Osteosarkoma (Osteosarcoma): Gejala, Penyebab, Pengobatan

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-tulang-rusuk-konsultasi

DokterSehat.Com – Penah mendengar istilah penyakit osteosarcoma? Ini adalah salah satu jenis kanker tulang yang banyak mengintai remaja. Meski terdengar mengerikan, ada baiknya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai gejla, penyebab, hingga pengobatan yang tepat.

Apa Itu Osteosarcoma?

Osteosarkoma atau osteosarcoma adalah jenis kanker tulang yang paling umum diderita banyak orang. Jenis kanker tulang ini banyak menyerang remaja dan orang dewasa pada usia produktif. Terutama pada remaja yang sering mengonsumsi obat-obatan peninggi badan.

Pada anak-anak dan remaja osteosarkoma terjadi pada bagian tulang lutut. Pada anak dan remaja gejala dan pemulihan osteosarkoma akan nampak sama.

Saat seseorang mengalami gejala osteosarkoma maka akan dilakukan tes untuk mengetuhi penyebaran sel kanker ke bagian tubuh lainnya. Proses ini disebut dengan pementasan. Pasien akan dikelompokkan menjadi 2 bagian, yakni pasien yang sel kankernya belum menyebar ke bagian tubuh lain dan pasien yang sel kankernya sudah menyebar ke bagian tubuh lain.

Klasifikasi osteosarkoma

Penyakit osteosarkoma memiliki klasifikasi lokal osteosarkoma, metastatik osteosarkoma, dan osteosarkoma berulang.  Pada lokal osteosarkoma, sel kanker belum menyebar ke tulang atau bagian tubuh lainnya. Sementara pada metastik osteosarkoma sel kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya dan seringkali sudah sampai ke paru-paru.

Pada osteosarkoma berulang, penyakit kanker yang sudah diobati bisa kambuh lagi. Kondisi ini terjadi pada bagian tulang sama saat osteosarkoma muncul pertama kali atau osteosarkoma juga bisa tumbuh di bagian yang lain. Osteosarkoma jenis ini jarang terjadi.

Gejala Osteosarcoma

Seseorang yang didiagnosis menderita osteosarkoma akan merasakan sakit dan muncul pembengkakan pada lengan dan kaki. Kondisi ini merupakan gejala umum yang ditunjukkan penderita osteosarkoma.

Penderita osteosarcoma biasanya juga mengalami pembengkakan atau benjolan di lengan atas dekat bahu dan di bawah lutut. Benjolan ini dapat menimbulkan sakit. Jika sakit makin parah maka bisa sampai membangun penderita saat tidur di malam hari.

Beberapa kasus menunjukkan bahwa osteosarkoma dapat membuat tulang makin lemah sehingga penderita akan merasa kesakitan saat istirahan di malam hari.

Penyebab Osteosarcoma

Belum diketahui pasti apa penyebab terjadinya osteosarkoma. Namun, beberapa ahli menduga adanya faktor radiasi dan virus onkogenik bisa menyebabkan osteosarkoma.

Biasanya, anak yang tinggi badannya di atas rata-rata paling sering menderita kanker tulang ini. Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa mengakibatkan seseorang terkena osteosarkoma. Obat-obatan untuk meninggikan badan dan faktor genetik juga bisa menjadi pemicu munculnya osteosarkoma.

Pada anak-anak yang menderita osteosarkoma kemungkinan dipengaruhi oleh riwayat genetik dari keluarga seperti ibu atau ayah. Meski begitu belum ada penelitian yang bisa membuktikannya.

Lebih jelasnya, berikut rincian penyebab osteosarcoma:

  • Genetik bawaan
  • Penyakit tulang paget
  • Efek terapi radiasi kanker
  • Memiliki benjolan atau tumor di area tulang rawan yang jadi penghubung antar tulang

Cara Mencegah Osteosarcoma

Sama halnya dengan penyakit lain, risiko terkena osteosarcoma juga bisa dihindari. Caranya pun tergolong mudah karena Anda bisa melakukannya tanya perlu ke dokter dan bisa melakukannya sendiri di rumah.

Pada intinya, Anda harus mengubah gaya hidup untuk bisa menekan risiko osteosarcoma. Ini berbagai cara yang bisa Anda lakukan:

  • Mengetahui apa saja gejalanya agar bisa langsung mendapatkan penanganan yang tepat
  • Mengonsumsi vitamin yang kaya akan nutrisi untuk tulang (sangat disaraknkan untuk berkonsultasi dengan dokter)
  • Lakukan pijat dan akupuntur jika mulai mengalami beberapa gejala osteosarcoma

Pengobatan Kanker Tulang

Kanker tulang atau osteosarcoma tentunya bisa diobati. Umumnya pengobatan kanker tulang atau osteosarcoma dilakukan dengan proses pembedahan untuk mengangkat tumor secara keseluruhan. Pembedahan atau operasi kanker tulangdibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Limb salvage

    Ini adalah teknik pengobatan osteosarcoma dengan menyambungkan tulang yang terkena tumor dengan tulang yang diambil dari pasien yang telah meninggal dunia. Teknik ini juga bisa dilakukan dengan mengangkat seluruh tulang dan membunuh sel-sel kanker dengan radiasi, lalu tulang tersebut dikembalikan ke tempatnya semula.

  2. Limb ablation

    Pengobatan osteosarcoma yang satu ini yaitu dengan mengamputasi tulang yang telah terkena tumor dan tidak bisa lagi diselamatkan.

Sebelum dilakukan pembedahan, biasanya pasien diharuskan untuk menjalani kemoterapi yang akan membuat tumor semakin mengecil dan untuk membunuh sel-sel yang sudah mulai menyebar.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel