Mana yang Lebih Sehat, Apel Hijau atau Apel Merah?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

manfaat-apel-hijau-doktersehat

DokterSehat.Com – Apel adalah salah satu buah yang paling mudah untuk didapatkan di berbagai tempat. Namun, jenis apel yang beredar di pasaran sering kali tidak sama, ada yang berwarna merah dan ada juga berwarna hijau. Lantas, apa saja manfaat apel hijau dan manfaat apel merah?

Kelebihan Apel Hijau dan Apel Merah

Sebelum Anda mengetahui mana yang lebih baik antara apel hijau dan apel merah, Anda perlu mengetahui manfaat apel hijau dan manfaat apel merah terlebih dahulu. Berikut adalah manfaat apel hijau yang harus Anda tahu, antara lain:

  • Menurunkan berat badan

Manfaat apel hijau yang pertama adalah menjaga berat badan tetap ideal. Apel hijau bisa membantu Anda mengontrol pola makan yang berlebihan. Karena kandungan seratnya yang tinggi, apel membutuhkan waktu untuk dicerna, di mana pada akhirnya akan memperlambat efek fruktosa dalam tubuh.

Tidak hanya membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama, Anda juga cenderung tidak menginginkan makanan lebih banyak karena gula dalam tubuh terlalu cepat dicerna. Selain itu, kandungan air yang tinggi juga membuat tubuh merasa kenyang tanpa mengonsumsi kalori. Kedua faktor ini membuat apel hijau menjadi pilihan camilan yang ideal, terutama ketika Anda sedang menjalankan program diet.

  • Menjaga kesehatan rambut

Manfaat apel hijau berikutnya adalah kemampuannya menjaga kondisi rambut tetap sehat. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa menerapkan pasta atau menggunakan sampo dengan apel hijau dapat membantu melembapkan kulit kepala, yang pada gilirannya akan mengurangi ketombe.

Selain itu, mengonsumsi apel hijau juga akan memberi Anda dosis vitamin C yang cukup, di mana akhirnya berefek pada berkilaunya rambut Anda. Penelitian terbaru menemukan bahwa Procyanidin B-2, senyawa yang ditemukan dalam apel dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Namun, terkait manfaat apel hijau ini diperlukan penelitian lanjutan

  • Menjaga kesehatan mata

Manfaat apel hijau lainnya adalah kemampuannya melindungi penglihatan. Kandungan vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien di dalamnya membantu melawan kerusakan radikal bebas di retina, melindungi lensa, dan menyembuhkan luka di kornea lebih cepat.

Bahkan, kulit apel hijau kaya akan vitamin A yang memperkuat lapisan luar dari mata dan mengurangi kejadian infeksi. Tidak hanya itu, vitamin A dan C di dalamnya juga mampu melawan kebutaan malam dan komplikasi penglihatan yang berkaitan dengan usia.

  • Mencegah Asma

Sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine menunjukkan bahwa orang yang makan sekitar 2 apel sehari memiliki risiko terkena asma yang lebih rendah.

Selain konsumsi apel secara teratur, manfaat apel hijau berikutnya adalah menurunkan risiko asma pada wanita hamil selama sekitar 5 tahun pasca persalinan. Manfaat apel hijau ini dapat dikaitkan dengan vitamin C dalam apel hijau.

Setelah Anda mengetahui manfaat apel hijau, tak lengkap rasanya jika Anda tidak mengetahui manfaat apel merah. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh, antara lain:

  • Menjaga fungsi usus

Manfaat apel merah pertama yang bisa didapatkan adalah mengoptimalkan fungsi usus. Apel memiliki kandungan serat larut dan tidak larut yang berguna untuk melancarkan buang air besar.

Anda disarankan untuk mengonsumsi apel bersamaan dengan kulitnya untuk mendapatkan manfaat apel yang maksimal. Apel juga mengandung pektin yang sangat baik untuk saluran pencernaan.

  • Menjaga kesehatan otak

Manfaat apel merah berikutnya adalah menjaga kesehatan otak. Memiliki kandungan flavonoid dan kuersetin, apel dipercaya dapat mengurangi matinya sel saraf akibat penuaan. Selain itu, kulit apel mengandung antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan fungsi memori. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat apel memiliki efek yang baik untuk menurunkan risiko penyakit stroke dan Alzheimer.

  • Menurunkan risiko diabetes

Manfaat apel merah lainnya adalah baik untuk penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik rendah. Kandungan fitronutrien dalam apel membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh dengan merangsang sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin, mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah dan menghambat enzim pencernaan yang berfungsi memecah karbohidrat menjadi gula sederhana.

Perlu menjadi perhatian bagi Anda yang gemar mengonsumsi minuman apel dalam kemasan untuk rutin memeriksa kadar gula darah.

  • Mencegah kanker

Menurut penelitian, manfaat apel merah yang bisa didapat adalah menurunkan risiko kanker kerongkongan, paru-paru, payudara dan kolorektal. Efek pencegahan kanker ini mungkin karena kandungan antioksidan di dalamnya yang dapat mengurangi peradangan. Namun, manfaat apel merah sebagai pencegah kanker diperlukan penelitian lanjutan.

  • Baik untuk jantung

Selain dipercaya mencegah kanker, manfaat apel merah lainnya adalah memperkecil risiko penyakit jantung apabila dikonsumsi 1-2 buah sehari. Selain itu, manfaat apel merah selanjutnya adalah mengurangi penyumbatan pada dinding pembuluh darah arteri. Manfaat apel ini bisa didapatkan karena kombinasi serat larut dalam lemak seperti fitonutrien, pektin dan antioksidan yang mencegah kolesterol menumpuk di lapisan dinding pembuluh darah

Apel Hijau dan Apel Merah Memiliki Kandungan Nutrisi yang Sama?

Setelah Anda mengetahui manfaat apel hijau dan manfaat apel merah, kini saatnya untuk Anda mengetahui manakah dari kedua buah itu yang memiliki nutrisi paling baik.

Pada umumnya, apel merah memiliki rasa yang manis dan apel hijau biasanya memiliki kombinasi rasa asam dan juga manis. Lantas, dari kedua jenis apel itu, manakah yang memiliki kandungan nutrisi terbaik?

Dalam realitanya perbedaan warna kulit apel ternyata memengaruhi nutrisi di dalamnya. Memang, apel merah dan hijau sama-sama memiliki kandungan serat dan vitamin C dengan jumlah yang setara, namun, apel merah memiliki kandungan beta-karoten 50 persen lebih banyak dari apel hijau.

Beta-karoten ini adalah semacam antioksidan yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh dalam melawan paparan buruk radikal bebas sehingga Anda tidak mudah terkena peradangan atau bahkan kanker.

Sementara itu, apel hijau memiliki kadar kalori dan karbohidrat 10 persen lebih sedikit dari yang ada dengan apel merah. Apel hijau juga memiliki kelebihan berupa polifenol yang juga bisa berperan sebagai antioksidan.

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa kandungan polifenol serta serat yang ada dalam apel hijau bisa memperbanyak jumlah bakteri baik dalam usus. Sebagai informasi, jika sampai jumlah bakteri baik di dalam usus berkurang, maka Anda akan lebih berisiko mengalami gangguan metabolik dan meningkatkan peradangan pada orang yang mengalami masalah berat badan.

Tidak Memiliki Banyak Perbedaan

Jika dilihat dari segi nutrisi, apel berukuran sedang mengandung sekitar 25 gram karbohidrat, di mana sebagian besar kandungan karbohidratnya berasal dari fruktosa, gula alami yang dimiliki buah.

Namun bagi Anda yang berisiko terhadap asupan karbohidrat dan gula, apel hijau dapat menjadi pilihan. Namun dibanding apel merah perbedaannya tidaklah besar.

“Perbedaan manfaat kesehatan dapat diabaikan. Namun, apel hijau mungkin mengandung sedikit lebih banyak serat dan lebih sedikit karbohidrat dan gula daripada apel merah,” kata ahli gizi Fiona Tuck seperti dikutip dari HuffPost Australia.

Sementara itu, jika antioksidan adalah kandungan utama yang ingin Anda dapatkan, maka apel merah adalah pilihan terbaik (meski perbedaannya sangat kecil)

“Apel merah mengandung lebih banyak anthocyanin yang ditemukan di kulit merahnya, dan menawarkan manfaat antioksidan dan anti-inflamasi,” kata Tuck.

Meski manfaat apel hijau dan manfaat apel merah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Tuck mengungkapkan bahwa apel adalah salah satu buah yang mendapatkan paparan pestisida paling tinggi. “Jadi cuci bersih sebelum makan, atau jika mungkin, pilihlah apel organik,” katanya.

Pada akhirnya, terlepas dari manfaat apel hijau atau manfaat apel merah, mengonsumsi keduanya sama-sama memberikan manfaat positif bagi tubuh.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Mana yang Lebih Sehat, Apel Hijau atau Apel Merah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel