Makan Semangka Sambil Ngopi Bisa Berbahaya?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

semangka-dan-impotensi-doktersehat
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Ada banyak sekali mitos kesehatan yang dipercaya oleh masyarakat namun belum tentu bisa dipastikan kebenarannya secara medis. Sebagai contoh, banyak orang yang mengaku percaya bahwa kebiasaan minum kopi bersamaan dengan makan semangka bisa membahayakan kesehatan dan bahkan dianggap bisa memicu kematian. Sebenarnya, apakah mitos ini sesuai dengan fakta kesehatan?

Pakar kesehatan Jansen Ongko, MSc RD menyebutkan bahwa kepercayaan bahwa makan semangka sambil minum kopi bisa membahayakan kesehatan ternyata termasuk dalam mitos yang tidak perlu kita percayai.

“Banyak orang yang bertanya kepada saya tentang kepercayaan bahwa semangka tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan minum kopi. Menurut saya hal ini tidak benar. Aktivitas ini tidak akan memberikan efek berbahaya bagi kesehatan,” ungkap Jansen.

Meskipun begitu, Jansen juga mengingatkan bahwa minum kopi bisa mengganggu proses penyerapan zat besi yang berasal dari bahan makanan lainnya. Padahal, zat besi sangat dibutuhkan untuk proses pembentukan sel darah dan mencegah datangnya anemia. Selain itu, mengonsumsi semangka dan minum kopi sepertinya bukan kombinasi makan yang cocok karena rasa dari keduanya yang cukup kontras. Bisa jadi kita justru akan merasa kurang nyaman jika mengonsumsi keduanya di waktu yang berdekatan.

Alih-alih mengkhawatirkan mitos makan semangka dan minum kopi, pakar kesehatan justru mengingatkan kita untuk mewaspadai bahaya dari kebiasaan minum kopi sambil merokok. Kebiasaan ini banyak dilakukan para pekerja yang membutuhkan ide segar atau mereka yang sedang ngobrol bersama dengan rekan-rekan bersama di kafe atau tempat makan.

Menurut pakar kesehatan, nikotin dari rokok dan kafein dari kopi sama-sama bisa memberikan efek membuat denyut jantung menjadi lebih cepat. Padahal, jika sampai jantung bekerja dengan terlalu keras, maka hal ini tentu akan membuatnya lebih rentan untuk mengalami kerusakan. Bahkan, telah ada penelitian yang membuktikan bahwa kebiasaan merokok sambil minum kopi bisa menyebabkan gangguan jantung dan pembuluh darah seperti hipertensi, dan bisa meningkatkan risiko diabetes.

Merokok juga sudah dikenal luas sebagai penyebab utama datangnya berbagai penyakit kanker. Karena alasan inilah, ada baiknya kita menghindari rokok dan mulai membatasi konsumsi kopi agar tidak berlebihan setiap hari.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel