Nonflamin – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

efek-samping-nonflamin-doktersehat

DokterSehat.Com – Nonflamin obat apa? Nonflamin adalah obat antiradang yang memiliki kandungan tinoridin hidroklorida sebagai bahan aktifnya. Kandungan obat nonflamin berperan sebagai agen antiinflamasi yang bersifat nonsteroid. Obat nonflamin biasanya digunakan untuk mengatasi banyak jenis peradangan di dalam tubuh.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat nonflamin termasuk informasi tentang bentuk sediaan nonflamin, indikasi nonflamin, kontraindikasi nonflamin, manfaat nonflamin, dosis nonflamin, dan efek samping nonflamin.

  • Nama: Nonflamin
  • Kelas Terapi: Analgesik » Analgesik Non-Opioid
  • Monografi Obat: Tinoridin

Bentuk Sediaan Nonflamin

Obat nonflamin yang ada di pasaran hanya memiliki satu jenis bentuk sediaan. Bentuk sediaan dari obat nonflamin adalah berbentuk kapsul. Pada setiap tablet nonflamin mengandung tinoridin sebanyak 50 mg.

Indikasi Nonflamin

Apabila Anda ingin menggunakan obat nonflamin maka Anda harus memastikan bahwa Anda telah memiliki indikasi dari penggunaan obat nonflamin. Diagosis yang dilakukan oleh dokter bisa meyakinkan bahwa Anda memang benar-benar memiliki indikasi penggunaan nonflamin.

Pasien atau konsumen yang memiliki peradangan bisa menggunakan obat nonflamin. Beberapa jenis peradangan seperti pasca operasi, radang sendi, radang setelah pencabutan gigi, dan radang pada saluran pernapasan.

Selain itu, obat nonflamin juga bisa digunakan oleh orang-orang yang memiliki keluhan nyeri punggung, nyeri pinggang (lumbago), dan arthralgia bisa mengonsumsi obat nonflamin sesuai dengan petunjuk yang berlaku. Anda juga bisa menggunakan nonflamin apabila terdapat luka yang meradang setelah dilakukannya pemeriksaan urologi.

Kontraindikasi Nonflamin

Para pasien tertentu yang memiliki alergi atau hipersensitif terhadap obat nonflamin tidak bisa menggunakan obat nonflamin walaupun sedang memiliki jenis peradangan atau nyeri yang merupakan indikasi penggunaan obat nonflamin.

Hipersensitivitas terhadap kandungan tinoridin sebagai bahan aktif dari obat nonflamin bisa memicu terjadinya reaksi alergi. Reaksi alergi ini merupakan hasil dari kontraindikasi dari tubuh Anda dengan obat nonflamin. Jadi, sebaiknya Anda menghindari penggunaan obat nonflamin bila memiliki riwayat alergi terhadap bahan aktif tinoridin.

Manfaat Nonflamin

Ada beberapa manfaat nonflamin yang bisa Anda dapatkan apabila menggunakan obat nonflamin sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan aturan pakai. Manfaat nonflamin ini bisa membantu mengatasi beberapa keluhan Anda terkait dengan radang dan nyeri.

Berikut ini adalah beberapa manfaat nonflamin yang perlu Anda ketahui:

  • untuk mengatasi radang sendi
  • untuk mengurangi radang setelah tindakan operasi
  • untuk mengatasi radang setelah pencabutan gigi
  • untuk meredakan radang pada saluran pernapasan
  • untuk meredakan radang sendi atau nyeri sendi
  • untuk mengatasi nyeri pinggang
  • untuk mengurangi nyeri punggung
  • untuk mengatasi kondisi artharlgia
  • untuk mengatasi luka yang meradang akibat tindakan urologi

Beberapa manfaat nonflamin di atas bisa didapatkan karena obat nonflamin berisikan bahan aktif yang merupakan agen antiinflamasi yang memiliki sifat non steroid. Selain antiinflamasi, obat nonflamin juga bertindak sebagai analegesik dan antipiretik. Ketiga sifat inilah yang membuat obat nonflamin memiliki beberapa manfaat di atas.

Dosis Nonflamin

Pengonsumsian obat nonflamin dengan dosis yang sesuai akan membantu Anda untuk mengatasi masalah-masalah medis Anda terkait peradangan. Anda juga bisa mendapatkan manfaat nonflamin di atas.

Dosis nonflamin yang umum adalah 1 kapsul sebanyak 3 kali dalam sehari. Anda bisa mendapatkan dosis nonflamin hingga 2 kapsul sebanyak 3 kali dalam sehari apabila dokter memberikan anjuran dosis seperti itu karena mempertimbangkan kondisi medis pasien.

Jangan pernah mengambil, mengubah, atau menghentikan dosis tanpa adanya anjuran dari dokter Anda. Pengambilan dosis dan pengubahan dosis nonflamin bisa merugikan kesehatan Anda dan juga bisa memicu terjadinya efek samping nonflamin yang tidak diinginkan terjadi.

Efek Samping Nonflamin

Obat nonflamin juga dapat menimbulkan beberapa efek samping. Efek samping nonflamin akibat alergi atau hipersensitivitas bisa berupa gatal-gatal, ruam kulit, sakit kepala, pusing, rasa mual, ingin atau sering muntah, sulit bernapas, dan bengkak. Pembengkakan akibat alergi biasanya muncul di bagian wajah, mata, atau bibir.

Segeralah mencari bantuan medis atau pergi ke dokter yang terdekat dan tercepat agar segera mendapatkan penanganan yang tepat secepatnya. Selain itu, efek samping nonflamin juga bisa menyebabkan rasa kantuk, mulut kering, dan vertigo. Gangguan gastrointestinal juga bisa muncul meskipun jarang terjadi.

 

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id


Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Nonflamin – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel