Tak Disangka, Cacing Tanah Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

manfaat-cacing-tanah-doktersehat

DokterSehat.Com – Pada umumnya orang mengenal cacing tanah sebagai binatang yang berguna untuk berkembangnya ekosistem tanah yang baik. Tahukah Anda bahwa manfaat cacing tanah juga berguna untuk kesehatan tubuh?

Manfaat Cacing Tanah untuk Kesehatan Tubuh

Selain dapat menyuburkan tanah, seringkali cacing tanah dimanfaat sebagai umpan bagi mereka yang gemar memancing. Padahal di dalam dunia medis, hewan yang mampu membuat tanah semakin gembur dan subur ini ternyata dianggap sebagai hewan yang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

 

Berikut adalah beberapa manfaat cacing tanah untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui:

  1. Cacing tanah bisa mengobati tifus

Salah satu manfaat cacing tanah yang sudah dikenal luas sejak zaman China kuno adalah kemampuannya dalam mengobati tifus. Ekstrak cacing tanah yang kini tersedia dalam bentuk kapsul ternyata bisa mengatasi penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella ini.

Kandungan antibakteri di dalam cacing juga bisa melawan perkembangan bakteri ini sehingga membuat penderita tifus bisa sembuh lebih cepat.

2. Cacing tanah bisa mengobati diare

Bakteri E.coli atau Escherichia coli disebut-sebut mampu menyerang saluran pencernaan dan menyebabkan diare. Beruntung, dengan menggunakan ekstrak cacing tanah yang bersifat antibakteri, maka penyakit ini bisa segera diatasi dengan cepat.

3. Menyembuhkan luka lebih cepat

Ekstrak cacing tanah ternyata kaya akan kandungan asam arakidonat yang bisa merangsang kulit memproduksi sel-sel baru sehingga bisa membantu proses penyembuhan luka dengan lebih cepat.

4. Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat cacing tanah lainnya adalah melancarkan sirkulasi darah. Ekstrak cacing tanah ternyata memiliki enzim yang bisa membantu menghancurkan kolesterol jahat yang menyumbat pembuluh darah sehingga akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar sekaligus menjaga kesehatan organ kardiovaskular.

5. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Manfaat cacing tanah selanjutnya adalah kemampuannya menjaga kesehatan tubuh. Khasiat ini didapatkan karena cacing tanah memiliki pengenalan memori dan imunologi. Seperti hewan invertebrata kompleks lainnya, hewan ini menghasilkan beberapa jenis leukosit, menyekresi dan menyinstesis berbagai molekul imunoprotektif.

Cacing tanah memiliki kekebalan bawaan, termasuk beberapa fungsi yang terkait dengan kekebalan adaptif. Adalah ceomocytes yang terlibat dalam kekebalan bawaan–memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh cacing tanah.

6. Mengatasi peradangan

Sejumlah studi mengungkapkan, manfaat cacing tanah juga bisa mengatasi peradangan,  proses oksidasi, dan menjadi indikator serum biokimia.

Cacing tanah ini juga mengandung senyawa organik bernama lumbrokinase, yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh hiperkoagulasi. Kini, senyawa ini sering digunakan sebagai bahan suplemen makanan.

7. Mengatasi gangguan pembuluh darah

Perlu diketahui, enzim fibrinolitik yang terdapat pada cacing tanah yang telah diekstrak ternyata dapat digunakan sebagai pencegahan penyakit yang berhubungan dengan dengan trombosis atau gangguan pembuluh darah.

 8. Mengatasi gangguan pembuluh darah

Manfaat cacing tanah berikutnya yang bisa didapatkan adalah menjaga kondisi sel saraf tetap dalam kondisi baik. Adalah cacing tanah jenis Pheretima aspergilum memiliki peran pada regenerasi sel saraf.

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa cacing tanah berpotensi memperbaiki jalur sinyal pada sel Schwann. Sel ini adalah bagian yang memiliki peran penting dalam menyembuhkan saraf yang rusak.

Manfaat cacing tanah lainnya adalah biokimia ekstrak cacing tanah juga berguna untuk memperbaiki sistem saraf. Pemberian ekstrak cacing tanah jenis Lumbicrus dapat meningkatkan regenerasi sel saraf yang rusak. Namun, temuan ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

9. Meningkatkan energi

Manfaat cacing tanah yang banyak orang tidak sangka adalah kemampuannya meningkatkan energi. Hal ini karena kandungan taunin pada cacing tanah membantu mengurai lemak dalam tubuh menjadi energi. Selain mendapatkan energi tambahan, konsumsi cacing tanah juga dapat mempercepat penurunan lemak saat menjalankan program diet.

10. Menjaga kadar gula darah

Bagi Anda penderita diabetes, tak ada salahnya untuk mencoba konsumsi cacing tanah. Cacing tanah aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dikarenakan mampu mengontrol kadar gula darah pada tubuh dengan baik.

11. Mengatasi konstipasi

Konstipasi adalah salah satu masalah pada buang air besar di mana feses menjadi lebih keras dari sebelumnya. Kondisi ini bisa mengakibatkan terjadinya luka-luka sekitar anus dan juga memicunya munculnya ambien.

Guna mengatasi hal ini, Anda bisa mengonsumsi cacing tanah. Alasannya karena cacing tanah mengandung nutrisi yang dapat memperlancar sistem pencernaan tubuh. Saat pencernaan dalam tubuh lancar, maka proses penyerapan makanan di tubuh akan berlangsung normal.

Nah, itulah beberapa manfaat cacing tanah yang bisa Anda dapatkan. Meski begitu, perlu diketahui bahwa terdapat beberapa pengobatan tradisional yang belum melalui proses penelitian secara ilmiah untuk membuktikan manfaatnya.

Bahkan tidak menutup kemungkinan terdapat beberapa pengobatan tradisional yang justru menimbulkan efek samping berbahaya karena belum ada penelitian ilmiah sebelumnya.

Kandungan Protein Cacing Tanah

Perlu diketahui bahwa kadar protein dan asam amino pada hewan tak berkaki ini cukup tinggi. Kandungan protein (76 persen) di dalam cacing tanah jauh lebih tinggi dari daging mamalia (65 persen) dan daging ikan (50 persen). Bahkan, kandungan asam amino dalam cacing tanah mencapai 78-79 gram tiap liter.

Selain protein dan asam amino yang tinggi, cacing tanah juga mengandung vitamin, zat besi dan kalsium dengan konsentrasi yang cukup tinggi. Tak hanya itu, cacing ternyata memiliki sistem kekebalan tubuh yang bersifat antimikroba sehingga dianggap sangat berguna untuk melawan berbagai mikroba yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Manfaat Cacing Tanah untuk Kehidupan Manusia

Manfaat cacing tanah yang sudah tidak diragukan lagi kebenarannya adalah meningkatkan ketersediaan unsur hara untuk membentuk lapisan tanah yang bernutrisi. Kondisi ini memungkinkan tanah yang banyak dihuni cacing mempunyai kualitas yang lebih subur dan struktur yang lebih gembur.

Selain itu, tanah yang dihuni cacing memiliki daya serap air yang tinggi. Lorong-lorong yang dibuat oleh cacing tanah juga berguna sebagai drainase dari bahan-bahan alami yang dapat menyuburkan tanah dengan bantuan air hujan.

 



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel