7 Manfaat Pasta Gigi untuk Wajah, Mitos atau Fakta?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

manfaat-pasta-gigi-untuk-wajah-doktersehat

DokterSehat.Com – Selain dikenal sebagai bahan yang digunakan untuk membersihkan gigi, banyak masyarakat percaya bahwa pasta gigi atau odol dapat digunakan untuk membersihkan wajah. Benarkah ada manfaat pasta gigi untuk wajah?

Informasi yang Beredar Mengenai Manfaat Pasta Gigi untuk Wajah

Selain bisa memutihkan gigi, banyak orang juga mempercayai bahwa pasta gigi memiliki kemampuan untuk meningkatkan tampilan kulit. Beberapa informasi yang beredar itu mengatakan:

  1. Memutihkan kulit

Manfaat pasta gigi untuk wajah yang pertama adalah kemampuannya memutihkan kulit. Caranya Anda bisa langsung menggunakan pasta gigi pada wajah dicampur dengan sedikit perasan lemon. Metode ini dipercaya bisa membantu memutihkan warna kulit Anda dari warna kulit sebelumnya.

2. Mengatasi jerawat

Manfaat pasta gigi untuk wajah berikutnya adalah mengatasi masalah kulit yang pasti pernah dialami oleh semua orang yaitu jerawat. Cara penggunaan pasta gigi untuk wajah ini cukup mudah, hanya dengan mengoleskan pasta gigi di area jerawat sebelum Anda tidur. Kemudian bilas keesokan harinya.

3. Menyamarkan kerutan

Kerutan adalah sesuatu yang normal terjadi seiring bertambahnya usia, namun bagi Anda kurang percaya diri dengan munculnya kerutan di wajah, Anda bisa menggunakan pasta gigi untuk menyamarkannya kerutan tersebut. Gunakan sebelum Anda tidur, kemudian bilas keesokan harinya.

4. Menghilangkan bintik hitam

Manfaat pasta gigi untuk wajah lainnya adalah kemampuannya menyamarkan bintik-bintik hitam. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus menambahkan tomat ke pasta gigi. Diamkan beberapa menit hingga kering dan bilas dengan air dingin.

5. Mengatasi kulit berminyak

Manfaat pasta gigi untuk wajah sangat berguna bagi Anda yang memiliki kulilt berminyak. Kulit berminyak bisa diobati dengan bantuan pasta gigi. Buat larutan pasta, air dan garam. Lakukan cara ini setiap pagi untuk mengatasi masalah kulit berminyak.

6. Merontokkan bulu wajah

Bagi Anda yang ingin menghilangkan bulu-bulu halus pada wajah, campurkan pasta gigi dengan perasan lemon dan garam atau gula. Sambil sesekali dipijat secara perlahan, campuran tersebut dipercaya dapat merontokkan bulu-bulu halus di wajah.

7. Menghilangkan komedo

Selain jerawat, komedo adalah salah satu gangguan pada kulit wajah yang pasti pernah dialami oleh banyak orang. Penggunaannya, campurkan pasta gigi dengan scrub yang terbuat dari kacang walnut, campuran kedua bahan tersebut dipercaya dapat mengatasi komedo pada wajah.

Nah, itulah beberapa informasi manfaat pasta gigi untuk wajah yang banyak beredar di masyarakat. Lantas, apa hal itu sudah dibuktikan secara ilmiah?

Mitos atau Fakta?

Seperti dikutip dari Healthline, tidak jelas bagaimana dan di mana tren manfaat pasta gigi untuk wajah ini dimulai. Beberapa kemungkinan penyebab banyak orang menilai manfaat pasta gigi untuk wajah, antara lan:

  • Banyak formula pasta gigi yang mengandung bahan kimia yang disebut triclosan yang dapat bekerja untuk membunuh bakteri yang menyebabkan dan memperburuk jerawat.
  • Beberapa bahan yang biasa ditemukan dalam pasta gigi, seperti soda kue, alkohol, dan hidrogen peroksida, dipercaya dapat membantu mengecilkan jerawat adalah mitos.
  • Mentol dalam pasta gigi dapat menciptakan perasaan geli yang dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak untuk sementara waktu adalah mitos.

Menurut U.S. Food and Drug Administration, beberapa pengujian menunjukkan bahwa triclosan dapat berdampak negatif pada hormon tiroid.

Menerapkan basis basa yang kuat pada kulit seperti baking soda yang dapat menghilangkan semua minyak alami dan membuatnya tidak terlindung dari bakteri. Sebaliknya, tetap berpegang pada perawatan jerawat secara klinis.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan baking soda sebagai obat alami untuk jerawat, pastikan untuk membatasi paparan kulit pada jerawat dan gunakan pelembap setelahnya. Jika Anda mengalami efek samping, rasa sakit atau ruam yang tidak teratur, segera kunjungi dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Apabila sudah terdapat iritasi, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit. Pada umumnya, dokter akan melakukan tanya jawab dan pemeriksaan lebih lanjut untuk memberikan terapi yang sesuai. Berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi iritasi.

  • Cuci muka dengan menggunakan sabun bayi.
  • Gunakan kompres dingin pada bagian yang iritasi.
  • Jaga kelembapan kulit dengan minum air putih yang cukup.
  • Menghentikan penggunaan pasta gigi untuk wajah.

Formula pasta gigi memang bersifat mengeringkan, sehingga banyak digunakan untuk membasmi jerawat, namun menghilangkan jerawat dengan pasta gigi tidak direkomendasikan sebagai pengobatan jerawat mengingat risiko kerusakan kulit yang ditimbulkan lebih besar ketimbang manfaatnya.

Efek Pasta Gigi pada Kulit

Pada dasarnya, pasta gigi diciptakan untuk menjaga kebersihan dan kekuatan gigi, bukan untuk kulit apalagi kulit wajah. Meski beberapa bahan dari pasta gigi aman digunakan pada kulit, namun ada bahan lain yang tidak cocok untuk kulit. Pasta gigi memiliki tingkat pH dasar yang bisa mengiritiasi kulit sehat—yang memiliki pH asam alami.

Sodium lauryl sulfate adalah salah satu bahan yang sering ditemukan dalam pasta gigi, mungkin terlalu keras untuk digunakan pada wajah. Beberapa orang yang berhasil menghindari iritasi dan mendapatkan ‘manfaat’ pasta gigi untuk wajah, terdapat reaksi buruk yang mungkin terjadi di kemudian hari, salah satunya adalah menyebabkan jerawat lebih banyak.

Jika memang Anda tergoda untuk mendapatkan ‘manfaat’ pasta gigi untuk wajah, terdapat alternatif lain yang bisa Anda gunakan yaitu dengan menggunakan produk-produk pembasmi jerawat yang beredar di pasaran. Pilihlah produk pereda jerawat yang mengandung salicylic acid, benzoyl peroxide, and topical retinoid acid.

Selain itu, sejumlah pakar kesehatan mengatakan bahwa penggunaan pasta gigi bagi mereka yang memiliki kulit sensitif justru rentan menimbulkan iritasi. Dampaknya, pada kulit Anda bisa timbul gatal, kemerahan, mengelupas, hingga bertambahnya komedo dan jerawat bertambah parah.

Agar beberapa gangguan di atas tidak terjadi pada Anda, gunakanlah pasta gigi sebagaimana fungsinya yaitu untuk membersihkan gigi bukan untuk digunakan pada kulit. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Australian Journal of Dermatology, tea tree oil dapat efektif mengatasi jerawat.

Cara penggunaannya, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes tea tree oil pada produk penghilang jerawat yang Anda gunakan atau bisa mengoleskannya langsung pada wajah. Selain itu, pakar kesehatan juga menyarankan menggunakan produk yang mengandung masker arang, sulfur, atau tanah liat.

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Stephanie Pangestian



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel