Penyebab dan Cara Mengobati Mata Belekan

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-mata-merah-kurang-vitamin-C-bakteri-glaukoma-Eksoftalmus

DokterSehat.Com – Sakit mata belekan walaupun tidak berbahaya namun harus segera diatasi mengingat sakit yang satu ini sangat menular. Saat bangun tidur di kelopak mata kita akan terbentuk kotoran yang sangat mengganggu.

Penyebab Mata Belekan Sesuai Gejala

Ada berbagai macam penyebab mata belekan. Mata belekan banyak disebabkan oleh infeksi kuman yang dapat berupa virus atau bakteri. Infeksi ini biasanya terjadi di lapisan luar mata yang disebut konjungtiva dan kelopak mata yang penyakitnya biasa disebut bintitan. Selain infeksi, alergi dan mata kering juga dapat menjadi penyebab mata belekan.

Berikut beberapa penyebab mata belekan sesuai gejalanya:

  • Belek berwarna abu atau hijau yang kental

    Kondisi seperti ini biasa disebabkan oleh infeksi bakteri pada lapisan konjungtiva mata. Gejala utama dan khasnya ialah kesulitan membuka mata pada pagi hari karena adanya belek yang kental tadi. Gejala juga dapat diikuti oleh perasaan gatal dan mata merah.

  • Belek yang kecil dan kering

    Gejala belek yang satu ini biasanya disebabkan oleh reaksi alergi pada mata. Alergi biasa disebabkan oleh allergen atau zat yang menimbulkan alergi seperti partikel debu atau make up. Selain belek, gejala utama alergi biasanya adalah mata terasa sangat gatal.

  • Belek yang kering dan tebal

    Disebabkan oleh infeksi virus pada konjungtiva. Infeksi virus biasanya tidak membutuhkan antibiotik dan Anda dapat mengatasi gejala ini dengan obat sakit mata belekan di atas.

  • Belek yang berwarna kuning dan bengkak pada kelopak

    Umumnya kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang terjadi di kelopak mata. Menjaga kebersihan adalah kunci keberhasilan obat sakit mata belekan yang satu ini.

Cara Mengobati Mata Belekan

Obat sakit mata belekan sebenarnya tergantung dari penyebab sakit mata belekan. Terdapat bermacam-macam penyebab sakit mata belekan yang akan dibahas di artikel ini pula. Kini, mari kita lihat apa saja obat sakit mata belekan dan cara apa saja yang dapat kita lakukan untuk mengatasi penyakit mengganggu ini.

1. Kompres Mata

Kompres mata merupakan obat sakit mata belekan paling mudah yang dapat dilakukan. Untuk melakukan kompres pada mata, pakailah air hangat yang bersih serta kain yang bersih pula. Letakkan kain basah hangat yang sudah diperas di mata yang belekan.

Biasanya, cara ini ampuh untuk mengurangi bengkak dan ‘mengencerkan’ belek yang beku yang berasal dari kelopak mata yang bengkak. Namun secara umum cara ini dapat dipakai untuk mengatasi semua jenis belekan. Tapi perlu diingat cara ini tidak membunuh kuman penyebab, namun hanya menghilangkan gejala saja.

2. Hindari hal yang menimbulkan reaksi alergi pada mata

Salah satu penyebab mata belekan adalah reaksi alergi pada mata Anda. Biasanya, belekan yang muncul pada penyakit mata yang alergi tidak sekental dan warnanya tidak sekuning atau sehijau mata belekan yang disebabkan oleh infeksi kuman.

Obat sakit mata belekan akibat alergi yang paling baik adalah dengan menghindari zat atau hal yang membuat mata Anda alergi. Hal yang membuat mata alergi (allergen) dapat berasal dari mana saja, misalnya debu, alat atau zat dari make up, sabun, bedak, dan lainnya. Perhatikan pola kapan mata Anda menjadi gatal dan berair untuk membantu Anda menemukan penyebab alergi pada mata Anda.

3. Jangan menggaruk mata

Menyentuh dan menggaruk mata yang sedang belekan sangatlah tidak disarankan. Mengapa?

Penyebab mata belekan adalah karena adanya infeksi pada mata Anda. Bila Anda menyentuh mata Anda, maka sangat mungkin sekali kuman dari satu mata akan berpindah ke mata lainnya. Menyentuh dan menggosok mata yang sedang belekan pun dapat memperparah proses infeksi pada mata yang sedang tersebut.

Bila Anda ingin membersihkan mata Anda dari belek, lakukan dengan menggunakan kain yang dicelupkan ke air panas. Tempelkan pada mata Anda, sambil digosok dengan lembut, lalu cuci kain tersebut.

4. Jangan terlalu sering memakai obat tetes mata

Memakai obat tetes mata dapat menyembuhkan mata belekan atau mata merah. Namun, beberapa obat tertentu tidak boleh dipakai terlalu sering tanpa tujuan yang jelas. Pemakaian obat tetes mata yang boleh dipakai terus menerus hanyalah yang mengandung air mata buatan saja.

Hindari membeli obat belekan yang mengandung antibiotik, ‘pemutih mata merah’ dan kortikosteroid tanpa resep dokter. Jangan juga memakai obat tersebut dalam jangka waktu yang lama tanpa resep dokter.

Hal tersebut dapat menyebabkan mata radang dalam jangka panjang dan bahkan sampai menimbulkan kebutaan bila dipakai dalam jangka waktu yang lama tanpa tujuan yang jelas.

5. Berobat ke dokter

Sayangnya, penyebab sakit mata belekan banyak karena infeksi kuman terutama bakteri. Untuk mengatasinya, dibutuhkan pemberian tetes mata yang mengandung antibiotik. Anda perlu memeriksakan diri Anda ke dokter agar dokter dapat mendiagnosis apakah masalah pada mata Anda benar disebabkan oleh infeksi atau bukan. Jangan mencoba membeli obat belekan dengan antibiotik sendiri.

BACA JUGA : Menjaga Kesehatan Tulang dengan Karoten



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel