperma menjadi buruk, salah satunya menurunnya kemampuan gerak atau motilitas sperma.

4. Asam Folat

Manfaat asam folat bagi kesuburan sperma sebenarnya belum memiliki bukti yang kuat. Kendati demikian, tidak ada salahnya jika Anda coba mengonsumsi makanan dengan kandungan folat atau vitamin B9 tersebut, bukan?

5. Lycopene

Lycopene meruapakan zat alami yang juga berperan penting dalam meningkatkan kesuburan sperma pria. Asupan lycopene yang cukup akan meningkatkan kemampuan berenang sperma menuju sel telur.

10 Pilihan Makanan Penyubur Sperma

Setelah mengetahui kandungan zat ideal untuk makanan penyubur sperma, kini saatnya cari tahu, makanan apa saja sih yang mengandung zat-zat tersebut? Simak terus artikel ini, ya!

1. Pisang

Buah pisang diklaim bisa meningkatkan kualitas sperma, pun meningkatkan libido. Ya, hal ini karena buah dengan warna kulit kuning tersebut punya kandungan zat yang memang dibutuhkan sperma agar senantiasa sehat dan berkualitas baik.

Zat-zat tersebut meliputi:

  • Bromelain, berfungsi untuk menjaga kinerja sel sperma
  • Vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C, berfungsi untuk meningkatkan volume sperma

2. Tiram (Oyster)

Sebagaimana telah disebutkan di atas, salah satu zat yang baik bagi kesuburan sperma adalah zat besi atau zinc. Hal ini tak lepas dari kenyataan bahwa sperma pun mengandung zat yang sama.

Tiram atau oyster adalah makanan yang diketahui memiliki kandungan zinc dalam jumlah banyak. Oleh sebab itu, makanan laut ini layak disebut sebagai makanan peningkat kualitas sperma dan wajib untuk Anda konsumsi jika ingin mempunyai kualitas sperma yang baik.

3. Daging Sapi

Sama halnya seperti tiram, daging sapi juga memiliki kandungan zinc yang bermanfaat untuk menyuburkan sperma. Tak hanya itu, kandungan protein pada daging sapi juga bisa memengaruhi peningkatan kualitas sperma.

4. Kacang-kacangan

Mengonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan juga disebut-sebut bisa meningkatkan kualitas sperma, lho. Sebagai informasi, kacang mengandung zat folat dan zinc dalam jumlah tinggi. Maka dari itu, tentu tidak heran jika kacang-kacangan menjadi makanan penyubur sperma yang tidak boleh Anda lewatkan.

5. Bawang Putih

Di balik aroma bawang putih yang bagi sebagian orang dianggap dapat menimbulkan efek bau tidak sedap, harus diakui bahwa jenis makanan yang satu ini mampu memberikan manfat yang berhubungan dengan fertilitas pria, yakni sperma dan aliran darah ke penis.

Bawang putih mengandung selenium dan vitamin B6, yang mana keduanya sangat baik untuk menghasilkan sperma berkualitas.

6. Tomat

Tomat adalah makanan penyubur sperma yang juga wajib Anda konsumsi oleh karena buah berwarna merah ini kaya akan zat yang berguna bagi kesuburan sperma.

Tomat mengandung antioksidan dan likopen dengan volume tinggi. Lycopene ini berfungsi untuk meningkatkan kualitas sperma, utamanya dalam hal kemampuan sperma untuk berenang menuju sel telur.

7. Cokelat Hitam

Anda tidak suka cokelat hitam? Mulai dari sekarang, cobalah untuk menyukai makanan satu ini karena ternyata, cokelat hitam memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas sperma, lho!

Sebagai makanan untuk meningkatkan kesuburan sperma, cokelat hitam mengandung asam amino berjenis L-arginin. Zat ini dipercaya bisa membuat sperma bergerak lebih lincah. Asam amino jenis L-arginin memang sering digunakan sebagai salah satu komposisi obat kesuburan.

8. Blueberry

Mengonsumsi blueberry juga bisa jadi solusi bagi Anda yang hendak meningkatkan kualitas sperma. Hal ini karena buah blueberry mengandung zat-zat yang penting dalam membantu sperma bergerak lebih aktif sehingga peluang untuk bisa membuahi sel telur menjadi besar. Zat-zat yang dimaksud adalah resveratrol dan quercetin.

9. Brokoli

Apakah masalah sperma Anda terletak pada ketidakmampuannya untuk berenang dengan baik menuju sel telur? Jika ya, maka Anda perlu mengonsumsi makanan penyubur sperma yang mengandung vitamin A, dan brokoli adalah salah satunya.

Vitamin A pada brokoli diklaim mampu meningkatkan kemampuan berenang sperma sehingga bisa mencapai sel telur untuk membuahinya. Selain brokoli, Anda juga bisa mengonsumsi sayuran yang mengandung vitamin A lainnya seperti wortel dan bayam.

10. Buah Naga

Buah yang memiliki daging berwarna merah ini disebut-sebut juga berguna bagi kesuburan pria. Alasannya? Tentu saja karena kandungan lycopene yang dimiliki buah naga berjumlah sangat banyak. Lycopene berfungsi untuk memperbaiki kualitas sperma, pun menangkal radikal bebas yang jadi salah satu penyebab infertilitas pada kaum Adam.

Selain buah naga, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buah lainnya yang memiliki warna daging merah, seperti semangka, jeruk bali, dan jambu biji. Konsumsi yang rutin akan membantu Anda untuk meningkatkan kesuburan sperma agar istri cepat hamil.

Itu dia 10 makanan penyubur sperma untuk membantu Anda dan pasangan agar bisa segera memiliki buah hati. Akan tetapi, kebenaran khasiat makanan-makanan tersebut terhadap kesuburan tentunya perlu untuk Anda konsultasikan juga dengan dokter terkait agar lebih jelas informasinya.

Selain mengonsumsi makanan sehat, kunci utama untuk membuat sperma Anda subur tentu saja dengan mengimbanginya dengan aktivitas olahraga yang rutin, tidak merokok dan minum alkohol, serta menghindari stres. Semoga bermanfaat!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "10 Makanan Penyubur Sperma Ini Bikin Istri Cepat Hamil!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel