Makan Mie Saat Flu, Boleh atau Tidak?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

mie-instan-kuah-doktersehat
Photo Source: Flickr/cityfoodsters

DokterSehat.Com– Saat terkena flu atau pilek, kita biasanya ingin mengonsumsi yang segar-segar. Salah satu dari makanan yang enak dan memberikan kesegaran adalah mie instan, khususnya yang berjenis kuah. Hanya saja, mie instan sudah dikenal luas sebagai makanan yang tidak baik untuk kesehatan. Jadi, apakah sebenarnya kita tidak boleh makan mie instan saat terkena flu?

Dampak makan mie instan saat flu

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi makanan yang bersifat pedas atau asam saat flu karena bisa membuat perut dan tubuh menjadi tidak nyaman. Masalahnya adalah, kita seringkali memilih jenis mie instan yang pedas atau sengaja menambahkan cabai dalam jumlah banyak demi membuat makanan ini terasa lebih mantap dan segar.

Memang, kita akan merasakan segar, namun sensasi ini hanya akan muncul sesaat. Setelahnya kita pun akan merasakan sensasi tidak nyaman di dalam perut dan akhirnya membuat kondisi tubuh tidak karuan.

Mie instan juga termasuk dalam makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Padahal, salah satu jenis makanan yang dihindari saat flu adalah makanan berlemak. Hal ini disebabkan oleh sifat lemak yang cenderung lama untuk diolah di dalam perut. Hal ini bisa saja menyebabkan kenaikan asam lambung dan sensasi tidak nyaman di dalam perut.

Makanan lain yang sebaiknya dihindari saat flu

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menghindari makanan pedas, asam, tinggi gula, dan tinggi lemak saat flu. Hal ini berarti, makanan seperti kue, biskuit manis, hingga gorengan sebaiknya kita hindari saat terkena penyakit ini. Gorengan misalnya, kandungan lemaknya yang tinggi bisa membuat tenggorokan dan perut menjadi semakin tidak nyaman. Selain itu, ada baiknya penderita flu juga menghindari susu untuk sementara waktu.

Meskipun dikenal luas sebagai minuman yang sehat dan tinggi nutrisi, susu memiliki kandungan yang bisa menyebabkan produksi lendir meningkat dengan signifikan. Hal ini akan membuat tenggorokan semakin tidak nyaman. Bahkan, adanya lendir ini bisa membuat kondisi hidung menjadi semakin tersumbat.

Makanan yang direkomendasikan saat flu

Saat terkena flu, kita ingin merasakan makanan yang bisa membuat tubuh menjadi lebih segar. Hanya saja, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak sembarangan dalam memilih makanan dan harus memastikan bahwa makanan tersebut tinggi nutrisi demi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi saat flu.

  1. Sup ayam

Salah satu rekomendasi makanan yang paling digemari saat terkena flu adalah sup ayam. Kita bisa membelinya di tempat makan atau membuatnya sendiri di rumah. Selain enak dan menyegarkan, sup ayam memiliki kandungan asam amino sistein yang mampu membuat lendir di saluran pernapasan menjadi lebih encer. Kaldu sup ayam yang memiliki suhu hangat juga akan membuat hidung menjadi lebih nyaman, mengatasi dehidrasi, sekaligus mengatasi peradangan yang muncul di tenggorokan. Mengonsumsi sup ayam hangat tentu akan membuat tubuh terasa jauh lebih nyaman.

  1. Teh hangat

Selain makanan, kita juga direkomendasikan untuk mengonsumsi minuman yang sehat seperti teh panas. Hanya saja, teh yang kita konsumsi sebaiknya tidak diberi tambahan gula yang banyak. Cobalah minum teh hijau tanpa tambahan gula yang nikmat sekaligus kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan inilah yang bisa membantu mengatasi infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Rutin mengonsumsinya tentu akan membuat flu lebih cepat mereda.

  1. Buah

Buah-buahan, khususnya yang tinggi vitamin C seperti mangga dan jeruk sangat direkomendasikan saat flu karena bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh yang tentu akan membantu menyembuhkan flu dengan cepat.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Makan Mie Saat Flu, Boleh atau Tidak?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel