15 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Gairah Seks!

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

manfaat-bersepeda-doktersehat

DokterSehat.Com – Manfaat bersepeda hampir sama tak berujungnya dengan jalur yang Anda lintasi. Bersepeda adalah olahraga yang sehat, berdampak rendah yang dapat dinikmati semua usia, dari anak kecil hingga orang dewasa yang lebih tua. Bersepeda juga menyenangkan, murah dan bagus untuk lingkungan karena tidak mencemari lingkungan.

Berbelanja untuk bekerja atau berbelanja adalah salah satu cara paling efisien waktu untuk menggabungkan latihan rutin dengan rutinitas sehari-hari Anda. Diperkirakan satu miliar orang naik sepeda setiap hari – untuk transportasi, rekreasi, dan olahraga di seluruh dunia.

Manfaat Bersepeda untuk Kebugaran hingga Meningkatkan Gairah Seks

Selain membuat tubuh Anda bugar, berikut adalah manfaat bersepeda yang harus Anda tahu, di antaranya:

1. Meningkatkan kekuatan otot

Manfaat bersepeda dapat banyak dirasakan tubuh karena hampir semua anggota tubuh dan otot yang terlibat saat Anda bersepeda. Jika dilakukan secara rutin, maka otot yang kuat dan fleksibel menjadi salah satu dari hasilnya. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih.

2. Meredam stres

Manfaat olahraga sepeda lainnya adalah tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut endorfin. Hormon ini memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Selain itu, endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit.

Timbulnya rasa nyaman dalam tubuh otomatis akan membuat pikiran Anda lebih tenang. Ketenangan pikiran ini ditambah dengan pemandangan baru yang Anda dapatkan saat bersepeda. Kondisi ini membuat penurunan tingkat stres dalam tubuh akan makin terasa.

3. Menjaga berat badan ideal

Manfaat bersepeda yang paling besar adalah membuat kinerja kardiovaskular dan otot Anda menjadi kian optimal. Salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif, kardiovaskular yang baik dan otot terlatih adalah meningkatnya metabolisme tubuh dan pembakaran kalori.

Pembakaran kalori tentu saja sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Kombinasikanlah kebiasaan bersepeda secara rutin dengan pola makan gizi seimbang, untuk mencegah dan mengatasi kegemukan.

Selain bersepeda, Anda dapat berjalan-jalan bersama keluarga atau orang tercinta. Dengan bersepeda setiap hari secara rutin, berat tubuh Anda akan menurun dan keinginan Anda untuk diet akan tercapai. Bahkan, Anda tidak hanya akan mendapatkan bentuk tubuh ideal tetapi kulit Anda akan menjadi lebih kencang dan otot kaki Anda menjadi lebih kuat.

4. Menyehatkan tulang

Manfaat bersepeda dapat mencegah Anda mengalami patah tulang akibat jatuh. Meskipun bersepeda tidak secara khusus membantu mengatasi osteoporosis, namun, bersepeda merupakan bentuk latihan yang ideal bagi penderita osteoporosis, karena bersepeda adalah latihan ringan yang hanya akan memberikan tekanan sedikit kepada sendi.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setelah pasien lansia mulai bersepeda, nyeri lutut dan osteoartritis semakin membaik.

5. Merawat kondisi sendi

Sikut, lutut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan adalah beberapa sendi yang akan otomatis bekerja saat bersepeda. Manfaat bersepeda didapatkan dari pergerakan yang baik pada persendian karena akan membuatnya menjadi fleksibel.

6. Menurunkan risiko kanker

Sebuah studi mengungkapkan, bahwa manfaat olahraga sepeda yang bisa didapatkan adalah mengurangi risiko kanker. Studi itu menujukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, berisiko lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal.

Studi lain juga menunjukkan bahwa manfaat bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.

7. Menurunkan risiko diabetes

Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab diabetes. Bersepeda adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Sebuah studi menunjukkan bahwa manfaat bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes.

8. Mengatasi insomnia

Bagi Anda yang mengalami insomnia, manfaat olahraga sepeda dipercaya mengatasi gangguan yang Anda alami. Cobalah bersepeda selama 20-30 menit setiap 2 hari sekali. Dengan begitu waktu tidur Anda akan datang lebih cepat.

Sedangkan, manfaat sepeda di pagi hari ketika matahari yang belum terlalu terik dapat membantu jam biologis kembali normal, serta menyingkirkan hormon kortisol yang dapat menyebabkan insomnia.

9. Menyehatkan paru-paru

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa orang yang bersepeda benar-benar terhindar atau lebih sedikit terkena asap berbahaya daripada mereka yang melakukan perjalanan menggunakan kendaraan bermesin seperti mobil dan sepeda motor.

Sebuah penelitian oleh Kampanye Air Sehat, Kings College London dan Camden Council, melihat detektor polusi udara dipasang untuk pengemudi, pengguna bus, pejalan kaki dan pengendara sepeda menggunakan rute sibuk melalui pusat kota London.

Hasilnya menunjukkan bahwa pengemudi mengalami tingkat polusi lima kali lebih tinggi daripada pengendara sepeda, serta tiga setengah lebih dari pejalan kaki dan dua setengah kali lebih banyak dari pengguna bus. Jadi, manfaat sepeda sangat baik untuk menghindari bahaya polusi.

10. Mencegah penyakit jantung dan risiko kanker

Manfaat olahraga sepeda meningkatkan detak jantung, memompa darah ke seluruh tubuh, membakar kalori, dan membatasi kemungkinan Anda kelebihan berat badan. Ini adalah salah satu pilihan bentuk olahraga yang direkomendasikan oleh National Health Service (NHS) sebagai cara sehat untuk mengurangi risiko terkena penyakit utama seperti penyakit jantung dan kanker.

Bukti baru disajikan dalam bentuk studi yang dilakukan oleh Universitas Glasgow, awal tahun 2018. Para peneliti mempelajari lebih dari 260.000 orang selama lima tahun – dan menemukan bahwa bersepeda untuk bekerja dapat mengurangi risiko pengendara terkena penyakit jantung atau kanker.

11. Mengingkatkan kemapuan seks

Sebagian besar dari kita tahu bahwa seks adalah hal yang baik, tetapi tidak semua orang tahu bahwa itu sebenarnya baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Bahkan, seks biasa memang bisa memperpanjang umur Anda.

Dr Michael Roizen, yang memimpin Wellness Institute di Klinik Cleveland, mengatakan: “Pria yang khas memiliki 350 orgasme setahun, dibandingkan dengan rata-rata nasional sekitar seperempat dari itu, akan hidup sekitar empat tahun lebih lama.” Temuan serupa terungkap pada perempuan.

Jadi bisakah bersepeda meningkatkan kehidupan seks Anda? Ya, manfaat olahraga sepeda membangun beberapa kelompok otot yang muingkin penting. Dr Matthew Forsyth, ahli urologi dan pengendara sepeda yang tajam dari Portland, Oregon, mengatakan: “Semua otot ini (yang dibentuk saat bersepeda) digunakan selama hubungan seksual. Semakin baik mengembangkan otot-otot ini, hubungan seksual yang lebih lama dan lebih atletik.”

12. Meningkatkan kekuatan otak

Olahraga telah berulang kali dikaitkan dapat menyehatkan otak – dan pengurangan perubahan kognitif yang dapat membuat kita rentan terhadap demensia di kemudian hari.

Sebuah studi 2013 menemukan bahwa selama latihan, aliran darah pengendara sepeda di otak meningkat 28 persen, dan hingga 70 persen di area tertentu. Tidak hanya itu, manfaat bersepeda membuat di beberapa area aliran darah tetap naik hingga 40 persen bahkan setelah olahraga.

Penelitian menyimpulkan bahwa kita harus bersepeda selama 45-60 menit, empat kali seminggu.

13. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

David Nieman dan rekan-rekannya di Appalachian State University mempelajari 1.000 orang dewasa hingga usia 85 tahun. Mereka menemukan bahwa manfaat olahraga sepeda memiliki khasiat besar pada kesehatan sistem pernapasan bagian atas – sehingga mengurangi risiko flu biasa.

Nieman mengatakan: “Orang-orang dapat mengatasi badan sakit sekitar 40 persen dengan berolahraga secara aerobik di sebagian besar hari dalam seminggu, sementara pada saat yang sama menerima banyak manfaat kesehatan terkait latihan lainnya.”

Sementara Profesor Tim Noakes, ahli olahraga dan olahraga di Universitas Cape Town, Afrika Selatan, juga mengatakan kepada bahwa olahraga ringan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh  dengan meningkatkan produksi protein penting dan membangun sel darah putih.

Mengapa memilih sepeda? Bersepeda untuk bekerja dapat mengurangi waktu perjalanan Anda, dan membebaskan Anda dari polusi kendaraan dan kuman di dalam kendaraan umum.

Bukti menunjukkan bahwa segera setelah latihan yang intens, seperti sesi latihan interval, sistem kekebalan tubuh Anda diturunkan – tetapi pemulihan yang cukup seperti makan dan tidur nyenyak dapat membantu membalikkannya.

14. Menumbuhkan lingkaran sosial Anda

Manfaat sepeda adalah olahraga yang sangat ramah. Bersepeda di sekeliling kompleks rumah awalnya yang kemungkinan akan menemukan orang lain yang juga menyukai olahraga sepeda, yang pada gilirannya Anda bisa memulai obrolan ringan hingga menjalin pertemanan. Cakupan yang lebih luasnya, Anda bosa berganbung dengan klub sepeda yang rutin bersepeda nsetiapn Sabtu atau Minggu.

Bergabung dengan klub atau grup bersepeda adalah cara terbaik untuk mengembangkan lingkaran sosial Anda, dan jika Anda baru menggunakan sepeda – Anda mungkin akan menemukan semua saran tentang pemeliharaan dan pelatihan sepeda, atau bahkan mungkin tentang hal lain di luar olahraga bersepeda.

15. Bersepeda meningkatkan kesehatan mental

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang memiliki gaya hidup aktif secara fisik memiliki tingkat kesejahteraan 32 persen lebih tinggi daripada orang yang tidak aktif.

Ada begitu banyak cara olahraga yang dapat meningkatkan suasana hati Anda: ada pelepasan dasar adrenalin dan endorfin, dan kepercayaan diri  meningkat yang berasal dari pencapaian hal-hal baru (seperti menyelesaikan olahraga atau mendekati tujuan tersebut).

Bersepeda menggabungkan latihan fisik dengan berada di luar ruangan dan menjelajahi lingkungan baru. Anda dapat bersepeda sendiri – memberi Anda waktu untuk mengatasi kekhawatiran, atau Anda dapat bersepeda bersama kelompok yang memperluas lingkaran sosial Anda.

Itulah manfaat bersepeda yang baik untuk kebugaran tubuh Anda. Jadi, yuk mulai sekarang rajin bersepeda atau pergi ke kantor menggunakan sepeda. Selain hemat ongkos, kesehatan yang akan kita dapatkan, Teman Sehat!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel