10 Cara Mengatasi Rasa Lelah Berlebihan yang Efektif

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

cara-mengatasi-lelah-berlebihan-doktersehat

DokterSehat.Com – Pernahkah Anda merasa lelah, padahal tidak melakukan banyak pekerjaan dalam satu hari? Lalu pernahkah Anda merasa terus mengantuk, malas melakukan apa pun, hingga rasanya ingin ambruk padahal aktivitas harian hanya berada di tempat duduk untuk bekerja. Nah, kira-kira apa penyebab dan cara mengatasi lelah berlebihan?

Kalau Anda bekerja sebagai pekerja kasar seperti pengangkut barang atau terus berada di laur ruangan seharian, rasa lelah berlebihan mungkin wajar. Namun, kalau lebih banyak duduk dan bekerja lalu tubuh seperti remuk setelah bekerja, bisa jadi sedang ada masalah pada tubuh.

Penyebab lelah berlebihan pada seseorang

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja cara mengatasi lelah berlebihan, tentu kita harus tahu dulu apa penyebabnya. Ternyata rasa lelah yang dialami seseorang tidak hanya karena aktivitas fisik yang terlalu kuat saja. Ada faktor lain yang menyebabkan hal ini mulai dari penyakit ringan hingga yang agak kronis. Berikut beberapa penyebab lelah berlebihan:

  • Sebenarnya ini bukan penyakit, tapi bisa menyebabkan penyakit lain seperti gangguan jantung. Obesitas bisa menyebabkan lelah karena membuat seseorang menjadi pasif dan menurunkan metabolisme pada tubuh.
  • Gangguan tidur. Seseorang dengan gangguan tidur seperti sleep apnea. Kondisi ini membuat seseorang tidak memiliki jam tidur maksimal sehingga rasa lelah berlebihan akan muncul.
  • Kalau Anda merasakan lelah berlebihan setelah makan nasi atau setelah minum yang manis, bisa jadi ada diabetes. Gula darah yang naik akan membuat tubuh jadi lemah.
  • Gangguan pada hati dan ginjal. Gangguan ini muncul karena kebiasaan makan dan minum yang tidak baik. Misal terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak atau minum alkohol.
  • Alergi dengan makanan atau kondisi tertentu.
  • Gangguan pada jantung seperti jantung lemah. Gangguan ini membuat siapa saja menjadi mudah lelah.
  • Sindrom lelah kronis. Meski tidak melakukan aktivitas apa pun seseorang bisa lelah berlebihan hingga bisa mengalami pingsan.
  • Rheumatoid arthritis.
  • Gangguan pada tulang dan otot.

Cara mengatasi rasa lelah berlebihan dengan aman

Rasa lelah berlebihan memang sangat mengganggu. Namun, masih ada cara untuk mengatasi kondisi ini. Simak beberapa tips atau cara mengatasi lelah berlebihan di bawah ini:

  1. Berolahraga secara rutin

Tetap berolahraga secara rutin meski sibuk. Usahakan melakukan olahraga selama 30 menit setiap sesi selama 3-5 kali seminggu. Dengan melakukan olahraga ini Anda bisa lebih sehat dan tidak mudah lelah.

  1. Menjaga pola makan

Pola makan harus tetap dijaga dengan baik setiap hari. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak. Perbanyak, buah, sayur, dan protein yang sehat. Kalau Anda masih makan nasi, kurangi porsinya atau ganti dengan nasi dari beras merah.

  1. Memangkas asupan kafein

Cara mengatasi lelah berlebihan yang selanjutnya adalah denga mengurangi konsumsi kafein. Kafein memang membuat seseorang jadi semangat sebelum bekerja. Kalau sudah ketagihan bisa menyebabkan masalah. Kalau Anda mengalami ketagihan, kemungkinan terjadi masalah seperti rasa lelah akan besar. Kurangi konsumsi kopi sedikit demi sedikit, tapi jangan langsung berhenti mendadak.

  1. Memenuhi kebutuhan air putih harian

Dalam satu hari, seorang pria dan wanita harus tetap mencukupi kebutuhan air di dalam tubuhnya sebanyak 6-8 gelas. Dengan air yang cukup, kemungkinan terjadi dehidrasi akan rendah dan semua organ yang ada di dalam tubuh bisa bekerja dengan maksimal.

Oh ya, kondisi dehidrasi yang dialami oleh seseorang ini bisa menyebabkan gangguan pada tubuh berupa rasa lemas dan lelah. Kalau sudah parah, dehidrasi bisa merusak organ yang penting seperti ginjal.

  1. Memperbaiki pola tidur

Kalau ingin bisa bekerja dengan aktif dan tidak mudah lelah, perbaiki pola tidur. Sebisa mungkin dalam satu hari tidur selama 6-8 jam. Kalau Anda tidak bisa tidur selama itu, kemungkinan terjadi masalah pada tubuh akan besar. Cara mengatasi lelah berlebihan ini mudah, namun banyak yang mengabaikannya.

  1. Menurunkan kadar stres dengan cepat

Rasa lelah berlebihan bisa disebabkan oleh stres yang berlebihan. Seseorang uang mengalami stres akan susah untuk mengatus makan, cenderung alami obesitas, dan organ tubuhnya tidak bisa bekerja dengan baik. Turunkan kadar stres dengan meditasi atau melakukan hobi dan seks dengan pasangan.

  1. Sesekali lakukan pelesir

Sesekali coba untuk pelesir untuk melihat pemandangan yang indah. Cara ini dilakukan untuk memberikan penghargaan pada tubuh setelah bekerja terlalu keras. Dengan melakukan pelesir, rasa lelah yang menumpuk khususnya lelah pikiran bisa segera diatasi.

  1. Berhenti merokok dan minum alkohol

Berhenti merokok perlahan-lahan bisa menjadi salah satu cara mengatasi lelah berlebihan yang paling efektif. Anda bisa melakukannya dengan mengurangi jumlah rokok hingga akhirnya bisa berhenti dengan tanpa efek samping. Selanjutnya hentikan atau kurangi konsumsi alkohol yang memberikan rasa lelah kalau sudah memicu ketagihan.

  1. Tidak terlalu banyak duduk

Kalau tidak ingin lelah berlebihan khususnya saat bekerja coba sesekali untuk berdiri dan berjalan. Jangan terlalu banyak duduk kalau Anda bekerja di cubicle kantor. Satu atau dua jam setelah bekerja coba untuk bangkit dan berjalan selama 3-5 menit lalu duduk kembali.

  1. Mencukupi kebutuhan zat besi

Zat besi akan membuat kadar hemoglobin di dalam darah seimbang dan mampu melakukan pekerjaannya dengan sempurna. Tanpa ada hemoglobin, aliran sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh akan mengalami hambatan. Dampaknya, Anda akan lebih sering mengalami lemas.

Cukupi kebutuhan zat besi ke dalam tubuh dengan mengonsumsi sayuran hijau terutama bayam, daging rendah lemak, kacang-kacangan, dan sereal dengan tambahan zat besi.

Inilah beberapa hal tentang penyebab dan cara mengatasi lelah berlebihan yang aman. Nah, dari beberapa penyebab di atas, kira-kira mana saja yang pernah Anda alami? Semoga hanya lelah biasa dan tidak menyebabkan masalah, ya!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel