Tak Terduga! Inilah 9 Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

manfaat-masker kunyit-doktersehat

DokterSehat.Com– Kecantikan adalah sebuah hal yang tidak bisa ditawar bagi setiap wanita. Untuk menjaga kecantikan, apapun akan dilakukan, mulai dari menjaga pola makan, berolahraga teratur, terapi kecantikan, dan maskeran. Berbicara masker, Anda bisa mendapatkan manfaat masker kunyit yang baik untuk wajah!

Jika Anda termasuk salah satu orang yang tak punya waktu luang serta enggan mengeluarkan banyak biaya untuk perawatan, Anda tak perlu khawatir, gunakan saja  masker kunyit yang cukup murah. Perlu Anda ketahui, manfaat kunyit untuk wajah ternyata banyak, lho!

Manfaat Masker Kunyit untuk Kulit Wajah

Masker kunyit adalah salah satu cara perawatan wajah yang telah dilakukan sejak zaman dahulu. Nah, berikut ini berbagai macam manfaat masker kunyit, di antaranya:

1. Mengusir jerawat

Bagi Anda yang memiliki jerawat membandel, Anda bisa mencoba menggunakan kunyit sebagai solusinya. Sebab, kunyit sangat kaya akan antioksidan yang bisa mengatasi masalah serius pada wajah. Selain itu, manfaat masker kunyit  juga bisa membatasi produksi minyak pada wajah yang merupakan biang kerok tumbuhnya jerawat.

2. Menyamarkan bekas jerawat

Satu-satunya hal yang lebih buruk daripada berjuang melawan jerawat adalah mengatasi noda bekas jerawat yang menggangu penampilan Anda. Untungnya, Anda tidak perlu membeli produk mahal untuk mengatasi bekas jerawat. Berkat kemampuan anti-radangnya, manfaat masker kunyit juga dapat membantu menyamarkan bekas jerawat.

Obat untuk hiperpigmentasi dan bekas jerawat, kunyit efektif dan alami tanpa efek samping. Kandungan kurkumin dalam kunyit adalah anti-inflamasi dan antioksidan kuat yang mengurangi produksi melanin berlebih, yang membantu meratakan warna kulit dan mencerahkan bekas luka.

3. Mencegah keriput

Jika Anda rutin melakukan perawatan wajah dengan masker kunyit, maka Anda akan terhindar dari keriput atau penuaan dini. Sebab, manfaat masker kunyit bisa membuat tekstur pada wajah tetap terjaga dengan menyehatkan langsung melalui pori-pori. Untuk hasil maksimal, gunakan masker kunyit secara rutin 3 kali dalam seminggu.

4. Anti pigmentasi

Manfaat kunyit untuk wajah sebagai anti-pigmentasi, karena kunyit memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi pigmentasi. Adapun bagian wajah yang cukup rentan adalah bagian bawah mata, maka Anda harus rutin melakan terapi ini pada area tersebut sambil memberi pijatan halus saat mengenakan masker kunyit ini.

5. Mengangkat sel kulit mati

Tak hanya produk kosmetik saja yang bisa mengangkat sel kulit mati, tapi manfaat masker kunyit juga sama ampuhnya. Hal ini telah terbukti dari zaman dulu. Sebab, selain bisa mengangkat sel kulit mati, kunyit pun tidak akan meninggalkan bekas yang berarti pada wajah, alias aman digunakan tanpa risiko.

6. Mengatasi hirsutisme

Hirsutisme adalah kondisi di mana rambut wajah berlebihan – dan itu adalah hasil dari ketidakseimbangan hormon. Manfaat kunyit untuk wajah dapat membantu menghilangkan rambut wajah. Bahkan mengonsumsi kunyit dapat mengobati ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan hirsutisme.

7. Menyamarkan kantung mata hitam

Jika Anda rentan mengalami kantung mata yang mengitam atau mata panda, Anda tahu betapa sulitnya mencari cara mengatasinya. Meskipun ada banyak produk di pasar yang mengklaim dapat mengurangi munculnya mata panda, namun kini Anda tak perlu khawatir karena manfaat kunyit untuk wajah bisa mengatasi keluhan terebut

Kunyit terbukti sebagai agen anti-inflamasi dan pencerah kulit, jadi sangat cocok untuk mengurangi kekhawatiran semacam ini. Kunyit juga merangsang sirkulasi, yang dapat membantu mengurangi bengkak dan kehitaman di bawah mata yang disebabkan oleh sirkulasi yang buruk.

8. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Berdasarkan penelitian yang dipresentasikan di American Academy of Dermatology (AAD), menunjukkan bahwa krim pelembap yang mengandung kunyit memiliki kemampuan untuk memperbaiki garis-garis halus dan bintik-bintik cokelat pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Kunyit juga membantu mencegah hilangnya elastisitas kulit karena paparan UVB jangka panjang. Sebaiknya menerapkan kunyit secara topikal atau mengonsumsinya untuk mendapatkan manfaat kunyit untuk wajah.

Cara membuatnya, campurkan setengah sendok teh bubuk kunyit dengan satu sendok makan madu hingga menjadi pasta. Oleskan ke wajah, biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat.

9. Mengatasi kulit kering

Kunyit bisa sangat melembapkan dan merevitalisasi kulit sambil mengurangi gejala kulit kering. Manfaat kunyit untuk wajah secara alami mempercepat proses menghilangkan sel-sel kulit mati, membuat kulit sehat dan lembut, dan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan lebih lanjut.

Sebaiknya Anda mengonsumsi kunyit dalam bentuk teh atau menambahkan kunyit pada menu makan Anda, cara ini dapat membantu Anda mendapat lebih banyak manfaat kunyit untuk wajah.

Cara Membuat Masker Kunyit untuk Kulit Bercahaya 

Membuat masker kunyit cukup mudah, Anda hanya menyiapkan beberapa bahan seperti berikut:

Bahan masker kunyit:

  • ½ sendok teh bubuk kunyit
  • ½ sendok teh cuka sari apel organik
  • 1 sendok makan madu organik, madu lokal, madu mentah (tanpa diolah)
  • ½ sendok teh susu atau yoghurt
  • 1 tetes minyak esensial lemon atau Anda bisa menggunakan jus lemon segar untuk mencerahkan kulit

Cara membuat masker kunyit:

  1. Cuci muka dan tangan terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran dan make-up apa pun.
  2. Campurkan bubuk kunyit dengan madu, cuka sari apel, susu atau yogurt dan minyak lemon di dalam mangkuk kecil
  3. Cobalah untuk membuat masker kunyit dengan konsistensi yang bisa menempel di wajah Anda.
  4. Oleskan masker dengan hati-hati untuk menghindari mata Anda.
  5. Biarkan masker di wajah Anda selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat.
  6. Jika masia ada sisa masker, Anda dapat menaruhnya di lemari es untuk aplikasi berikutnya. Ingat simpan masker dalam wadah yang tertutup seperti toples kaca kecil.
  7. Lakukan cara ini dua kali seminggu untuk mendapatkan manfaat masker untuk wajah secara maksimal.

Manfaat Kunyit untuk Kulit Tubuh Lainnya

Selain bermanfaat untuk wajah, masker kunyit juga bermanfaat bagin akulit lainnya. Berikut ini manfaat masker kunyit untuk kulit lainnya:

1. Menyembuhkan stretch mark

Kunyit sangat cocok untuk stretch mark. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit dapat menembus membran sel. Kurkumin dikenal untuk mengubah sifat fisik membran sel – dan karenanya, dapat menyembuhkan stretch mark.

Anda juga bisa menggunakan kunyit dengan krim atau krim kental. Cukup tempelkan pasta ini ke pinggang dan perut yang mengalami stretch mark sebelum mandi. Biarkan sekitar 20 menit  sebemum mencucinya dengan air. Kunyit juga bisa mengobati bekas luka.

2. Menenangkan luka bakar

Sifat anti-inflamasi dan antiseptik pada kunyit juga menenangkan luka bakar. Juga, luka bakar (setidaknya, sebagian besar) tidak akan membengkak ketika Anda menggunakan kunyit. Anda juga bisa mencampur kunyit dengan minyak lain untuk meningkatkan perawatan. Cukup aplikasikan campuran tersebut ke area yang terkena.

Sifat astringen dan antioksidan kunyit membantu menyembuhkan luka dan mengurangi jaringan parut.

3. Membantu mengobati psoriasis

Kunyit kemungkinnan dapat menghambat enzim peradangan yang terkait dengan psoriasis. Kunyit  juga dapat menurunkan kadar sitokin, yang menstimulasi peradangan sel dan akhirnya dapat menyebabkan psoriasis.

Menggunakan kunyit untuk psoriasis cukup sederhana. Anda dapat mengambil setengah sendok teh bubuk kunyit dan mencampurkannya dengan air. Aduklah sampai Anda mendapatkan kekentalan seperti pasta. Oleskan paste kunyit ke lesi psoriasis. Tutup dengan kain kasa dan biarkan semalam. Kemudian buka kain kasa dan bilas kulit Anda dengan air hangat keesokan paginya.

Sifat anti-inflamasi kunyit mungkin memiliki manfaat yang sangat baik dalam mengobati psoriasis.

4. Mengatasi kaki pecah-pecah

Sifat zat kunyit membantu menyembuhkan kaki pecah-pecah juga. Anda dapat mencampur minyak jarak dan minyak kelapa dalam jumlah yang sama dan menambahkan sejumput bubuk kunyit untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini ke tumit pada kaki pecah-pecah dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin.

5. Membantu pengelupasan kulit

Anda bisa menggunakan lulur kunyit yang membantu mengelupas kulit Anda. Caranya: campurkan satu sendok makan kunyit dengan satu sendok makan air dan cuka sari apel (atau air mawar). Pijat campuran ke area kulit yang bermasalah dengan lembut. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air. Anda bisa menggunakan pembersih lembut jika warna kuning (karena kunyi) tetap ada. Menggunakan scrub ini dua atau tiga kali seminggu membantu menghilangkan sel-sel kulit mati.

 

Nah, itulah manfaat masker kunyit untuk kulit wajah dan kulit tubuh lainnya. Jika cara alami diatas tidak dapat mengatasi masalah pada kulit Anda, sebaiknya segera hubungi dokter Anda.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel