Tips Diet Mayo Efektif, Cepat, dan Aman

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-diet-lingkar-perut

DokterSehat.Com – Berat badan berlebih memang dianggap penghalang untuk terlihat menarik, terutama bagi Anda para kaum hawa. Sudah banyak cara yang dipraktikan untuk menurunkan berat badan namun hasinya nihil. Kini ada satu jenis diet yang bisa Anda coba, nazmanya diet mayo. Diet mayo adalah jenis diet yang aman dan baik untuk pria maupun wanita.

Diet mayo tergolong mudah untuk dijalani. Pantangannya hanya satu, hindari makanan yang mengandung garam. Jadi selama Anda menjalankan diet mayo, kadar garam dalam tubuh akan dikeluarkan dari tubuh bersama air melalui urine, keringat, dan feses. Seuasai proses ini, tubuh tidak lagi mendapatkan tambahan garam yang biasanya terdapat pada makanan. Padahal kadar garam yang terdapat pada makanan akan menambah volume air dalam tubuh sehingga menyebabkan gejala obesitas.

Menu Diet Mayo yang Sehat

Berikut adalah beberapa cara diet mayo dengan menentukan menu diet mayo sehat yang bisa Anda terapkan setiap kali makan:

1. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih

Jangan terlalu banyak meminum cairan lain selain air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda. Jumlah ideal air putih yang sebaiknya diminum adalah sebanyak 8 gelas atau setara 2 liter perhari. Apabila cairan tubuh terpenuhi, maka metabolisme dan aliran darah akan lancar, yang berpotensi memberikan dukungan saat menjalankan program diet mayo.

2. Atur porsi daging yang dikonsumsi dan cara memasaknya

Protein memang bisa didapatkan dalam kadar yang tinggi dari daging, namun apabila porsi dan cara memasaknya tidak diatur, malah tidak akan memberikan manfaat maksimal pada program diet yang dijalankan. Pilihlah daging yang tidak mengandung terlalu banyak lemak, cara memasaknya boleh dikukus atau disayur. Hindari proses memasak dengan cara digoreng dan hindari garam walaupun Anda menginginkannya. Atau Anda bisa mencari resep diet mayo lainnya yang aman dan sesuai dengan program diet yang sedang dijalani, agar makan Anda tetap nikmat.

3. Sayur pelengkap menu diet mayo yang sehat

Pada umumnya semua sayur memang ideal dan baik untuk setiap jenis program diet, tetapi untuk diet mayo ini, ada kekhususan tersendiri yakni dengan meminimalisir penggunaan garam. Salah satu contoh adalah dengan memasak sayur bayam dalam waktu yang tidak terlalu lama, tambahkan pula selada segar di berbagai menu yang dikonsumsi saat menerapkan program diet mayo ini.

Itulah beberapa saran menu diet mayo yang sehat sesuai anjuran ahli gizi dan konsultan diet. Sebagai pelengkap, sebaiknya menjadwalkan waktu makan dengan cara mengklasifikasikan menu berdasarkan jumlah hari dalam seminggu. Misal hari ke-1 dengan ke-8 memilih menu A, hari ke-2 dan ke-9 memilih menu B, dan seterusnya. Dengan cara ini, maka menjalani program diet mayo tidak akan merasa bosan dengan menu yang sebetulnya sama setiap minggunya.

 

Tujuan Diet Mayo

Tujuan diet mayo adalah untuk membantu menurunkan berat badan berlebih dan menemukan cara makan yang sehat. Diet mayo fokus dalam mengubah rutinitas harian dengan menambahkan dan menghentikan kebiasaan yang dapat menurunkan berat badan, seperti makan lebih banyak buah dan sayuran, tidak ngemil dan olahraga selama 30 menit sehari.

Diet mayo juga menekankan komponen penting dari perubahan perilaku, seperti menemukan motivasi batin untuk menurunkan berat badan, menetapkan tujuan yang dapat dicapai dan penanganan kemunduran dalam menjalani diet.

Alasan Mengikuti Diet Mayo

Anda mungkin memilih untuk mengikuti diet mayo karena:

  1. Ingin mengikuti diet yang telah dikembangkan oleh para profesional medis
  2. Menikmati jenis dan jumlah makanan yang ditentukan dalam diet, termasuk sayur dan buah
  3. Ingin belajar merubah kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat menjadi hidup yang sehat
  4. Ingin meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko kesehatan dengan menjadi lebih aktif dan makan makanan yang direkomendasikan
  5. Menginginkan diet yang dapat Anda pertahankan seumur hidup, bukan sekadar iseng atau cara instan

Sebaiknya periksakan diri ke dokter sebelum memulai menjalani jenis diet, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan apa pun.

Sebenarnya Apa Itu Diet Mayo?

Diet mayo adalah diet resmi yang dikembangkan oleh Mayo Clinic Diet, berdasarkan penelitian dan pengalaman klinis. Diat mayo fokus pada makan makanan sehat dan meningkatkan aktivitas fisik. Diet ini menekankan bahwa cara terbaik untuk menjaga berat badan untuk selamanya adalah mengubah gaya hidup dan menjalani kebiasaan kesehatan baru. Diet mayo dapat disesuaikan dengan kebutuhan pribadi dan riwayat kesehatan – itu bukan pendekatan satu ukuran cocok untuk semua.

Diet mayo memiliki dua fase utama:

1. Lose it

Fase dua minggu ini dirancang untuk mempercepat penurunan berat badan, sehingga Anda mungkin dapat menurunkan berat badan hingga 6 hingga 10 pon (2,7-4,5 kilogram) dengan cara yang aman dan sehat. Pada fase ini, fokus pada kebiasaan gaya hidup yang dikaitkan dengan berat badan. Belajar bagaimana menambah lima kebiasaan sehat, menjauhi lima kebiasaan tidak sehat dan menjalani lima bonus kebiasaan sehat lainnya. Fase ini dapat membantu Anda melihat beberapa hasil dengan cepat – dorongan psikologis – dan mulai mempraktikkan kebiasaan penting yang akan Anda bawa ke fase berikutnya dari diet.

2. Live it

Fase ini adalah pendekatan seumur hidup untuk diet dan hidup sehat. Pada fase ini, Anda belajar lebih banyak tentang memilih makanan, porsi makanan, perencanaan menu diet mayo, aktivitas fisik, olahraga, dan kebiasaan sehat. Anda dapat memantau penurunan berat badan yang stabil dari 1 hingga 2 pon (0,5 hingga 1 kilogram) seminggu hingga mencapai berat badan ideal Anda. Fase ini juga dapat membantu mempertahankan berat badan ideal Anda secara permanen.

Manfaat Diet Mayo

1. Menutrunkan berat badan

Diet mayo bertujuan membantu Anda menurunkan hingga 6 hingga 10 pon (2,7 hingga 4,5 kilogram) selama fase dua minggu awal. Setelah itu, Anda bertransisi ke fase kedua, di mana Anda terus kehilangan 1 hingga 2 pon (0,5 hingga 1 kilogram) seminggu sampai mencapai berat badan ideal. Dengan melanjutkan kebiasaan yang telah dipelajari, Anda dapat mempertahankan berat badan ideal dalam jangka panjang.

Kebanyakan orang dapat menurunkan berat badan di hampir semua jenis diet yang membatasi asupan kalori – setidaknya dalam jangka pendek. Tujuan dari diet mayo adalah untuk membantu Anda menjaga berat badan secara permanen dengan membuat pilihan makanan yang lebih cerdas, belajar bagaimana mengatur kemunduran dan mengubah gaya hidup Anda. Pengalaman diet mayo menjadi pembelajaran dalam mempertahankan berat badan ideal Anda.

2. Menyehatkan badan

Menurunkan berat badan dengan menjalani cara diet mayo yang sehat dan bergizi, dapat mengurangi risiko masalah kesehatan yang berhubungan dengan berat badan, seperti diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan gangguan tidur (sleep apnea). Jika Anda sudah memiliki salah satu dari kondisi ini, ini dapat ditingkatkan jika menurunkan berat badan, terlepas dari rencana diet yang diikuti.

Selain itu, kebiasaan sehat dan diet mayo menu yang dianjurkan – termasuk perbanyak makan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, dan lemak sehat – dapat mengurangi risiko Anda terhadap kondisi kesehatan tertentu. Diet mayo dimaksudkan untuk menjadi positif, aktif, berkelanjutan dan menyenangkan, sehingga dapat menikmati hidup yang lebih bahagia dan lebih sehat dalam jangka panjang.

Risiko Diet Mayo

Diet mayo umumnya aman untuk kebanyakan orang dewasa, yang mendorong jumlah sayuran dan buah yang tidak terbatas. Biasanya, makan banyak buah dan sayuran adalah hal yang baik. Namun, jika tidak terbiasa dengan cara diet mayo seperti itu, Anda mungkin mengalami sedikit perubahan sementara pada pencernaan saat tubuh menyesuaikan diri dengan cara makan yang baru ini.

Selain itu, gula alami dalam buah memang memengaruhi asupan karbohidrat Anda – terutama jika mengonsumsi banyak buah. Ini untuk sementara dapat meningkatkan gula darah  atau lemak darah tertentu. Namun, efek ini berkurang jika mengalami kehilangan berat badan.

Jika menderita diabetes atau gangguan kondisi kesehatan lainnya, pergilah ke dokter sebelum menjalani diet mayo. Misalnya, penderita diabetes harus makan lebih banyak sayuran daripada buah-buahan.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Diet Mayo Efektif, Cepat, dan Aman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel