Tak Hanya Bikin Langsing! Inilah 10 Manfaat Infused Water Lainnya

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

manfaat-infused-water-doktersehat

DokterSehat.Com– Belakangan ini ada satu jenis minuman yang sedang populer dan digandrungi oleh banyak wanita, khususnya yang sedang diet. Minuman itu adalah infused water. Mungkin sebagian orang sudah tahu apa itu infused water. Lantas apa manfaat infused water?

Apa Itu Infused Water?

Sebelum mencari tahu manfaat infused water, kita ketahui terlebih dahulu apa itu infused water. Infused water adalah sejenis minuman rasa yang terbuat dari bahan alami, seperti buah-buahan segar. Cara membuat infused water pun cukup mudah, Anda hanya memasukkan beberapa potongan buah ke dalam satu gelas air dan diamkan beberapa saat sampai sari dari buah itu menyatu dengan air.

Banyak yang mengatakan bahwa infused water sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Hal itu memang benar, sebab infused water sendiri sifatnya adalah menekan rasa lapar dengan menutrisi tubuh dari berbagai macam jenis buah.

Manfaat Infused Water untuk Kebugaran Tubuh

Ternyata infused water tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan saja, melainkan masih banyak manfaat lainnya. Apa saja manfaat infused water? Berikut di antaranya.

1. Detoks alami

Perlu Anda ketahui, manfaat infused water juga bisa mendetoks tubuh secara alami. Sebab, air mineral yang dicampur oleh buah-buahan ternyata cukup ampuh dalam membuang racun dari dalam tubuh. Nantinya racun itu akan keluar bersama keringat dan air kencing

2. Mencegah penuaan

Hal penting lainnya yang harus Anda ketahui adalah manfaat infused water ternyata bisa mencegah terjadinya penuaan. Jadi, ketika Anda ingin terlihat tetap cantik dan awet muda, minuman ini menjadi salah satu pilihan terbaik karena infused water mengandung antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas.

3. Melancarkan pencernaan

Selanjutnya, manfaat infused water juga sangat ampuh dalam memperbaiki sistem cerna sehingga semua masalah pencernaan akan teratasi dengan cepat. Ketika Anda mengalami sulit buang air besar (BAB), Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi infused water setiap hari, maka masalah itu akan segera hilang dengan efektif.

4. Meningkatkan sistem imun

Tak kalah penting juga, manfaat infused water bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih kebal dari ancaman penyakit. Sebab, infused water sangat kaya akan vitamin yang bisa membuat tubuh Anda ternutrisi dengan baik. Akibatnya, sistem imun pun menjadi lebih kuat dalam menangkal berbagai ancaman penyakit yang merugikan tubuh.

5. Sebagai pengganti air putih

Infused water bisa menjadi pilihan cara lain meminum air putih yang lebih menyehatkan. Khasiat infused water bisa membantu tubuh Anda tetap terhidrasi. Tubuh kita terdiri dari cairan sekitar 60 persen, maka kebutuhan air sangat penting agar tetap terhidrasi. Menjaga tubuh tetap segar dengan meminum air 8 hingga 12 gelas sehari.

6. Minum vitamin dengan cara lain

Minum infused water bisa menjadi pilihan menyenangkan bagi mereka yang malas mengonsumsi vitamin dalam bentuk tablet, kapsul atau bentuk lainnya. Manfaat infused water sama baiknya dengan mengonsumsi vitamin, karena Anda akan mendapatkan vitamin yang berasal dari buah-buahan segar seperti vitamin C dan vitamin lainnya.

7. Antioksidan

Manfaat infused water juga sebagai antioksidan. Cara memperoleh khasiatnya, tambahkan buah beri favorit, seperti blueberry, stroberi, blackberry, dan raspberry, untuk menyuplai antioksidan yang banyak. Buah-buahan ini akan memberikan sedikit manis untuk meningkatkan rasa.

8. Mengurangi stres

Jika Anda menyukai minuman lemon dengan aroma lavender dengan tambahan rasa dari gula. Tidak ada salahnya memanjakan diri dengan lemon tanpa gula. Minumlah infused water lemon dan lavender yang bebas rasa manis. Manfaat infused water ini bisa memberi energi pada tubuh dan mengurangi perasaan stres dan kecemasan.

9. Mengatasi peradangan

Lemon yang memiliki warna cerah ketika dicampurkan dengan kunyit, daya tarik warnanya  hidup dan enerjik. Bahkan, kunyit ini tidak hanya digunakan sebagai bumbu kari, tetapi berkhasiat mengatasi peradangan.

Cara mendapatkan manfaat infused water, campurkan lemon yang setengah diremas hingga mengeluariak air ke dalam cangkir, tambahkan ¼ sendok teh kunyit dan campur dengan air hangat. Tambahkan madu secukupnya jika diinginkan dan terus diaduk selagi hangat. Bubuk kunyit memang akan membuat air menjadi kuning, namun kunyit secara alami akan mengendap ke dasar cangkir.

10. Mengatasi sindrom iritasi usus

Buah semangka sangat menyegarkan karena mengandung banyak air, sehingga cocok menjadi infused water. Cara membuatnya, campurkan semangka dengan beberapa daun mint ke dalam air putih. Manfaat infused water ini dapat mengatasi pencernaan bersama dengan mengurangi gejala tidak nyaman dari sindrom iritasi usus (IBS). Mint juga dapat meningkatkan fungsi memori dan kognitif, ini menjadi alternatif untuk minuman yang mengandung gula dan berkafein.

Resep Infused Water yang Sehat dan Menyegarkan

Berikut ini adalah 11 resep infused water dan bagaimana manfaat infused water ini bagi kesehatan Anda! Saat membuat infused water, penting untuk membiarkannya di kulkas setidaknya selama dua jam sebelum diminum. Ini akan menjadikan nutrisi dan rasa meresap ke dalam air.

1. Apel & kayu manis

Tambahkan apel yang diiris tipis (tanpa biji) dan satu batang kayu manis kedalam cangkir air putih. Takaran air bisa Anda atur, jika menginginkan rasa yang lebih kuat maka gunakan lebih sedikit air. Namun, jika Anda hanya menginginkan sedikit rasa, gunakan lebih banyak air.

Manfaat infused water ini sering disebut sebagai pelangsing perut. Selain itu, apel juga memberikan nutrisi yang baik untuk meningkatkan kekebalan dan melawan kanker.

2. Semangka & mint

Satu cangkir semangka yang dipotong dadu kecil dimasukan ke dalam cangkir air putih. Kemudian, tambahkan antara 4-6 daun mint. Jika  tidak ingin air Anda memiliki rasa mint yang kuat maka hanya gunakan sekitar 4 daun (atau bahkan kurang jika Anda lebih suka). Ingat, Anda selalu dapat menambahkan lebih banyak rasa mint, tetapi begitu daun telah dimasukkan ke dalam air, Anda tidak bisa menghilangkan rasanya.

3. Stroberi & mint

Potong satu cangkir stroberi menjadi dua dan tambahkan ke dalam cangkir air putih. Kemudian tambahkan sekitar 4 daun mint. Ini mungkin resep infused water favorit Anda.

Manfaat infused water ini sangat menyeharkan! Selain itu, daun mint membantu mengatasi sakit perut dan stroberi kaya akan antioksidan penangkal penyakit.

4. Mentimun & mint

Iris tipis satu mentimun dan tambahkan air. Sebaiknya kulit ketimun tidak dikupas karena banyak mengandung vitamin dan mineral. Kemudian, tambahkan sekitar 4 daun mint. Ketika meminum infused water ini, tutup mata Anda dan bayangkan sedang berada di spa!

5. Mentimun & lemon

Iris tipis setengah mentimun dan satu lemon. Kemudian, masukkan irisan tersebut ke dalam cangkir air putih. Manfaat infused water ini dapat membantu mengatasi perut kembung dan meningkatkan energi. Sebaiknya minum di pagi hari.

6. Stroberi, lemon, & kemangi

Potong satu cangkir stroberi menjadi dua, iris tipis satu buah lemon, dan campurkan lima daun kemangi ke dalam cangkir air putih. Seiring dengan citarasanya yang unik, daun kemangi memberikan sifat anti-bakteri.

7. Kiwi & stroberi

Potong satu cangkir stroberi menjadi dua, iris tipis satu buah kiwi, dan campurkan ke cangkir air putih. Buah kiwi dianggap sebagai makanan prebiotik, khasiat infused water ini dapat mengatasi gangguan pencernaan.

8. Blueberry & kiwi

Tambahkan setengah cangkir blueberry segar, dua irisan tipis kiwi, dan tiga daun mint ke dalam cangkir air putih. Selain kelezatannya, manfaat infused water sangat banyak untuk kesehatan. Blueberry adalah “makanan otak” yang luar biasa dan daun maupun buah kiwi serta daun mint menyehatkan pencernaan.

9. Blueberry & jeruk

Memenuhi vitamin C dan antioksidan dengan minuman ini. Cukup tambahkan setengah cangkir blueberry segar dan jeruk yang diiris tipis ke dalam cangkir air putih.

10. Raspberry & lemon

Campurkan setengah cangkir raspberry segar, lemon yang diiris tipis, dan tiga daun mint ke dalam cangkir air putih.

Selalu menggunakan produk organik ketika membuat infused water!

Nah, itulah manfaat infused water untuk kesehatan tubuh Anda, serta resep infused water yang menyegarkan bisa Anda coba di rumah atau di tempat kerja. Selamat mencoba, Teman Sehat!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel